by

KTM 390 Adventure Rilis di Indonesia, Harga Rp 119 Juta

PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor resmi Motor KTM memboyong KTM 390 Adventure untuk pasar otomotif Tanah Air. Prosesi peluncuran motor petualang ini berlangsung secara digital.

Adapun KTM 390 Adventure bakal mengisi segmen petualang kelas menengah, menyusul kesuksesan 790 Adventure yang lebih dulu dirilis di Indonesia. Harga yang lebih terjangkau, tentunya bisa menjadi pilihan untuk Motor Baru bagi konsumen di Indonesia.

Ukuran bodi dan mesin yang lebih kompak, menjadi salah satu daya tarik motor yang satu ini. Selain itu, harga pun tentunya menjadi faktor penting, 390 Adventure dapat menarik minat konsumen. Di mana motor ini ditawarkan dengan banderol Rp 119 juta on the road Jakarta.

Dari sisi fitur, KTM 390 Adventure sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur modern. Selain itu, motor yang satu ini pun diklaim asyik untuk digunakan harian.

“KTM 390 mampu menjawab kebutuhan rider untuk sebuah compact adventure yang bisa dipakai untuk daily used, adventure touring, bahkan offroad. Sebab platformnya diambil dari KTM 450 Rally (Dakar). Hadir dengan fitur paling advance dan sangat cost effective,” ujar Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor.

Baca juga  Honda ADV 150 X Angry Bird, Mirip Ducati Multisrada!

Lebih lanjut Ia pun menegaskan, “Motor ini layak disebut sebagai the true adventure motorcycle pertama di Indonesia, untuk segmen travel endure.”

Lalu apa sebenarnya keunggulan yang ditawarkan oleh KTM 390 Adventure? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Mengenal Sosok KTM 390 Adventure

KTM 390 Adventure
KTM 390 Adventure resmi meluncur di Indonesia dengan banderol Rp 119 juta

Sedikit mengulas lebih dalam mengenai KTM 390 Adventure, motor ini mengusung desain long wheel dan ground clearance yang tinggi. Desain itu diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan bagi pengendara khususnya ketika perjalanan jauh.

Motor ini punya bobot yang ringan, sebesar 158 Kg. Pihak pabrikan mengklaim bahwa 390 Adventure mampu melahap jalan on road maupun off road.

KTM 390 Adventure juga dirancang full adjustable, jangkauan suspension travel menembus 170 mm pada bagian depan, dan 177 mm di bagian belakang.

Tak hanya itu saja, motor asal Austria itu juga sudah dilengkapi first class Motorcycle Traction Control (MTC) system untuk stabilitas daya cengkram roda belakang. Saat open throttle pada kondisi jalan berpasir atau licin dan mengurangi gejala ban mengalami drift serta spin.

Baca juga  Royal Enfield Scrambler Siap Meluncur, Harga Murah?

Salah satu yang cukup menarik dan tentunya mampu meningkatkan kenyamanan pengendara, motor ini bisa melakukan perpindahan gigi. Tanpa harus menekan tuas kopling di rpm tertentu (up atau down shift).

Selain itu, KTM 390 Adventure juga dibekali dengan fork upside down WP yang memiliki diameter tabung sebesar 43 mm. Menariknya fitur ini punya empat tingkat pengaturan, yakni comfort, standard, sport, dan full payload. Pengaturannya sendiri cukup memutar kuncian di atas shock.

Pada bagian belakang menggunakan suspensi monoshock lansiran WP, dengan pengaturan rebound, damping, serta preload. Jarak mainnya cukup panjang, sekitar 177 mm. Lantas depannya berjarak 170 mm.

Dari sisi fitur, motor ini dilengkapi KTM Myride, yaitu koneksi Bluetooth untuk smartphone, hiburan atau musik, serta map navigasi. Terdapat juga TFT speedometer serta Full LED light pada bagian headlight dan indikator.

Untuk menunjang keamanan, motor ini sudah dilengkapi dengan dua buah cakram yang sudah dilengkapi dengan sensor ABS. Berikut dengan sistem cornering ABS yang menjaga kinerja sensor, ketika motor menikung di sudut tertentu.

Baca juga  Yamaha Zuma 125 VVA Meluncur, Calon Rival Honda ADV 150!

Nah, yang cukup istimewa, fungsi ABS di roda belakang dapat dimatikan sesuai kebutuhan. Mengingat motor satu ini juga mumpuni untuk menjajal medan offroad, yang terkadang di atas tanah membutuhkan momen ban mengunci agar lebih mudah dikontrol.

Mesin Berkapasitas 373cc

Spesifikasi KTM 390 Adventure
Spesifikasi KTM 390 Adventure

Masuk ke bagian jantung mekanis, KTM 390 Advanture disematkan mesin DOHC single-cylinder, 4-katup, fuel injection, berkapasitas 373 cc. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 43 hp dengan torsi 37 Nm yang disalurkan melalui transmisi 6-percepatan.

Translasi bukaan gas juga dilengkapi sistem throttle-by-wire. Oh ya, tak kalah penting KTM 390 Adventure ditawarkan dalam dua pilihan warna yaitu putih dan orange.

Gimana tertarik punya motor adventure yang satu ini? Sebelum itu kalian harus menyiapkan bujet Rp 119 juta, ya Sob!

Baca juga:

Terbaru