by

Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Toyota Indonesia

Akhirnya Toyota mulai berani memasarkan mobil listrik di Tanah Air. Hanya saja bukan menggunakan merek berlogo T, melainkan saudaranya dengan kasta lebih tinggi. Ya, Lexus UX 300e siap dijual secara bebas untuk konsumen Indonesia pada tahun ini.

Informasi tersebut kami dapatkan langsung dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam webinar bertajuk electrification day yang berlangsung 18 November 2020. Marketing Direktur TAM, Anton Jimmi Suwandi menjelaskan Lexus hadir dengan mobil listrik terlebih dulu dibanding Toyota, lantaran berbagai faktor.

Salah satu alasan terkuat, mobil listrik punya harga yang tidak bisa dikatakan murah. Kemudian kelengkapan infrastruktur seperti stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di Indonesia juga belum dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Melalui pertimbangan tersebut, maka Lexus dianggap lebih tepat untuk memasarkan mobil listrik pada saat ini. Walau demikian, kedepannya bukan tidak mungkin Toyota bakal mengekor.

“Ini teknologi yang belum affordable, tapi mudah-mudahan step by step akan lebih affordable lagi,” kata Anton.

Penasaran dengan detail spesifikasi Lexus UX 300e yang siap masuk Indonesia? Berikut informasinya:

Baca juga  Kia Sonet Meluncur di Indonesia, Hari Ini!

Lexus UX 300e Bergaya SUV

lexus ux 300e
Kendaraan listrik pertama dari Lexus ini diklaim hadir tidak lama lagi di Indonesia

Menariknya, mobil Lexus UX 300e merupakan satu-satunya mobil listrik dipunya oleh pabrikan tersebut. Secara global meluncur pada Guangzhou International Automobile Exhebition pada November 2019. Kemudian mulai dipasarkan ke pasar Eropa dan Cina pada awal 2020.

Tampil dengan gaya SUV, kendaraan ini punya desain gagah dengan spindle grille khas Lexus di depan. Bila merujur laman Lexus Inggris, dimensi panjangnya mencapai 4.495 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.545 mm. Sedikit lebih besar dibanding Toyota Corolla Cross Hybrid.

Kemudian untuk kabin, cukup menampung 5-orang. Di Ingrris, varain tertingginya punya interior mewah dengan head unit layar 10,3 inci, 13 speaker Mark Levinson Premium Surround, dan head up display.

Terkait baterai Lithium Ion yang jadi sumber tenaga, Lexus UX 300e pakai kapasitas 54,3 kWh. Dalam kondisi baterai pentuh, mobil ini bisa melaju hingga 400 Km. Lalu untuk pengisian baterai dibutuhkan waktu 52 menit dari posisi kosong sampai 80 persen, dengan catatan memakai charger DC 50 kW.

Baca juga  Produk Baru DFSK Siap Meluncur di IIMS Hybrid 2021

Soal performa, mobil listrik tersebut bisa melontarkan torsi puncak 300 Nm dan tenaga maksimal 204 PS. Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai adalah 160 Km/jam.

Berapa harganya saat masuk Indonesia? Buat gambaran kalian, Lexus UX300e di Inggris dijual 43.900 Pound Sterling. Jika dikonversikan ke mata uang Tanah Air, maka mencapai Rp 819 jutaan.

Kalau benar harganya semahal itu, sebenarnya akan sulit bersaing. Terlebih sekarang di pasar Indonesia sudah ada mobil listrik bergaya SUV yang harganya cuma Rp 674 jutaan yaitu Hyundai Kona Elektrik. Padahal secara dimensi dan performa motor listrik, kendaraan merek Korea Selatan tersebut tidak beda jauh dari Lexus UX 300e.

Untuk informasi terbaru tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru