Lihat Suzuki Ertiga Hybrid Taksi dan Satu Lagi Model Komersial Imut Pintu Geser

by Ivan
Suzuki Ertiga Hybrid Taksi muncul di Filipina

GIIAS 2024 yang baru berlalu, menjadi ajang pembuktikan bagi Suzuki dalam menggeber elektrifikasi. Tidak saja menghadirkan konsep crossover listrik Suzuki eVX, mereka terus menyokong lini XL7, Vitara dan Ertiga berteknologi Mild Hybrid. Menariknya model terakhir juga bisa lho berubah menjadi Suzuki Ertiga Hybrid Taksi.

Bicara kendaraan serba guna Suzuki yang pertama terlintas di pikiran tentulah nama Suzuki Carry. Namun pada pameran kendaraan komersial di Filipina baru-baru ini, produsen mobil Jepang tersebut memamerkan dua model unik untuk moda angkut penumpang dan kargo.

Pertama ialah Suzuki Ertiga Hybrid Taksi yang dibangun dari basis Ertiga GA, MPV 7 penumpang yang kini sudah dialiri listrik dan dimodifikasi untuk tugas jasa transportasi.

Berbeda dengan Ertiga biasa, mobil ini mengadopsi konfigurasi 5 penumpang dengan area baris ketiga ‘kosongan’ untuk memaksimalkan ruang kaki penumpang dan bagasi.

Suzuki Ertiga Hybrid Taksi tampil dalam balutan warna putih
Suzuki Ertiga Hybrid Taksi tampil dalam balutan warna putih

Seperti Ertiga standar, versi taksi ini ditenagai oleh mesin bensin 1.5 liter yang dipasangkan dengan motor starter terintegrasi yang meningkatkan akselerasi dan memungkinkan pengoperasian start/stop yang mulus.

Baca juga  Modifikasi Suzuki Ertiga, Mau Elegant atau Sporty?

Sistem penggeraknya menghasilkan tenaga 103 hp dan torsi 138 Nm. Suzuki Filipina mengatakan varian khusus ini memang belum dijual, meski tidak menutup kemungkinan diresmikan sebagai taksi premium atau kendaraan ride sharing.

Eksterior Suzuki Ertiga Hybrid Taksi sendiri terlihat simpel dengan bodi putih dan aksen bertuliskan ‘Taxi’ warna hitam berikut nomer lambung di sisi bodi. Pun dengan bagian atap yang dipasangkan crossbar dan identitas taksi di bagian atas.

Bahkan karena dibangun dari basis varian GA yang merupakan versi terendah di Filipina. Velg rodanya masih model kaleng dan hanya diberi aksen dop.

Suzuki Eeco (kiri) bersanding dengan Carry rasanya pas untuk dihadirkan ke Indonesia
Suzuki Eeco (kiri) bersanding dengan Carry rasanya pas untuk dihadirkan ke Indonesia

Model kedua merupakan kendaraan komersial imut berlabel Suzuki Eeco. Meski juga belum dipastikan untuk dijual di Filipina, utilitas mobil ini patut diperhitungkan sebagai kendaraan kargo serba-guna.

Suzuki Eeco hadir dengan panjang 3.675 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.825 mm. Eeco bahkan lebih kecil dari mobil van Toyota Lite Ace. Mesinnya juga imut-imut menggunakan unit bensin 1.200cc bertenaga 80 hp dan torsi 104 Nm.

Baca juga  Kredit Suzuki Ertiga Hybrid, DP Cuma Rp 13 Juta!

Meski begitu, Eeco bisa dihadirkan dalam model blind van yang berarti siap diandalkan untuk tugas angkut dan pengantaran barang.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika