by

5 Masalah Toyota Innova Bensin Bekas yang Umum Terjadi

Masalah Toyota Innova bensin bekas ada beragam. Umumnya terjadi karena faktor usia atau karena pemilik sebelumnya tidak melakukan perawatan dengan benar.

Walau demikian, minat masyarakat terhadap Toyota Kijang Innova memang masih besar sampai saat ini. Terbukti untuk unit Toyota Innova lansiran 2004 juga masih banyak diburu penggemar mobil dengan segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).

Terkenal dengan ruang kabin yang luas, mesin yang bandel serta desain yang cukup elegan membuat Innova banyak digunakan mulai dari masyarakat biasa hingga sekelas Menteri Pariwisata saat ini, Sandiaga Uno.

Toyota Innova hadir petama kali di Indonesia pada tahun 2004 dengan menawarkan pilihan mesin bensin dan diesel. Untuk varian mesin bensin mengadopsi mesin 2.000 cc VVT-i dengan kode 1TR-FE yang diklaim mempunyai  tenaga maksimum 134 hp.

Mesin Toyota Innova mashur dengan memiliki durabilitas yang baik. Suku cadangnya juga mudah didapatkan, serta mudah perawatannya. Meski demikian, masalah Toyota Innova bensin bekas tentunya juga ada.

Ingin tahu apa saja persoalan yang sering terjadi di Innova bensin lawas? Simak bahasan berikut ini:

Persoalan Toyota Innova bensin Bekas

1. Koil bermasalah

masalah Toyota Innova bensin bekas
Koil Innova bensin

Masalah Toyota Innova bensin bekas yang pertama adalah usia pakai koil yang sudah sampai limitnya. Nah, beberapa pimilik Innova bensin tidak melakukan perawatan atau servis berkala dengan teratur sehingga piranti koil luput dari pengecekan.

Baca juga  Promo Menarik Suzuki untuk Konsumen XL7 dan Ertiga

Umumnya koil bermasalah karena faktor usia yang memang usia pakainya sudah sampai pada limit maksimal dan harus diganti dengan yang baru.

“Beberapa pemilik Innova bensin tidak melakukan servis berkala dengan teratur.akibatnya sektor mesin tidak diperhatikan komponen-komponennya, masih layak pakai atau tidak. Jika koil bermasalah akibatnya mesin akan brebet atau nembak-nembak. Jika itu sudah terjadi baiknya ganti yang baru,” ungkap Sulaiman, staff operasional salah satu bali lelang di Tangerang Selatan. (21/9/2021).

Beberapa bengkel umum menyarankan untuk mengakali koil tersebut, namun sebaiknya diganti yang baru demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Untuk harga koil Toyota Innova, saat ini dibanderol kisaran Rp 400 ribuan.

2. Mesin mobil cepat panas

Masalah Toyota Innova bensin bekas selanjutnya adalah mesin yang cepat panas. Umumnya hal tersebut terjadi pada Innova yang usianya lebih dari sepuluh tahun.

“Penyebab mesin Innova cepat panas umumnya disebabkan karena radiator yang diisi dengan cairan khusus untuk radiator, namun diisi dengan air biasa. Akibatnya radiator menjadi mampet sehingga cairan tidak tersirkulasi dengan optimal.

“Jika mesin Innova cepat panas, itu karena pada radiator ada masalah. Umumnya karena pemilik sebelumnya menggunakan air biasa untuk mengisi radiatornya. Akibatnya radiator mampet dan sirkulasi cairan tidak maksimal dan mesin jadi cepat panas,” imbuh Sulaiman.

“Solusinya copot radiator dan dibersihkan, kemudian pasang kembali dan diisi dengan cairan khusus untuk radiator. Oh ya, selain radiator, penyebab mesin cepat panas pada Innova bensin bisa juga dari vscous fan yang bermasalah. Bisa dicek saat mesin mobil mati dengan memutar kipas dengan tangan. Jika terasa berat bisa dicopot dan dibersihkan serta dikasih pelumas baru lagi,” terang Sulaiman.

Baca juga  Suzuki Jimny 5 Pintu Sedang Diuji Coba, Siap Meluncur!

3. Mesin kehilangan tenaga

masalah Toyota Innova bensin bekas
Filter bensin Innova

Pada beberapa kasus, pembeli Toyota Innova bekas bermesin bensin mengeluhkan tenaga yang seperti hilang saat mobil dikendarai. Hal tersebut merupakan salah satu masalah Toyota Innova bensin bekas.

Penyebab dari mesin yang seperti kehilangan tenaga umumnya dari filter bensin yang kotor. Filter yang kotor disebabkan karena penggunaan bahan bakar dengan kualitas jelek.

“Biasanya pemilik Innova sebelumnya memakai bahan bakar kualitas rendah untuk sehari-harinya, akibatnya filter cepat kotor. jika kotoran ikut masuk ke ruang pembakaran tentu akan menganggu proses pembakarannya. Oh ya, selain penggunaan bahan bakar yang berkualitas, pakai juga filter orisinil agar awet dan tidak mudah robek,” jelas Sulaiman.

Untuk harga filter bensin orisinil, saat ini dibanderol harga kisaran Rp 470 ribuan.

4. AC kurang dingin

Sebelum membeli Innova bensin bekas, selain cek kondisi mesin, periksa juga kondisi AC. Sebab pada Toyota Innova yang sudah berumur lebih dari 10 tahun banyak yang mengeluhkan AC tidak dingin.

“Penyebab AC tidak dingin atau anginnya kecil umumnya dari filter AC yang sudah kotor dan harus diganti. Atau bisa juga karena evaporator yang keropos dan menyebabkan kebocoran, akibatnya jelas freon akan keluar dan habis,” tambah Sulaiman.

Baca juga  Daihatsu Resmi Perkenalkan Rocky e-Smart Hybrid, Canggih!

5. Kaki-kaki bermasalah

Sudah wajar jika bagian kaki-kaki mengalami masalah pada mobil yang usianya lebih dari 10 tahun. Begitu juga dengan Innova yang notabennya mobil yang banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari, bahkan untuk aktivitas yang melewati jalanan rusak dan menanjak.

“Innova itu banyak penggemarnya, mulai dari orang kota hingga orang desa. Jadi wajar jika kondisi bekasnya ada masalah pada bagian kaki-kaki yang disebabkan pemilik sebelumnya sering melewati jalanan yang rusak,” jelasnya.

Masalah Umum di Innova Reborn Bensin

masalah Toyota Innova bensin bekas
Toyota Innova Reborn

Toyota Innova bensin juga hadir pada generasi kedua yang dinamai dengan Innova Reborn. Penggemarnya juga tetap banyak hingga sekarang. Meski demikian, tetap saja Innova Reborn juga mempunyai masalah yang harus diantisipasi.

“Umumnya penyakit Innova reborn terjadi pada bagian transmisi matik yang muncul bunyi ‘dug’ saat transmisi dipindahkan. Saya pernah membawa Innova matik bensin 2016 ke bengkel dan ternyata memang itu karakter transmisinya seperti itu, tidak ada masalah dan normal-normal saja,” tutup Sulaiman.

Moladiners, itulah ulasan mengenai masalah Toyota Innova bensin bekas. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru