Cara Memasang Lampu HID Motor, Riding Malam Hari Lebih Terang!

Hola, hola! Moladiners yang sering berkendara di malam hari agaknya perlu tahu nih, cara memasang lampu HID motor supaya jalan lebih terang dan aman. Selain itu, dari segi tampilan, lampu HID atau LED ini keren banget untuk motor modifikasi.

 

Kelebihan Lampu HID Motor

HID Motor

Biar Moladiners makin yakin ganti lampu stkamur dengan lampu HID, berikut ini kami kasih tahu kelebihannya yang buat banyak orang memilih lampu jenis ini.

  1. Kecerahan lampu HID tiga kali lebih terang dibanding lampu stkamur. Dengan spesifikasi ini berarti lampu HID tetap terang walaupun hujan atau cuaca berkabut. Suhu warnanya pun bervariasi, mulai dari 3.000K hingga 12.000K. Perpaduan warna biru dan putih membantu meningkatkan penglihatan agar lebih jelas.
  2. Cahaya lampu HID lebih hemat energi listrik, HID hanya sekitar 35 watt sedangkan lampu halogen mencapai 65 watt. Selain itu  lebih efisien hingga 70%.
  3. Lampu HID lebih awet dan tahan lama. Hal ini disebabkan karena dalam rangkaian lampu memang terdapat sistem pertahanan yang menjaga keawetan lampu ini lebih baik. Selain itu, walaupun terjadi kerusakan, tidak mati mendadak melainkan secara bertahap sehingga tidak membuat panik pengguna sepeda motor saat sedang berkendara.

 

Vespa S 125

*Angsuran mulai dari

 

Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan 

Bohlam HID

Lampu HID tentu berbeda dari lampu stkamur yang cukup dipasang dengan menyesuaikan jumlah kaki pada konektor. Lampu HID cukup berbeda karena membutuhkan arus listrik lebih stabil. Untuk mengatasi itu, kita harus mengecek dulu kondisi aki.

Cara memasang lampu HID motor sebenarnya tidaklah sulit, pertama kita perlu pastikan dulu bahwa arus listrik yang ada bersistem AC (Alternating Current) atau DC (Direct Current). Jika masih AC, maka Moladiners harus mengubahnya dulu menjadi DC. Selain agar arus listrik lebih stabil, pentingnya mengubah sistem AC ke DC dalam pemasangan lampu HID adalah agar aki tidak mudah tekor.

Ciri motor dengan sistem AC adalah lampu motor tidak akan menyala kalau mesin belum dinyalakan, sedangkan motor dengan sistem DC lampunya akan menyala walaupun baru menyalakan kunci kontak saja.

Untuk mengubah kelistrikan dari AC menjadi DC tidak perlu ganti spul dan kiprok, hanya perlu memindahkan arus listrik AC sepenuhnya ke arus pengisian aki. Caranya mudah, pertama kamu harus membongkar bodi, kemudian lepaskan kabel berwarna kuning dari kiprok, matikan kabel tersebut lalu bungkus dengan isolasi hitam. Setelah itu pindahkan arus listrik dari spul dan kiprok ke soket kunci kontak yang berwarna coklat. Pada tahap ini, kamu sudah berhasil mengubah AC menjadi DC.

Untuk tegangan aki, masih banyak diperdebatkan. Ada yang berpendapat bahwa tegangan aki harus 12 volt, namun ada juga yang berpendapat bahwa hal itu tidak berpengaruh apa-apa.

Selain mempersiapkan aki, kamu juga perlu nih, menyediakan saklar on/off untuk menyalakan lampu HID khusus motor yang telah dilengkapi fitur AHO atau automatic Headlamp On.

Pemilihan lampu HID pun harus teliti betul, terutama jika motor tersebut digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Pilihlah ballast yang tepat untuk lampu HID kamu, yakni maksimal 55 watt. Sebab jika terlalu panas, lampu HID akan merusak reflektor.

 

Cara Memasang Lampu HID Motor Sendiri

Cara Pasang HID Motor

Jika Moladiners mau pasang sendiri lampu HID Motor tanpa harus ke bengkel, bisa banget, kok! Caranya mudah, perhatikan langkah-langkah berikut, ya! FYI, lampu HID biasanya dijual sudah satu paket berisi bohlam lampu HID, ballast, relay dan kabel-kabel yang sudah memiliki sekring pengaman.

  1. Sambungkan kabel lampu HID langsung ke aki dengan aturan kabel merah ke kutub positif (+) dan kabel warna hitam ke kutub negatif (-).
  2. Tempatkan ballast pada letak yang tepat.
  3. Pasang bohlam lampu HID pada rumah reflektor lampu besar.
  4. Sambungkan lampu kabel untuk mengatur high dan low yang biasanya berwarna biru dan coklat atau merah/biru dan putih/hitam.
  5. Sambungkan soket lampu HID ke ballast.
  6. Sambungkan relay HID ke ballast.
  7. Lampu HID siap digunakan.

 

Vespa Sprint 150 New

*Angsuran mulai dari

 

Tips Tambahan Cara Memasang Lampu HID Motor

Tips Pasang HID

  1. Harap lakukan step by step secara teliti dan hati-hati agar tidak terjadi konsleting.
  2. Agar lampu HID lebih awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya tidak langsung menyalakan lampu setelah menyalakan mesin motor. Beri jeda kurang lebih tiga menit agar tegangan aki berada dalam situasi normal.
  3. Agar ballast tidak mudah rusak, saat mematikan, padamkan lampu lebih dulu barulah matikan mesin.

Nah, itu dia tips dari Moladin tentang cara memasang lampu HID motor. Mudah bukan, Moladiners? Supaya nggak ketinggalan tips-tips lain dari Moladin terkait sepeda motor kamu, ikuti terus website kami, ya! Promo dan penawaran dari Moladin juga nggak kalah menariknya! Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga : 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *