by

Bingung Pilih Helm yang Cocok? Pilih Aja yang Sesuai dengan Jenis Motor

-Apparel-77 views

Hai Hai, sobat Moladin yang kece! Kalian pasti kangen sama Jinny yang suka ngasih tips dan informasi seru kan? Nah sebentar lagi Jinny akan bagikan tips memilih helm terbaik yang sesuai dengan jenis motor kamu.

Peraturan pertama dalam membeli helm adalah, jangan sembarangan beli helm. Apalagi beli helm abal-abal yang sering dijual di pinggir jalan ya, guys, karena helm selain harus disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di masing-masing negara, juga harus sesuai dengan kebutuhan berkendara kalian. Pastikan helm yang kalian beli itu berkualit. Berikut ini Jinny mau kasih tips gimana cara memilih helm sesuai motor yang kalian miliki.

Yamaha Vega Force 2066 66866 large
Yamaha Vega Force

*DP mulai dari

BELI HELM BAGUS MULAI DARI 400 RIBUAN DI SINI

Helm Open Face atau Half Face

Helm half face

Cara memilih helm sesuai motor yang pertama adalah tipe helm open face atau biasa dikenal dengan nama half face. Helm ini memiliki harga paling murah dibanding helm model lainnya karena memang tidak banyak fitur yang ditambahkan di helm model ini. Helm ¾ ini dikhususkan bagi pengendara yang tak ingin bagian kepala dan wajahnya terlalu dikekang saat berkendara. Jadi, pengendara mempunyai jarak pandang yang jauh dan luas. Selain itu pengendara juga lebih leluasa berkomunikasi dengan orang yang dibonceng atau dengan orang yang ditemui saat berkendara.

Baca juga  Kredit Yamaha Aerox 155? Langsung Ke Moladin, Jaminan Murah!

Helm half face sendiri biasanya diperuntukkan bagi mereka pengendara motor jenis skuter atau cup modern.

Sisi negatif dari helm ini adalah pengendara bisa terpapar debu dan panas secara langsung, apalagi jika helm ini tidak dilengkapi visor. Yang ke dua, sistem pengamanan helm ini tidak sebagus helm-helm model lainnya.

Helm Full Face

Helm full face

Helm full face adalah helm dengan perlindungan terbaik. Dibuat untuk melindungi kepala secara keseluruhan. Helm ini juga tidak berisik karena ruang dalam helm cukup sempit. Selain itu bisa melindungi mata dan wajah dari debu dan panas matahari karena dilengkapi penutup wajah dan visor.

Helm ini diperuntukkan bagi pengendara motor yang seringkali memacu motornya di kecepatan 100 km/jam dan bobot motor di atas 100 kilogram. Buat kalian yang juga sering wara wiri di atas kendaraan lebih dari 45 menit dalam sekali perjalanan juga dianjurkan untuk memakai helm dengan model full face.

Harga helm ini lebih mahal dibanding helm model lain, sebanding dengan banyaknya fitur pengamanan yang ditawarkan. Namun helm full face seringkali membuat leher kaku karena beratnya yang bisa dibilang tidak ringan.

Baca juga  3 Langkah Mudah Merawat Jaket Motor Berbahan Kulit

Helm Modular

helm modular

Dikenal juga sebagai Flip-Up Helmet. Modelnya perpaduan antara helm full face dan half face, dimana bagian rahang didesain mudah dibuka dan dipasang kembali. Desain helm modular ini pertama kali diperkenalkan oleh pabrikan motor BMW yang kebanyakan memproduksi motor untuk touring.

Yamaha Jupiter Z1 2064 66859 large
Yamaha Jupiter Z1

*DP mulai dari

Helm modular menjadi pilihan banyak orang karena pengendara motor bisa bergaya sesuai dengan kebutuhan. Untuk touring bentuk helm full face jadi pilihan, dan apabila hanya berkendara santai sama pasangan di tengah kota bisa menggunakan helm model half face dengan melepas chin guard-nya. Kece kan!

Helm Motocross atau Off-Road

Helm off road

Helm ini sengaja tidak menyediakan lapisan kaca atau windshield, supaya pengendara bisa menggunakan google atau kacamata.

Karena helm ini dipergunakan untuk motocross, fitur keamanannya juga ekstra. Antara lain bentuk dagu helm yang lebih panjang untuk meredam getaran lebih baik dibanding helm model lainnya. Selain itu ruang yang lega di bagian mulut juga dimaksudkan supaya pengendara lebih leluasa dalam bernafas. Tidak lucu kan sedang asyik-asyiknya adventure pakai motor, eh mendadak jatuh pingsan kekurangan oksigen karena salah pilih helm. Jangan sampai kejadian ya, guys!

Helm motocross biasanya juga dilengkapi dengan visor sebagai penghalang sinar matahari maupun pelindung saat melewati dedaunan serta ranting pohon.

Baca juga  5 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik Rp 500 Ribuan, Murah Meriah!

Helm Hybrid

Helm ini merupakan perpaduan antara helm motocross dan helm full face. Oleh karena itu helm ini bisa digunakan untuk offroad dan on road. Posisi dagunya lebih panjang dan sudut pandangnya juga lebih luas.

Karena jarak pandangnya yang luas, helm hybrid ini seringkali ditambah dengan kacamata google. Sisi negatif dari helm ini adalah suara berisik mudah masuk ke telinga pengendara. Hal ini dikarenakan ruang di dalam helm cukup luas maka helm tidak kedap suara dari luar.

Yamaha Jupiter MX King 2075 78221 large
Yamaha Jupiter MX King

*Angsuran mulai dari

Sudah tahu mau memilih helm sesuai motor kamu yang mana? Yuk beli helm idaman kamu di Moladin!

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru