by

Mengenal Honda N, Kei Car Laris yang Terjual 3 Juta Unit

Honda N merupakan salah satu kei car terlaris di Jepang. Mobil yang asal usulnya (N600) dibuat untuk menyaingi MINI Cooper ini dikatakan telah terjual sebanyak 3 juta unit.

Angka tersebut merupakan total penjualan kumulatif mobil Honda “N” Series yang terdiri dari varian N-BOX, N-ONE, N-WGN, dan N-VAN. Angka ini merupakan hasil penjualan komulatif di Jepang hingga akhir Juni 2021.

Honda juga melaporkan penjualan seri Honda N-BOX Series (N-BOX, N-BOX+ dan N-BOX SLASH) tercatat sebanyak 167.317 unit pada semester pertama tahun 2021, sepanjang  bulan Januari – Juni.

Angka ini berhasil menempati urutan pertama dalam jumlah penjualan kendaraan mini di Jepang.

Sebagai yang terlaris, Honda N series sendiri dikembangkan dengan tujuan awal “menetapkan standar baru untuk mobil tipe keluarga. Mobil ini juga selalu bertahan dengan desainnya yang kotak.

Masing-masing N Series dilengkapi dengan mesin berkapasitas hanya 660 cc yang hasilkan tenaga 58 Tk dan torsi 65 Nm. Mesin disandingkan dengan transmisi CVT dengan sistem penggerak all-wheel drive.

Baca juga  Selamat Datang Honda City Hatchback 2021

Selain, bagi konsumen yang ingin torsi dan tenaganya bertambah, mobil ini juga menyediakan varian turbo. Di Jepang sendiri, misalnya pada varian N-BOX dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 170-an juta.

Honda N-Box Sudah Eksis 9 Tahun

Honda N
Sosok Honda N yang imut-imut

Kini Honda N-Box masuk tahun ke-9. Tahun ini merupakan tahun pencapaian sejak N-BOX pertama diluncurkan pada Desember 2011.

Bagi yang belum tahu, huruf “N” pada Honda “N” Series berasal dari kata Norimono yang berarti “kendaraan” dalam bahasa Jepang. Penjualan Honda “N” Series dimulai dengan peluncuran Honda N-BOX yang menandai terciptanya konsep kendaraan keluarga baru yang khusus diproduksi untuk pasar domestik di Jepang.

Honda “N” Series berlanjut dimulai dengan diluncurkannya generasi kedua N-BOX pada September 2017 dengan konsep “N for Life”. Berdasarkan konsep yang mendasari Honda N Series, yaitu menawarkan kehidupan yang menyenangkan.

Maksud filosopinya, Honda tidak hanya berfokus pada fungsi dari kendaraan tetapi juga pada nilai pada kehidupan dan gaya hidup konsumen di Jepang.

Untuk seluaruh varian “N” Series-nya, Honda selalu mendesain interior  dengan tampilan yang memadai dan efisien.

Baca juga  Honda Brio RS Urbanite Edition, Apa Istimewanya?

Tidak hanya itu, seluruh varian N Series juga didesain dengan tata letak tangki tengah yang aman, penyematan Honda SENSING, efisiensi bahan bakar serta performa berkendara yang sangat baik.

Dalam keterangan resminya, dikatakan kedepannya, Honda berencana untuk terus mengembangkan “N” series sebagai mobil yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan pasar domestik di Jepang. 

Wah gak akan masuk pasar Indonesia nih kayaknya. Secara mobil ini sepertinya didesain untuk orang-orang yang memiliki gaya hidup modern dan ekonomis seperti kehidupan warga Jepang umumnya. Tidak heran juga di sana ada appartemen yang dijual dengan luas hanya 9 meter persegi.

Demikian ulasan terkait Honda N, mobil mungil terlaris di Jepang. Simak terus Moladin.com untuk ulasan terbaru konten berita otomotif.

Terbaru