by

Fakta di Balik Suzuki All New Ertiga, Yakin Mau Beli?

Fakta Suzuki All New Ertiga – Di pertengahan tahun 2018, Suzuki Ertiga mendapatkan peremajaan dari Suzuki Indonesia. Bentuknya berubah total, dimensinya melar cukup signifikan.

Mobil yang masuk di segmen low MPV (LMPV) tersebut juga diberikan segenap imbuhan fitur dan teknologi anyar. Tidak salah jika konsumen mobil keluarga menjadikan All New Ertiga sebagai salah satu pilihan. Sebelum memutuskan untuk memboyong mobil tersebut ke garasi rumah, mari kita ulas Fakta Suzuki All New Ertiga generasi baru.

1. Mesin baru Suzuki All New Ertiga diklaim lebih efisien

Fakta Suzuki All New Ertiga
All New Ertiga menggunakan mesin baru dengan kapasitas 1.500 cc

Suzuki menanggalkan mesin berkode K14B yang dipakai pada Ertiga lama. Sebagai gantinya, dipasang mesin baru berkode K15B yang kubikasinya lebih besar, yaitu 1.462 cc.

Alhasil, All New Ertiga punya tenaga 103,2 dk per 6.000 rpm dengan kekuatan torsi menyentuh 138 Nm per 4.400 rpm.

Penerapan teknologi drive by wire diklaim mampu meningkatkan efisiensi mesin, karena mampu mengatur distribusi bakar lebih presisi sesuai dengan bukaan throttle.

Penggunaan sistem penggerak roda depan mampu meminimalisir power loss dari mesin ke putaran roda. Impaknya, akselerasi mobil lebih responsif.

Baca juga  3 Alasan Beli Suzuki GSX-S150, Simak Pembahasan Ini Biar Tahu!

2. Body bongsor dengan kabin luas

Fakta Suzuki All New Ertiga
Dimensi Suzuki All New Ertiga lebih besar dari model lama

Suzuki menghadirkan keleluasaan ruang kabin yang baik pada All New Suzuki Ertiga. Hal itu didapatkan dengan meningkatkan dimensi body keseluruhan.

Faktanya Suzuki All New Ertiga terbaru memiliki dimensi panjang x luas x tinggi 4.395 x 1.735 x 1.690 mm. Sedangkan Ertiga terdahulu dimensinya lebih ramping, yakni panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm.

Artinya ada penambahan panjang  cukup signifikan, yakni 13 cm dan lebar bertambah 4 cm. Hal ini mempengaruhi ruang kaki yang lebih luas pada Suzuki All New Ertiga. Sehingga, mobil ini bisa ditumpangi tujuh penumpang dengan nyaman dari baris pertama hingga baris ketiga.

3. Aspek kenyamanan dan keselamatan diutamakan

Fakta Suzuki All New Ertiga
Suzuki All New Ertiga punya fitur lengkap salah satunya AC digital

Selain ditunjang kabin lapang, kenyamanan All New Ertiga turut ditingkatkan dengan meletakkan kelengkapan seperti arm rest mulai dari tipe GL, lalu tersedia ventilated cup holder untuk menjaga minuman tetap segar selama perjalanan.

Baca Juga: 

Di samping itu, sudah terpasang ac digital mulai dari tipe GL. Terdapat layar digital untuk mengatur setelan AC sesuai kebutuhan.

Baca juga  3 Perbedaan Suzuki New Carry Luxury vs New Carry Pick Up

Khusus untuk All New Ertiga tipe GX dan Sport, sudah menggunakan sistem keyless dengan start-stop button buat menghidupan dan mematikan mesin. Pada kedua tipe tersebut, terpasang head unit touchscreen 8 inci untuk memainkan beragam akses multimedia dan kamera parkir.

Keistimewaan lain yang dimiliki mobil yang diproduksi PT Suzuki Indomobil Manufacturing ini, yakni adanya teknologi hill hold control pada tipe Sport. Fitur tersebut berfungsi menahan mobil agar tidak mundur saat berhenti di tanjakan.

Suzuki sudah memasukkan peranti keselamatan berupa dual SRS Airbag, lalu anti-lock braking system (ABS) berikut electronic brakeforce distribution (EBD) di semua tipe. Tipe terendah, GA manual hanya minus beberapa fitur kenyamana dan hiburan, tapi tetap memiliki tingkat keselamatan yang baik.

4. Harga Suzuki All New Ertiga kompetitif di segmen LMPV

All New Ertiga Sport Edit
Airbag, ABS dan EBD menjadi kelengkapan standar di semua tipe All New Suzuki Ertiga

Suzuki All New Ertiga dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai Rp 205 juta untuk tipe GA manual dan termahal Rp 260,5 juta untuk tipe Sport automatic. Jika memilih Suzuki Ertiga tipe menengah, GL automatic seharga Rp 235 juta, sudah mendapatkan mobil dengan fitur lengkap hanya minus keyless dan head unit touchscreen.

Baca juga  Harga Suzuki GSX Bandit 150 Rilis, Fix Jadi Magnet!

Faktanya Harga Suzuki All New Ertiga tersebut masih kompetitif apabila disandingkan dengan mobil LMPV lain, serupa Mitsubishi Xpander yang dijual dengan kisaran harga Rp 215,3 juta – Rp 270,1 juta. Pilihan lainnya, yaitu Toyota Avanza yang dibanderol sedikit lebih murah di rentang harga Rp 197,5 juta sampai Rp 245,5 juta namun tentunya sebanding dengan fitur yang didapatkan.

5. Harga jual stabil dan perawatan mudah

All New Ertiga 2020 04
Suzuki All New Ertiga dipasarkan mulai 2018

Fakta lain soal Suzuki All New Ertiga, yaitu harganya stabil di pasar mobil bekas. All New Ertiga GL tahun 2018 masih bisa terjual Rp 170-180 juta.

Ada beberapa faktor yang membuat harga mobil stabil. Di antaranya banyak diminati, lalu harga sparepart yang mudah dan harga terjangkau, dan tentunya kualitas mobil yang baik.

Urusan perawatan, Suzuki Indonesia memiliki jaringan dealer dan bengkel yang cukup merata di Tanah Air. Karena itu, mudah untuk merawat dan membeli sparepart Suzuki Ertiga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru