Ritual Yang Bikin Jas Hujan Makin Awet

Haloo guys, jumpa lagi bareng Jinny. Cuaca akhir-akhir ini terkadang gak menentu, panas terik sepanjang hari kemudian turun hujan semaleman.  Nah, buat kalian pengendara motor, curah hujan yang tinggi wajib hukumnya mempersiapkan riding gear, salah satunya adalah jas hujan. Jas hujan terbaik bakal melindungi kalian dari guyuran air hujan secara langsung, menghalangi suhu dingin bahkan dari cipratan air di jalanan sekalipun. Tapi, jangan salah, jas hujan terbaik yang sering dipakai akan cepat rusak kalo nggak pandai merawat.

Kawasaki W 250

*Angsuran mulai dari

Penggunaan yang hampir setiap hari, dapat dipastikan kalo jas hujan terbaik kalian bakal cepat kotor dan bau. Apalagi kalo memiliki kebiasaan unik yaitu melipat jas hujan yang masih basah dan langsung dimasukin bagasi. Dijamin, dalam 2-3 hari jas hujan kalian akan beraroma tidak sedap. Tapi tenang aja guys, Jinny bakal bagi tips gimana cara yang tepat buat merawat jas hujan kalian biar awet.

berkendara

Perlu kalian tau, ada beberapa jenis bahan utama dalam pembuatan jas hujan, yaitu plastik, PVC, Nylon, Parasut dan karet. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Jas hujan berbahan PVC, beratnya lebih ringan dan praktis kalo disimpan dalam bagasi motor. Sedangkan jas hujan berbahan Nylon mampu melindungi pengendara dari air hujan dengan lebih baik dan bahannya tidak mudah robek. Sayangnya, jas hujan berbahan Nylon ini relatif lebih tebal dibanding jas hujan berbahan plastik maupun PVC, sehingga makan tempat lebih banyak.

Nah, Jinny kasih tau apa aja ritual yang bisa bikin jas hujan makin awet. Simak caranya dibawah ini :

1. Bersihkan jas hujan begitu tiba di tujuan

Sisa air hujan yang masih menempel bisa bikin jas hujan kalian kotor dan kusam. Soalnya, air yang menempel ini belum tentu bersih, sebagian udah tercampur debu maupun lumpur yang berasal dari cipratan ban belakang motor. Bersihkan jas hujan dengan cara dibilas air bersih, kemudian lap menggunakan kanebo.

2. Gunakan sabun untuk kotoran membandel

Bersihkan jas hujan menggunakan sabun dan sikat lembut
Bersihkan menggunakan sabun dan sikat lembut

 

Bila terdapat kotoran yang susah hilang, gosok menggunakan sabun cuci piring atau deterjen. Caranya cukup dengan sabun yang dicampur sedikit air, lalu gosok dengan jari atau sikat gigi yang gak kepake pada bagian yang kotor tadi. Oiya, jangan menggosok terlalu keras ya guys, karena bisa merusak lapisan jas hujan kalian.

Viar Vintech 200

*Angsuran mulai dari

Apabila jas hujan kalian kotor karena jamur, cukup rendam jas hujan di air hangat yang sudah dikasih perasan jeruk lemon atau sitrun. Sifat asam dari lemon bisa merontokkan jamur yang “bersemayam” di jas hujan kalian. Dan cara ini aman untuk jas hujan berbahan plastik maupun Nylon.

BACA JUGA: CARA BERKENDARA AMAN DI JALANAN BERKELOK

3. Lap Menggunakan Kain Kering

lap menggunakan kain kering
Lap menggunakan kain kering

 

Setelah dicuci bersih, keringkan jas hujan menggunakan lap yang mudah menyerap air atau kanebo biar praktis. Kemudian gantung jas hujan di tempat yang teduh. Jangan menjemur jas hujan kalian di bawah terik sinar matahari, karena bisa bikin jas hujan jadi getas.

4. Lipat dan Simpan di Tempat Kering

Sebaiknya hindari melipat jas hujan jika masih dalam keadaan basah, hal ini akan membuat jas hujan tersebut lengket dan susah untuk dibuka. Setelah jas hujan benar-benar kering, lipat jas hujan dengan mengikuti pola lipat dan sambungannya. Simpan kembali jas hujan di tempat yang kering. Bila akan disimpan di bawah jok, pastikan tidak ada noda air di dalam bagasi jok. Jangan sekali-kali melipat jas hujan yang masih basah, karena bisa membuatnya lengket dan susah untuk digunakan.

Kawasaki W 175

*Angsuran mulai dari

Begitulah ritual merawat apparel jas hujan biar lebih awet. Kira-kira apa kalian punya tips yang lain untuk merawat jas hujan kalian? Share di kolom komentar ya guys!

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Tersedia Yamaha Aerox dengan DP Mulai Dari 900 Ribu.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *