oleh

5 Merek Roof Box Terbaik untuk Road Trip

Merek roof box terbaik untuk mobil beragam, tergantung merek, selera dan kebutuhan pemilik mobilnya. Sebab setiap merek roof box mempunyai ciri khas bentuk serta harga yang berbeda-beda.

Umumnya roof box digunakan untuk menaruh barang bawaan saat bagasi mobil sudah tidak muat kapasitasnya. Meski demikian, ada juga beberapa pemilik mobil yang menggunakan roof box sebagai aksesoris pemanis mobil.

“Membeli roof box harus menyesuaikan mobil yang digunakan serta bujetnya. Karena beberapa roof box saat ini sudah ada yang dijual dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, baiknya menggunakan roof box yang kualitasnya sudah terjamin agar aman saat digunakan,” terang Billy, salah satu pegawai toko yang menjual roof box di Kawasan BSD. (8/11/2021).

Walau demikian, yang perlu kamu tahu adalah sebelum memasang roof box, mobil kamu butuh roof rail dan roof rack terlebih dulu. Umumnya mobil dengan roof rail adalah jenis SUV, seperti Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, dan lain-lain. Kemudian untuk roof rail bisa dibeli terpisah di toko aksesori.

Di Indonesia, ada beberapa merek roof box terbaik yang sudah malang melintang dikenal dan digunakan oleh para pemilik mobil. Berikut rekomendasinya:

Beberapa Pilihan Merek Roof Box Terbaik untuk Liburan Naik Mobil

1. Thule Pasific 200

merek roff box terbaik
Ilustrasi roof box Thule Pasific 200

Selanjutnya adalah Thule Pasific 200. Kapasitasnya lebih besar, yaitu hingga 400 liter dan menahan bobot hingga 75 kg.

Baca juga  Ketahui Besaran Pajak Plat Nomor Cantik dan Cara Membuatnya!

Pun begitu juga dengan dimensinya yang lebih besar, Panjang 175 cm, lebar 82 cm serta tinggi 45 cm.  jenis varian ini cocok untuk mobil jenis MPV atau SUV. Soal harga, kisaran Rp 8,9 jutaan.

2. Whale Toba

roof box terbaik - whale toba
Roof Box merek Whale Toba

Merek roof box terbaik selanjutnya adalah roof box Whale varian Toba. Roof box ini tergolong baru dan jadi incaran banyak pemilik mobil berjenis Low MPV seperti Avanza atau Xpander. Bukannya tanpa sebab, ukurannya tidak terlalu besar kemudian bergaya melebar, punya dimensi 134 x 80 x 33 cm.

Dari komposisinya, Whale Toba terbuat dari plastik ABS, serta memiliki bobot 17 kg. Bentuknya melandai di depan dan tinggi di belakang sehingga bisa mendukung aerodinamika. Harga roof box yang punya kapasitas 350 liter ini dibanderol kisaran Rp 5,1 juta.

3. Otorack Pro

merek roof box terbaik - otorack pro
Roof box otorack pro

Selanjutnya, merek roof box terbaik berikutnya adalah  Otorack Pro. Memang produk tersebut belum terlalu familiar, namun kualitasnya bisa diadu dengan roof box merek lainnya.

Roof box Otorack Pro ini punya bentuk yang tidak bongsor. Dimensinya punya panjang 140 cm, lebar 82 cm, dan tinggi 32 cm. Ruangan penyimpanannya punya kapasitas 300 liter.

Baca juga  Sejarah Plat Nomor Indonesia dan Dunia, Menarik!

Jika dilihat dibeberapa toko onlen, kisaran harga roof box ini mulai dari Rp 3,8 sampai Rp 4,2 juta dengan pilihan warna putih, abu-abu, dan hitam.

4. Roof box Hapro Roady 350

merek roof box terbaik - hapro ready 350
Dimensinya ringkas tapi agak tinggi untuk roof box Hapro roady 350

Pilihan merek roof box terbaik selanjutnya adalah Hapro Roady 350. Roof box ini memiliki dimensi panjang 135 cm x lebar 78 cm dan tinggi 40 cm.

Hapro Roady 350 memiliki kapasitas 300 liter atau kurang lebih bisa memuat tiga tas besar. Bahan yang digunakan adalah jenis plastic ABS.

Selain itu Hapro Roady 350 punya wujud yang agak tinggi, artinya tidak terlalu melandai bagian depannya seperti dua model sebelumnya. Soal harga, roof box ini di kisaran Rp 5 jutaan.

5. NS Roof Box Sporty

merek roff box terbaik
Ilustrasi roof box yang sudah terpasang di mobil.

Merek roof box terbaik selanjutnya adalah roof box Sporty NS yang notabennya juga patut untuk dipertimbangkan sebelum membeli aksesoris mobil ini. Roof box ini banyak digunakan oleh pemilik Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

Dimensinya adalah panjang 135 cm, lebar 85 cm, dan tinggi 40 cm. Karena lebar dan tingginya lebih besar daripada yang lain, kapasitasnya lebih luas hingga 485 liter.

Harganya sendiri dijual dengan banderol Rp 3,7 jutaan dengan warna kombinasi silver serta hitam pada bagian bawahnya.

Baca juga  6 Tips Servis Mobil untuk Mudik, Supaya Aman di Jalan

Oh ya, sebagai catatan bahwa harga di atas belum termasuk dengan roof rack, cross bar, serta ongkos pemasangannya.

Tips merawat roof box biar tetap awet

merek roff box terbaik
Ilustrasi roof box terpasang di mobil.

Roof box yang notabene posisinya berada di bagian atas mobil, tentunya akan mudah terkena debu serta guyuran air hujan. Cara merawatnya cukup mudah, yaitu dengan mencuci menggunakan air yang sudah dicampur dengan shampo mobil.

Setelah itu keringkan dengan menggunakan lap micro fiber, kemudian dilanjutkan dengan lap kering berbahan katun. Bersihkan juga roof rack dan cross bar agar terhindar dari karat.

Jangan lupa lepas dan simpan roof box di tempat yang kering, ketika tidak dipakai. Pasalnya kalau terus dipasang, justru membuat bobot mobil kamu semakin berat, aerodinamika juga berkurang, sehingga boros bensin.

“Jika roof box sekiranya sudah tidak digunakan baiknya dicopot saja dan disimpan di tempat yang kering, jangan lupa cuci dahulu dan dilap hingga benar-benar kering. Roof rack, cross bar juga dilepas saja, dan wajib dicuci serta dibersihkan dahulu agar tidak karatan,” tutup Billy.

Moladiners, ulasanmengenai merek roof box terbaik yang bisa menjadi referensi sebelum membelinya. Jangan lupa sesuaikan ukuran roof box dengan mobil yang dipakai.

Untuk informs otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru