Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mobil Balap di Film Gran Turismo Pakai Ban Michelin Rahasia!

by Tigor Sihombing
Michelin jadi ban resmi film Gran Turismo

Michelin merupakan ban resmi untuk film Gran Turismo. Oleh karenanya, semua mobil balap yang beradegan di sana menggunakan karet bundar merek Prancis tersebut.

Ban yang dipakai juga istimewa, salah satunya Michelin Pilot Sport 4S. Di dalamnya terdapat teknologi Michelin Multi-Compund atau kompon hibrida sehingga bisa menghasilkan daya cengkeram sangat baik ke aspal. Kemudian hadir pula Michelin Dynamic Response Technology dan pola tapak yang ultra-reaktif memastikan presisi kemudi dan pengendalian saat kecepatan tinggi. Maka dari itu, Michelin Pilot Sport 4S dipakai khusus untuk adegan yang menampilkan mobil balap performa tinggi.

Kemudian yang juga menarik, Michelin menggunakan ban rahasia berteknologi saat adegan balap di uji ketahanan Le Mans. Prediksi kami, ini merupakan ban prototype yang masih dalam riset dan pengembangan dari Michelin untuk produk di masa depan.

“Kemitraan kami berdasarkan pada visi yang selaras. Gran Turismo adalah referensi global untuk pengalaman berkendara virtual yang menuntut performa tinggi, sementara Michelin adalah referensi global untuk ban dengan performa tinggi,” kata Presiden Direktur Michelin Indonesia, Sai Banu Ramani.

Baca juga  Ban Mobil Eco dan Keunggulannya, Bikin Hemat BBM?

Selain Le Mans, pengambilan gambar untuk film Gran Turismo juga dilakukan di sirkuit balap nyata lain di berbagai belahan dunia. Ada Slovakia Ring, Dubai Autodrome, Nürburgring, Red Bull Ring di Austria, hingga Hungaroring, menariknya semua mobil balap yang dipakai dalam adegan pasti menggunakan ban Michelin.

Film Gran Turismo Punya Kisah Inspiratif

ban michelin pilot sport 4s

Mobil balap di FIlm Gran Turismo semuanya menggunakan ban Michelin

Pemutaran film bertema mobil balap, Gran Turismo sendiri dilakukan mulai 23 Agustus 2023, di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. Moladin pun diundang oleh Michelin untuk menikmati pemuaran perdana film ini yang dilakukan di salah satu mall di kawasan Jakarta Selatan.

Ternayata, Gran Turismo diangkat dari kisah nyata yang luar biasa. Film ini punya kisah inspiratif dari seorang pembalap bernama Jann Mardenborough (diperankan Archie Madekwe) yang memulai karirnya dari game. Hingga akhirnya, dia bisa menjadi pembalap profesional di dunia nyata.

Film tersebut juga memiliki pemeran lain yaitu seorang mantan pembalap gagal yang diperankan oleh David Harbour. Ada pula eksekutif motorsport penuh idealisme diperankan oleh Orlando Bloom. Mereka bersama-sama mengambil risiko besar untuk mengikuti balapan mobil paling elit di dunia, yakni Gran Turismo.

Baca juga  Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil, Tidak Mahal?

“Film Gran Turismo tentunya sudah sangat ditunggu oleh pecinta otomotif dan games. Kami berharap film ini akan meraih sukses karena memang begitu inspiratif dan seru,” kata Sai Banu Ramani.

Keterlibatan Michelin dalam film ini juga sejalan dengan kemitraannya dengan permainan video Gran Turismo 7. Michelin memberikan ban balap paling canggih di dunia untuk permainan ini, hasil dari keahlian unik perusahaan dalam pemodelan matematis dan data yang dikumpulkan selama balapan internasional di dunia nyata.

Dalam dunia balap modern, teknologi memiliki peran yang semakin penting. Michelin telah mengembangkan ban balap generasi terbaru untuk mobil Hypercar dan prototipe GTP yang berlaga di Le Mans, FIA World Endurance Championship, dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship. Semua ini dapat terwujud melalui pengembangan bentuk virtual di simulator, menunjukkan keseriusan Michelin dalam memahami dan menerapkan teknologi mutakhir.

Film Gran Turismo bukan hanya sebuah hiburan, tetapi juga kesempatan bagi Michelin untuk berinteraksi dengan berbagai generasi penonton dan memperlihatkan bagaimana teknologi terus berkembang dalam pengembangan ban virtual. Kemitraan ini menghubungkan dunia nyata dan virtual dalam sebuah perpaduan yang inspiratif dan memukau.

Baca juga  3 Penyebab Ban Mobil Habis Tidak Rata, Bahaya!

Demikian ulasan terkait ban Michelin dipakai oleh mobil balap yang berperan di film Gran Turismo. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika