oleh

5 Mobil Toyota Terpopuler Beserta Daftar Harganya!

Ada beberapa mobil Toyota terpopuler di Indonesia. Dari semua lini produk yang ditawarkan, ternyata segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) masih mendominasi penjualannya.

Semenjak era tahun 2000-an sampai 2020, mobil dengan segmen MPV menjadi idola konsumen di Indonesia, menggantikan mobil sedan yang cukup lama menjadi pilihan konsumen dari 1970-an hingga 1990-an. Perubahan permintaan pasar tersebut tentunya disebabkan beberapa hal, salah satu utamanya adalah mobil MPV kapasitasnya 7 penumpang.

Selain itu, sekitar di tahun 2013 Pemerintah juga mengeluarkan aturan pengenaan pajak mobil (PPnBM) sedan sebesar 30 persen, berbeda dengan mobil MPV hanya 10 persen. Kemudian, pabrikan otomotif yang ada di Indonesia, utamanya dari Jepang juga semakin agresif merilis mobil MPV yang didukung tampilan modern dan fitur yang lengkap. Salah satu pabrikan tersebut adalah Toyota.

Di mana merek ini sebenarnya sudah menjual mobil MPV sejak era 1980-an, yaitu lewat Toyota Kijang kotak dan menyusul Kijang Kapsul di era 1990-an. Memasuki tahun 2003 PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Avanza dengan mesin 1.300 cc serta harga waktu itu direntang Rp 90 juta hingga Rp 100 juta.

Mendompleng kesuksesan Avanza, Toyota tidak mau membuang kesempatan. Mereka meluncurkan produk MPV seperti Toyota Avanza Veloz, hingga Kijang Innova.

Kemudian sesungguhnya bukan cuma MPV yang laris. Setelah tahun 2020 ke atas, SUV juga mendapat perhatian besar dari konsumen Indonesia. Apalagi dari sisi kenyamanan, tidak beda jauh dari MPV. SUV pun bisa muat banyak hingga andal ketika diajak melintas di jalanan bergelombang. Untuk Mobil Toyota terpopuler di kelas SUV, opsinya antara lain Toyota Rush dan Toyota Fortuner.

Baca juga  Biaya Restorasi Kijang Super 3 Pintu, Capai Rp 65 Jutaan!

Nah, mau tahu lebih detail soal mobil Toyota terpopuler beserta daftar harganya? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Toyota Avanza (Rp 233,1 juta – Rp 255,1 juta)

Mobil Toyota terpopuler
Avanza

Mobil Toyota terpopuler yang pertama adalah Toyota Avanza. Menurut data dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) penjualan Avanza di dari Januari hingga April 2022 mencapai 17.374 unit.

Toyota Avanza hadir dengan mesin  1.500 cc berkode 2NR-VE 4-silinder DOHC dual VVTi dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT. Tenaga maksimumnya diklaim mampu mencapai 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya 137 Nm pada 4.200 rpm.

Soal fitur, untuk varian tertingginya sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Saftey Sense (TSS) dan fitur T Intouch.

2. Toyota Innova (Rp 359,8 juta – Rp 485,2 juta)

Mobil Toyota terpopuler
Innova Reborn

Mobil Toyota terpopuler selanjutnya adalah Toyota Innova yang penjualannya dari Januari-April 2022 mencapai 18.097 unit. Toyota Innova memberikan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin dengan kubikasi 2.000 cc bertenaga 139 PS atau setara 137 Hp dan torsi 18,7 kgm atau setara 183 Nm.

Soal fitur, Toyota Innova sudah menyematkan fitur Dual Airbag dibagian depan (pengemudi dan penumpang) serta bagian tumit pengemudi. Kemudian ada pula fitur ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Brake Assist), Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, HAC (Hill Assist Control), sensor parkir dan Side Impact Beam.

Baca juga  5 Perbedaan Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo

3. Toyota Veloz (Rp 286 juta – Rp 331,1 juta)

Mobil Toyota terpopuler
Veloz

Mobil terpopuler berikutnya adalah Toyota Veloz dengan angka penjualan dari Januari-April 2022 sebesar 15.723 unit. Yup, Veloz merupakan saudara kembar dari Avanza. Namun begitu fitur Veloz lebih komplit dan desain lebih mewah.

Toyota Veloz sudah dilengkapi dengan fitur wireless charger, auto AC, panel instrumen TFT besar, illumination light, hingga layar entertainment untuk penumpang belakang. Kemudian ada pula fitur Toyota Safety Sense (TSS).

TSS adalah fitur keselamatan aktif terintegrasi pre collision system (PCS), Pedal Misoperation control, blind spot monitoring (BSM), Lane Departure Assist, Front dearture alert, dan rear crossing traffic allert (RCTA). Oh ya, ada juga fitur keselaman lain seperti 6 titik airbags, hill start assist, dan lain-lain.

4. Toyota Rush (Rp 277,6 juta – Rp 290,3 juta)

Mobil Toyota terpopuler
Rush

Selanjutnya, mobil Toyota terpopuler berikutnya adalah Toyota Rush dengan capaian penjualan 15.348 unit dari Januari-April 2022. Mobil ini menggunakan mesin 2 NR-VE dengan kapsitas 1,496 cc VVTI. Mesin ini memiliki tenaga puncaknya 105 hp yang bisa dicapai pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga  15 Mobil Listrik Prototype Toyota, SUV Hingga Mobil Sport

Toyota Rush sudah dilengkapi dengan teknologi start/stop engine, head unit touchscreen 7 inci, delapan unit speaker, smart entry, hinggga Auto AC. Kemudian ada pula fitur keselamatan  6 SRS Airbags, vehicle stability control (VSC), 7-seat belt indicators, anti-lock braking system (ABS), hill start assist (HSA), dan emergency brake signal (EBS).

5. Toyota Fortuner (Rp 530,8 juta – Rp 595,2 juta)

Mobil Toyota terpopuler
Fortuner

Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil Toyota terpopuler. Angka penjualannya dari Januari hingga April 2022 mencapai 8.102 unit.

Fortuner merupakan mobil dengan segmen SUV 7-seater yang bersaing ketat dengan Pajero Sport. Toyota Fortuner menawarkan tiga varian dengan mesin yng berbeda-beda.

Untuk varian VRZ AT menggunakan mesin 1 GD FTV 4-silinder segaris DOHC 2.775 cc VNT Intercooler. Kemudian untuk varian GR Sport AT mengadopsi mesin 2TR-FE 4 Silinder Segaris, 4 Katup, 2.694 cc DOHC, Dual VVT-i. sedangkan untuk varian G MT menggunakan mesin 2 GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, 2.393 cc DOHC, VNT Intercooler.

Toyota Fortuner sudah dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni. Antara lain fitur 7 SRS Airbags, HSA, Downhill Start Assist Control (DAC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control, Traction Control, VSC, dan fitur modern lainnya.

Moladiners, itulah beberapa mobil Toyota terpopuler di Indonesia. Adapun angka penjualan tersebut kami dapatkan dari data resmi Gaikindo periode Januari hingga April 2022.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru