Modifikasi Byson Cafe Racer Bernuansa Simpel Nan Klasik!

Modifikasi Byson Cafe Racer ini bernuansa simpel dan klasik. Yamaha satu ini memang enak banget buat diutak-atik sih, Moladiners. Pada dasarnya, Yamaha FZ16 a.k.a Yamaha Byson ini memiliki desain sporty sekaligus kekar dan garang. Jadi, sebenarnya tidak perlu banyak perubahan jika ingin menjadikannya kanvas modifikasi. Alasan lain mengapa Byson banyak dimodifikasi adalah mesinnya yang mumpuni serta harga bekasnya yang jauh lebih murah dibanding motor sekelasnya, Yamaha Vixion dan Honda CB150R.

Kuda Yamaha ini pertama muncul pada tahun 2010 dan amat sukses pada masanya. Untuk penjualan pertama saja, habis lebih dari 23.000 unit. Meski kini Yamaha telah menghentikan produksi, namun, Byson tetap banyak diminati oleh para modifikator.

Kali ini Moladin mau bahas hasil karya dari Gear-Gear Motorcycles, Byson dimodifikasi menjadi tema cafe racer yang kece punya! Aliran cafe racer memang terinspirasi dari motor balap zaman dulu yang memiliki ciri khas bagian tengah yang besar. Namun, pada cafe racer masa ini, identik dengan bagian belakangnya yang besar mirip sengat tawon. Oleh karena itu, aliran cafe racer pada Byson tentu sangat klop, karena akan menambah kesan gahar dan maskulin.

Byson modifikasi cafe racer garapan Gear-Gear Motorcycles ini tidak cuma bagus tampilan luar, namun juga memiliki fungsi untuk pemakaian sehari-hari karena simpel. Moladiners penasaran? Yuk, kita bongkar karya satu ini!

Modifikasi Byson Cafe Racer Bagian Bawah

Modifikasi Byson Cafe Racer
Sumber: Gear Gear Motorcycle Facebook

Sentuhan klasik tertuang di setiap detil modifikasi ini, termasuk di bagian pelek yang dilengkapi dengan jari-jari. Ban lebih gambot sehingga menimbulkan kesan gahar serta garpu depan lebih rendah untuk menyesuaikan tampilan, sedangkan kaki-kaki belakang masih bawaan asli. Keseluruhan, bagian bawah ini tak cuma klasik, namun juga tampak kuat dan tangguh.

Modifikasi Byson Cafe Racer Bagian Atas

Modifkasi Byson Cafe Racer
Sumber: Gear Gear Motorcycle Facebook

Selanjutnya, yuk kita ulas bagian atas modifikasi kece satu ini. Pertama-tama di bagian stang, seperti kita ketahui bahwa item kemudi ini paling umum diutak-atik oleh pelaku modifikasi. Nah, di modifikasi byson cafe racer ini pun terdapat stang model clubman yang memang biasa diaplikasikan pada motor-motor beraliran cafe racer. Stang ini identik dengan tampilan mirip stang standar, namun, lebih nunduk dan terdapat sudut patahan yang cukup kentara. Dibanding stang jepit, clubman lebih enak dibawa perjalanan jauh karena tidak cepat pegal.

Sedangkan di bagian panel instrumen, terdapat perubahan ke arah yang lebih klasik. Panel bawaan Byson yang digital berubah menjadi dua panel yang bentuknya bulat berdempet pada stang yang retro abis! Satu bagian yang paling jelas berubah adalah tangki yang lebih kotak dan ramping tanpa side cover bawaan Yamaha Byson. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, modifikasi ini mengubah Byson menjadi simpel banget namun tetap berkelas. Bagian jok pun diubah, tampak klasik dan simpel serta memiliki kelir yang unik. Benar-benar jok motor jadul yang keren!

Untuk bagian lampu dan spion, dipilih model bar-end yang nggak cuma gaya, memberi kesan klasik minimalis, tapi juga memiliki fungsi yang sangat baik. Unik banget ini lho, Moladiners. Lampu sein depan ini terletak di ujung stang dilengkapi dengan spion bulat yang tampak seolah menggantung. Lampu belakang juga nggak kalah keren dengan deretan LED yang memiliki fungsi dobel yaitu lampu stop dan lampu sein.

Baca Juga :

Modifikasi Byson Cafe Racer Bagian Body

modifikasi byson cafe racer
Sumber: Gear Gear Motorcycle Facebook

Secara keseluruhan, karya modifikasi byson ini tampak gelap dan terang dengan warna hitam kontras kuning. Tangki berwarna kuning sedangkan jok hitam dan stripping pun hitam. Tambah kontras dengan adanya shockbreaker belakang warna kuning senada. Untuk kerangka, terdapat ubahan yang menyesuaikan tema.

Modifikasi Byson Cafe Racer Bagian Mesin

Modifikasi Byson Cafe Racer
Sumber: Gear Gear Motorcycle Facebook

Mesin tidak mengalami perubahan, mengingat performa bawaan Yamaha satu ini memang cukup mumpuni dengan kapasitas 153 cc, 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara. Daya kuda 10,1 kW / 7500 rpm dan torsi 13,6 Nm / 6000 rpm. Respon mesin sangat baik dan getaran pun minim, jadi, tidak masalah walaupun tidak di-upgrade.

Gimana, Moladiners? Kamu pecinta modifikasi motor sport klasik pasti suka banget sama karya satu ini. Terinspirasi? Yuk mulai modifikasi! Biar utak-atik makin gampang dan efisien, beli semua kebutuhan modifikasi di Moladin aja, ya!

Sudah tahu kan, Moladin juga jual mokas a.k.a motor bekas dengan harga terbaik? Jadi, kalau mau mulai modif, cari bahan motor bekasnya lewat Moladin juga, dong! Bisa pakai cicilan dan bersumber dari dealer-dealer terpercaya. Nah, tunggu apalagi, beli mokas buat dimodif nggak perlu susah-susah lagi, deh! Sampai di sini dulu ulasan mengenai modifikasi byson cafe racer ya, Moladiners. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *