by

Modifikasi Motor Byson Ala Cafe Racer, Tampil Menarik!

Modifikasi Byson – Yamaha Byson merupakan salah satu sepeda motor segmen sport di kelas naked bike, yang punya peminat yang cukup tinggi di Indonesia. Secara tampilan Byson punya tampilan yang sportif.

Pun begitu, tak menyurutkan semangat para pemilik untuk melakukan sentuhan modifikasi motor Byson. Diketahui, memang motor sport Yamaha yang satu ini asyik untuk di modifikasi.

Yamaha FZ16 atau Byson miliki desain yang sporty sekaligus kekar dan garang. Melakukan sedikit sentuhan modifikasi dengan menambah aksesori saja sejatinya sudah dirasa cukup menunjang tampilan.

Kebanyakan pengguna Yamaha Byson memutuskan untuk modifikasi kendaraannya. Lantaran mesin yang ditawarkan Byson sangat mumpuni serta harga bekasnya juga cenderung lebih murah dibanding motor sekelasnya, seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R.

Sedikit menilik ke belakang, Yamaha Byson pertama kali dirilis di tahun 2010. Kala itu, motor ini cukup laris dipasar otomotif Tanah Air.

Untuk penjualan pertama saja, habis lebih dari 23.000 unit. Meski saat ini Yamaha telah menghentikan produksi Byson, namun belakangan banyak modifikator yang memburu sepeda motor yang satu ini.

Sentuhan modifikasi motor Byson kini pun cukup beragam, mulai dari aliran scrambler hingga cafe racer yang belakang banyak diminati modifikator.

Salah satu yang cukup menarik untuk dibahas adalah Byson modif klasik bergaya cafe racer lansiran Gear-Gear Motorcycles berikut ini. Di mana modifikasi Byson bertema cafe racer ini terlihat cukup menarik.

Aliran cafe racer diketahui terinspirasi dari motor balap zaman dahulu, yang memiliki ciri khas bagian tengah yang besar. Seiring perkembangan zaman, cafe racer masa kini identik dengan bagian belakangnya yang besar mirip sengat tawon.

Oleh karena itu, aliran cafe racer pada Byson tentu sangat klop. Pasalnya mampu menambah kesan gahar dan maskulin.

Sentuhan modifikasi Byson cafe racer garapan Gear-Gear Motorcycles ini tidak cuma bagus tampilan luarnya, namun juga memiliki fungsi untuk pemakaian sehari-hari karena simpel.

Ingin tahu seperti apa modifikasi motor Byson yang satu ini? Simak ulasannya sampai habis!

1. Modifikasi Motor Byson Cafe Racer di Kaki-Kaki

Modifikasi Byson Cafe Racer
Tampilan modifikasi Byson garapan Gear Gear Motorcycle terlihat sangat menarik

Sentuhan klasik terlihat dari setiap detail modifikasi yang dilakukan Gear-Gear Motorcycles. Termasuk di bagian pelek yang dilengkapi dengan jari-jari.

Dalam menunjang modifikasi motor Byson, modifikator melengkapinya dengan ban yang lebih gambot sehingga menimbulkan kesan gahar serta garpu depan lebih rendah untuk menyesuaikan tampilan.

Baca juga  Yamaha MX King Ultraman Resmi Dijual!

Sedangkan kaki-kaki dibagian belakang masih terlihat bawaan pabrikan. Pun begitu, secara keseluruhan bagian bawah ini tak cuma klasik, namun juga tampak kuat dan tangguh.

Patut di contoh Sob, selain memberikan kesan yang istimewa. Namun ternyata mampu meningkatkan tampilannya.

2. Byson Modif Klasik Ala Cafe Racer, Apa yang Berubah di Bagian Atas?

Modifkasi Byson Cafe Racer
Kesan klasik kian terpancar pada modifikasi Byson yang satu ini.

Selanjutnya, terkait Byson modif klasik bergaya cafe racer ini, terlihat bagian atas modifikasi yang dilakukan sangat menarik perhatian.

Mulai dari bagian stang, seperti kita ketahui bahwa item kemudi ini paling umum diutak-atik oleh modifikator. Pada modifikasi Byson yang satu ini juga mendapatkan sentuhan modifikasi, yang kini menggunakan stang model clubman yang memang biasa diaplikasikan pada motor beraliran café racer.

Stang ini identik dengan tampilan mirip stang standar. Bedanya stang model ini lebih nunduk dan terdapat sudut patahan yang cukup kentara. Dibanding stang jepit, clubman lebih enak dibawa perjalanan jauh karena tidak cepat pegal.

Lebih jauh, pada bagian panel instrument terdapat ubahan kearah yang lebih klasik. Panel bawaan Byson yang digital berubah menjadi dua panel yang bentuknya bulat berdempet pada stang yang retro abis!

Sentuhan modifikasi motor Byson paling terlihat berubah terletak pada tangki yang lebih kota dan ramping tanpa side cover bawaan Yamaha Byson. Seperti dijelaskan sebelumnya, sentuhan modif klasik ala cafe racer garapan Gear-Gear Motorcycles jadi terlihat simpel. Namun jadi lebih berkelas.

Bagian jok pun diubah, tampak klasik dan simpel serta memiliki kelir yang unik. Benar-benar jok motor jadul yang keren!

Untuk bagian lampu dan spion, dipilih model bar-end yang nggak cuma gaya, memberi kesan klasik minimalis. Tapi juga memiliki fungsi yang sangat baik, terlihat unik bangetkan, Sob.

Lampu sein depan ini terletak di ujung stang, dan sudah dilengkapi dengan spion bulat yang tampak seolah menggantung. Pada bagian lampu belakang juga tak kalah menarik, dengan deretan LED yang memiliki fungsi dobel yakni sebagai lampu stop dan lampu sein.

Wah.. jadi terlihat semakin menarik ya!

Baca Juga :

3. Sentuhan Modifikasi Byson Cafe Racer Pada Warna Bodi

modifikasi byson cafe racer
Bagian depan modifikasi Byson terlihat gagah nan klasik

Bicara keseluruhan, karya modifikasi Byson yang satu ini di dominasi kelir gelap, dan terang dengan nuansa kelir hitam kontras kuning. Pada bagian tangki dibalut dengan warna kuning, sedangkan jok hitam.

Baca juga  5 Inspirasi Yamaha Nmax Modif Touring, Tampil Beda

Diikuti stripping berkelir hitam yang turut menghiasi. Di tambah kontras dengan adanya shockbreaker belakang warna kuning senada. Pada bagian kerangka, terlihat mendapatkan ubahan yang menyesuaikan tema.

Sektor bodi ini membuat tampilan Yamaha Byson cafe racer yang satu ini jadi semakin terkesan istimewa. Gimana tertarik punya motor seperti ini?

4. Modifikasi Byson Cafe Racer, Mesin Tak Perlu Ubahan

Modifikasi Byson Cafe Racer
Dilihat dari belakang, modifikasi motor Byson satu ini terlihat sportif

Sektor jantung pacu pada modifikasi Byson satu ini tidak mengalami perubahan, mengingat performa bawaan Yamaha Byson memang cukup mumpuni dengan kapasitas 153 cc, 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara.

Tenaga yang dihasilkan Yamaha Byson sebesar 10,1 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak sebesar 13,6 Nm di 6.000 rpm. Respon mesin masih cukup baik dan getaran pun cenderung minim.

Dengan begitu, jika ingin hanya sebatas mengubah tampilan saja. Di rasa masih cukup mumpuni, meski sektor mesin tidak di-upgrade. Tentunya dengan mempertahankan standar, bisa menghemat bujet modifikasi yang kamu lakukan.

Gimana, sekarang sudah tahukan rahasia Byson modif klasik yang satu ini. Tentunya bagi kamu yang menyukai modifikasi motor sport klasik, pasti suka banget sama karya satu ini.

Tentunya modifikasi motor Byson yang satu ini bisa menjadi inspirasi, Sob! Untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk modifikasi Byson cafe racer, kamu bisa hunting di sejumlah situs jual-beli online.

Sementara kalau kamu belum punya Yamaha Byson, Moladin juga menyediakan mokas a.k.a motor bekas dengan harga terbaik. Jadi, kalau mau mulai modif Yamaha Byson.

Kamu tinggal cari bahan motor bekasnya lewat Moladin aja. Kemudahnnya kamu bisa pakai cicilan dan bersumber dari dealer-dealer terpercaya.

Apabila kamu ingin tahu lebih dalam mengenai Yamaha Byson, Moladin juga akan membeberkan sedikit informasi mengenai motor sport asal pabrikan berlogo garputala itu.

Baca Juga :

Perjalanan Yamaha Byson di Tanah Air

New Yamaha Byson
Naked bike andalan Yamaha Indonesia, Byson.

Byson pertama kali dirilis pada tahun 2010 lalu. Sebelum resmi dipasarkan di Indonesia, Yamaha Byson terlebih dahulu dijual di India di tahun 2008.

Baca juga  All New Yamaha Nmax 2020 Meluncur, Besok?

Yamaha Byson generasi pertama ini punya tampilan khas motor street fighter. Desain itu membuat Byson bisa langsung diterima pasar Indonesia.

Inden Yamaha Byson kala itu pun tak terbendung. Alhasil PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya memproduksi naked bike itu secara lokal pada pertengahan 2011.

Lima tahun berselang, naked bike kelas entry-level dari Yamaha itu mendapatkan sentuhan baru di tahun 2015. Ubahan paling terasa ada pada sektor mesin, yang meninggalkan tipe pembakaran Karburator menjadi Fuel Injection (FI).

Desain Byson generasi pertama punya tampang yang gahar. Bentuk fascianya besar dan terlihat tangguh. Kalau dibanding Byson Fi, lampu depan menjadi penanda utama perbedaan baru dan model lama.

Model baru mempunyai garis sudut lebih tajam, meski tak alami ubahan signifikan. Desain tangki besar ala moge berkapasitas 12 liter yang dibungkus menggunakan cover plastik.

Pada generasi kedua, tangki bensin mendapatkan desain baru lebih tajam. Adanya shroud lebih besar di bawah tangki, membuatnya semakin terasa agresif.

Bagian jok Byson lawas berdesain menyatu, sementara Byson injeksi dipisah menjadi dua bagian, pengendara dan boncenger.

Perubahan lainnya, pada sisi buritan cukup pendek ala-ala motor street fighter. Dipadu penggunaan behel besi model pipa. Pada bagian belakang dirancang sedikit naik dan lampu diperbesar.

Dalam menunjang tampilannya, dipadankan dengan behel model tanduk. Lebih jauh, panel instrument Byson lawas sudah menggunakan model full digital. Sementara Byson Injeksi mendapat model baru dengan indikator “eco” untuk menunjukkan efisiensi bahan bakar.

Mesin Karbu Berubah Jadi Injeksi

Yamaha Byson generasi pertama yang dipasarkan di Indonesia
Yamaha Byson generasi pertama yang dipasarkan di Indonesia

Di atas kertas, Yamaha Byson ditawarkan dalam mesin berkubikasi 4 Langkah SOHC 2 Valve berpendingin udara 153 cc, dengan bore x stroke 58,0 mm x 57,9 mm. Tenaga yang dihasilkan sebesar 13,6 dk pada 7.500 rpm dan torsi 13,6 Nm di 6.000 rpm.

Pada Yamaha Byson baru dibekali sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Meski lebih canggih, dari sisi mesin justru turun kapasitasnya menjadi 149,3 cc.

Dampaknya tenaga yang dihasilkan juga mengalami penurunan menjadi 12,9 dk pada 8.000 rpm sedang torsinya 12,98 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini sudah lulus uji emisi Euro3.

Terbaru