Banyak Pengendara Salah Kaprah, Modifikasi Tali Helm Tidak Diperbolehkan!

MoladinHelm memiliki fungsi yang sangat vital saat berkendara menggunakan sepeda motor, melindungi kepala dari benturan langsung dan melindungi wajah. Helm wajib memiliki kualitas dan ketahanan yang terbaik. Desainnya pun sudah dirancang sedimikan rupa oleh ahlinya agar memberikan kemanan maksimal bagi penggunanya.

Sayangnya, banyak pengendara motor yang salah kaprah. Dikutip dari laman suzuki.co.id, tak jarang dari mereka yang melakukan modifikasi tali helm dari model quick release menjadi double d ring seperti helm-helm yang dipakai oleh para pembalap MotoGP.

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

Modifikasi Tali Helm Double D Ring Tidak Diperbolehkan

Belakangan ini cukup banyak pengendara motor yang melakukan modifikasi di bagian ini dari model quick release menjadi double d ring yang mana model ini seringkali kita jumpai di helm-helm untuk balap.

tali helm quick releaseIlustrasi model tali helm quick release

Padahal, banyak dari pengendara motor yang kurang memahami proses uji dan desain helm model ini. Kebanyakan dari para pengendara memodifikasi tali helm hanya karena bosan, padahal modifikasi di helm tersebut sangat tidak diperbolehkan.

Kenapa Modifikasi Tali Helm Tidak Diperbolehkan?

Tentunya bukan tanpa alasan tali helm tidak diperbolehkan untuk di modifikasi, pasalnya jika diganti, penggunanya dipastikan belum paham mengenai kualitas juga bahan yang dipakai untuk membuat tali helm tersebut. Risiko putus bisa terjadi pada talinya atau rivetnya. Hal seperti itu biasanya sudah diperhitungkan dengan detail oleh pabrikan helm.

Risikonya tak cuman sampai disitu saja, ada risiko lain yang dihadap pengendara. Saat terjadi kecelakaan pengguna harus menanggung akibatnya sendiri dari keputusannya, kegagalan ini tak bisa dilimpahkan kepada produsen pembuat helm karena modifikasi dilakukan bukan atau tidak atas rekomendasi pabrikan.

helm double d ringTali helm double d ring seperti helm-helm yang dipakai oleh para pembalap MotoGP

Modifikasi yang satu ini memang sangat mudah dilakukan, apalagi harga yang ditawarkan penjual tak bikin kantong jebol. Tetapi harus di ingat bahwa tali helm punya fungsi yang krusial untuk keamaan dan disarankan tidak diganti sembarang. Semoga informasi ini bermanfaat buat Moladiners, bisa menjadi pertimbangan jika ingin memodifikasi tali helmnya.

TVS Dazz

*Angsuran mulai dari

Baca Juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *