by

7 Motor Karburator Terbaru yang Bisa Kamu Beli

Pasar otomotif Indonesia memang unik. Di satu sisi motor listrik sedang naik daun, di sisi lain motor karburator terbaru tetap dipasarkan.

Alhasil kalau kamu memang suka teknologi klasik, bisa pilih kuda besi dengan karburator. Pilihannya juga beragam, ada motor bebek, cruiser, matik, hingga trail.

Buat sebagian konsumen, kendaraan dengan karburator lebih menarik karena dianggap mudah untuk melakukan modifikasi. Lalu kalau ada kerusakan juga terbilang mudah diperbaiki, karena dapat dilakukan di bengkel pinggir jalan sekali pun.

Jika kamu menginginkan untuk beli motor karburator terbaru, berikut tujuh rekomendasinya:

1. Benelli Patagonian Eagle

motor karburator terbaru
Benelli Patagonian Eagle versi karburator punya ciri khas pakai pelek palang dan knalpot warna hitam

Kalau kamu cari motor karburator terbaru bergaya cruiser, Benelli Patagonian Eagle bisa jadi opsi menarik. Motor tersebut punya gaya klasik yang tidak terbantahkan. Ciri khasnya, pakai desain telanjang, lampu bulat, hingga tangki tanpa sudut.

Lalu kelebihan Benelli Patagonian Eagle ada di gaya cruiser yang membuatnya begitu mirip motor Harley-Davidson. Jok rendah, setang tinggi, serta pijakan kaki agak ke depan memaksa posisi duduk pengendara jadi sangat rileks.

Suara mesin motor karburator ini juga tidak kalah istimewa. Dengan konfigurasi jantung mekanis dua silinder 250 cc, suaranya begitu menggelegar layaknya motor empat silinder. Jika kamu tertarik, harga Benelli Patagoinan Eagle Rp 40 jutaan.

Baca juga  Yamaha Aerox 155 R Version, Layak Beli?

2. Kawasaki KLX 150

motor karburator terbaru
Sistem penyemprotan BBM dengan karburator masih dipertahankan di KLX 150

Bisa dikatakan Kawasaki KLX 150 merupakan pelopor motor trail entry level di Indonesia. Kuda besi ini begitu populer, sampai-sampai merek Jepang lain ikutan bermain di segemen tersebut.

Hanya saja pabrikan geng hijau tidak kunjung merevisi teknologi penyemprotan bahan bakar yang ada di KLX 150. Sejak 2009 hingga sekarang, masih pakai karburator. Padahal kompetitor seperti Honda CRF 150 L dan Yamaha WR 155 R sudah menggunakan injeksi.

Oleh karena itulah, Kawasaki KLX 150 jadi satu-satunya motor karburator terbaru merek Jepang yang masih dipasarkan di Indonesia. Bila kamu ingin punya, motor offroad ini dijual mulai Rp 30 jutaan.

3. SM Sport Classic

motor karburator terbaru
Desainnya mirip Honda Super Cub C125

Kalau kamu mau motor karburator terbaru jenis bebek, bisa pilih merek asal Malaysia yaitu SM Sport Classic. Kuda besi ini desainnya mirip dengan Honda Super Cub C125, hanya saja harganya lebih murah.

Banderol motor bebek tersebut cuma Rp 20 jutaan. Soal spesifikasi, mesin pakai kapasitas 109,2 cc, satu silinder, dengan karburator tentunya. Di atas kertas, torsi puncak yang bisa dihasilkan 8 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 6,9 PS pada 7.500 rpm.

Meski tampilannya klasik, tapi SM Sport Classic sudah dilengkapi banyak fitur modern. Sebut saja sistem pencahayaan LED dan USB Charger. Menarik bukan?

Baca juga  5 Perbedaan Honda Scoopy Lama Vs Baru

4. Kawasaki W175

motor karburator terbaru
Meski tergolong motor anyar, tapi W175 masih mengandalkan karburator untuk sistem penyemprotan bahan bakar.

Satu-satunya merek Jepang yang masih menjual motor karburator terbaru adalah Kawasaki. Di samping punya KLX 150, teknologi karburator juga masih melekat di W175.

Beberapa konsumen justru tertarik dengan Kawasaki W175, karena memiliki sistem penyemprotan bahan bakar karburator. Alasannya motor ini jadi klasik luar dalam.

Menariknya lagi, Kawasaki menjual W175 dalam beberapa varian: Cafe, TR, dan Classic. Ketiga varian tersebut juga masih pakai karburator.

Kalau W175 Cafe punya ciri khas berpenampilan layaknya motor cafe racer. Sementara W175 TR bergaya dual purpose. Sementara W175 Classic mewarisi sosok naked sport masa lalu.

5. Viar Vintech 200

motor karburator terbaru
Motor ini istimewa karena pakai kapasitas mesin 200 cc, harganya juga cukup terjangkau

Merek asal Indonesia, Viar juga tidak ketinggalan memasarkan motor karburator terbaru. Salah satu yang dapat dibeli konsumen adalah Viar Vintech 200.

Desainya retro agak sedikit beraura cafe racer, sehingga posisi berkendara agak menunduk. Maklum Viar membekali Vintech 200 dengan setang rendah.

Kemudian soal performa mesin tidak perlu diragukan. Kapasitasnya mencapai 198,8 cc, satu silinder. Torsi puncak yang dihasilkan 15 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimalnya 17,43 hp pada 8.500 rpm. Padanannya sistem transmisi 5-percepatan.

Harga motor Viar Vintech 200 Rp 19 jutaan. Tertarik punya?

Baca juga  Review Honda Supra GTR 150, Masih Layak Dibeli?

6. SM Sport V16

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Tampilan SM Sport V16 sungguh mirip motor Harley-Davidson.

Rekomendasi motor karburator terbaru selanjutnya adalah SM Sport V16. Bisa dikatakan, ini merupakan kuda besi yang menjadi rival dari Benelli Patagoinan Eagle. Keduanya punya kapasitas mesin 250 cc, pakai karburator, dan bergaya cruiser klasik.

Hanya saja yang membuat SM Sport V16 lebih menarik adalah bodinya lebih bongsor. Kemudian konfigurasi mesin V yang memang begitu mirip dengan motor Harley-Davidson.

Soal fitur, motor curuiser asal Malaysia ini sudah dilengkapi rem cakram di kedua roda. Ada pula panel instrumen digital dan lampu LED. Harga SM Sport V16 Rp 50 jutaan.

7. Benelli Seta 125

motor karburator terbaru
Benelli Seta berkapasitas mesin 125 cc, masih pakai karburator

Kalau kamu cari motor karburator terbaru bergaya matik, maka Benelli Seta 125 bisa jadi pilihan. Desainnya sangat retro dengan bodi kotak-kotak.

Ukuran ban depan 90/90-12 inci dan belakang 100/90-10 inci menambah kesan klasik. Lalu di bagian belakang jok ada aksesori berupa carrier.

Benelli Seta 125 menggendong mesin 124,6 cc, satu silinder, dengan karburator. Lalu untuk mengaktifkan mesin bisa pakai kick starter dan electric starter. Harganya Rp 20 jutaan.

Itulah tadi rekomendasi motor karburator terbaru yang bisa kamu beli di Indonesia. Dari ketujuh opsi di atas, mana yang paling tertarik untuk kamu pinang?

Terbaru