9 Motor Masa Depan Tercanggih yang Bakal Menghiasi Dunia

Motor Masa Depan – Seiring dengan perkembangan zaman, sepeda motor terus bertransformasi semakin modern. Segudang teknologi pun sudah dipersiapkan, untuk motor masa depan.

Sejumlah pabrikan otomotif dunia pun sudah mulai membuat desain motor konsep bergaya futuristik untuk masa depan. Hal tersebut dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar otomotif dunia yang terus berkembang.

Motor untuk masa depan pun kerap ditampilkan pabrikan otomotif di sejumlah pameran otomotif bertaraf internasional. Selain itu, motor telah telah mendapat penggambaran asli, yang kini tidak hanya lewat efek visual dalam film semata.

Lalu seperti apa sebenarnya motor masa depan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Motor Masa Depan Milik Honda, yaitu H4

Honda H4 Concept
Honda H4 Concept, desain ala motor sport yang sangat unik

Motor masa depan ini datang dari produsen sepeda motor asal Jepang, Honda. Di mana Honda memiliki motor modern yang disebut dengan Honda H4.

Dalam wujud konsepnya, Honda H4 seolah dihiasi dengan cairan kilap hampir di seluruh bagian. Motor Honda satu ini terlihat tampil mewah, dan jika benar masuk jalur produksi. Tentunya bakal banyak diminati masyarakat.

2. RMK E2, Diprediksi Bakal Jadi Motor di Masa Depan

RMK E2, motor tercanggih versi konsep
RMK E2 buatan Finlandia

Sepeda motor masa depan kedua ini datang dari Perusahaan asal Finlandia, RMK. Di mana perusahaan yang bergerak di industri sepeda motor listrik itu, digadang-gadang bakal menghadirkan motor futuristik yang diberi nama RMK E2.

Motor tercanggih ini masih benar-benar berwujud konsep. Bahkan pihak pabrikan belum menjadikannya dalam wujud protipe. RMK E2 hadir dengan desain sport bike, yang diklaim memiliki sistem penggerak yang unik.

RMK E2 dibekali dengan sistem penggerak listrik yang terintegrasi di roda belakang. Motor listrik berada di dalam pelek, yang memungkinkan dibenamkan baterai besar di tengah dengan sistem pengecasan yang modern.

Kondisi baterai yang terisi penuh, motor masa depan ini diklaim mampu berjalan hingga 200-300 kilometer. Motor bertenaga listrik itu juga mampu menyemburkan tenaga 68 dk dan torsi 320 Nm. Pengisian baterainya membutuhkan waktu 2-3 jam.

3. Bombardier Embrio, Motor Konsep Tercanggih di Masa Mendatang

Bombardier Embrio motor masa depan tercanggih
Motor roda satu yang bisa berlari sangat kencang, Bobardier Embrio

Bombardier Embrio diklaim jadi salah satu motor masa depan yang bakal menggoda industri otomotif roda di masa mendatang. Motor konsep tercanggih ini sempat muncul di tahun 2000 silam.

Berbeda dari motor-motor pada umumnya, Bombardier Embrio hanya memiliki satu roda saja. Bahan bakarnya pun menggunakan sel hidrogen dengan teknologi Unicycle yang bisa membuatnya berlari sangat cepat. 

4. Suzuki G-Strider Bakal Menjawab Kebutuhan Motor Masa Depan

Suzuki G-Strider
G-Strider jadi salah satu motor masa depan Suzuki

Suzuki G-Strider merupakan motor konsep untuk masa yang akan datang, milik Suzuki. Motor ini sebelumnya sempat diperkenalkan bersamaan digelarnya ajang Tokyo Motor Show 2003.

Menariknya, sepeda motor tercanggih ini dipersenjatai mesin konvensional berbahan bakar fosil, dengan konfigurasi mesin 4-Tak, Inline-Twin, Liquid-Cooled, berkapasitas 916 cc.

Disebut sebagai motor masa depan, lantaran punya fitur Inteligent Telematics. Fungsinya untuk menginput kondisi terkini Motor ke dalam Chip Microprocessor yang terhubung ke Network. Ada pula Self-Diagnosis System, dan spion dengan kamera.

Bila benar masuk jalur produksi, tentunya sepeda motor ini bakal banyak diminati, ya sob!

5.Yamaha Tesseract, Motor Dengan 4 Roda yang Menarik

Yamaha Tesseract motor masa depan tercanggih Yamaha
Tesseract, motor masa depan tercanggih Yamaha dengan empat roda

Bicara sepeda motor masa depan, rasanya kurang jika tanpa Yamaha Tesseract. Sepeda motor ini sudah berstatus konsep, dan sempat di pajang melalui perhelatan Tokyo Motor Show 2007.

Motor konsep ini memiliki empat buah roda dengan sudut bodi tajam dan meruncing. Sementara jantung pacunya dibekali teknologi Hybrid yang menggabungkan mesin V-TWIN SOHC dengan sistem pembakaran Fuel Injection serta motor electric.

6. BMW Concept Link Scooter, Motor Masa Depan Asal Jerman

BMW Concept Link motor masa depan tercanggih
Motor konsep BMW tercanggih

BMW menjadi salah satu pabrikan yang cukup serius menggarap sepeda motor masa depan. Di mana pabrikan asal Jerman itu, sempat menampilkan sepeda motor tercanggih versi konsep tersebut diberi nama BMW Concept Link Scooter.

Desainnya sangat futuristik, sepeda motor ini sempat dipajang pada BMW Motorrad di Concorso d’Eleganza Villa d’Este 2017.

BMW Concept Link Scooter dipersenjatai dengan mesin electic yang lebih ramah lingkungan.

7. Zec00, Punya Desain yang Buas

Zec00 motor masa depan
Zec00

Sepeda motor rancangan Znug Design Inc., ini punya desain yang terlihat garang. Konsep motor listrik drag itu, punya desain yang radikal.

Secara tampilan, desainnya mengingatkan kita pada sosok sepeda motor Batman di film The Dark Night. Perusahaan desain asal Tokyo itu membuat prototipe motor itu sejak dekade lalu, dan terus dikembangkan hingga saat ini.

Berdasarkan hasil pengembangan pihak perusahaan, dikatakan motor tercanggih itu sudah memungkinkan untuk berjalan hingga 200 kpj. Tenaga motor ini buas sekali bukan.

Untuk mengakomodir kecepatan, sistem kendali pun tidak lagi mengandalkan fork di roda depan, melainkan swing arm yang bisa bergerak miring untuk bermanuver.

Berangkat dari sejumlah sumber, dikatakan bahwa prototipe motor berjarak sumbu panjang ini teramat stabil dan asyik dikendarai, meski bobotnya mencapai 280 kg. Konsekuensinya, motor disetel dengan center of gravity yang sangat rendah, seperti mobil sport.

8. BMW Vision Next 100, Bisa Jadi Motor Tercanggih Impian Semua Orang

BMW Motorrad Vision Next 100
Motor tercanggih untuk masa depan dari BMW

Vision Next 100, merupakan hasil pengembangan dari program visioner BMW untuk menghadapi abad berikutnya. Secara desain, motor tercanggih ini sudah sangatlah modern.

Struktur rangka dan suspensinya, menyatu dalam sebuah sistem sasis yang fleksibel. Tak ada fork maupun swing arm, gantinya peranti fleksibel yang bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan.

Moge satu ini dilengkapi dengan baterai dan generator dengan proporsi layaknya mesin boxer khas BMW. Tertarik? satu lagi teknologi yang dimiliki moge ini, yaitu kemampuan self balancing.

9. Kawasaki J Concept

Kawasaki J-Concept
Kawasaki J Concept juga merupakan salah satu motor tercanggih yang bakal hadir di masa depan

Pabrikan geng hijau juga sudah menyiapkan motor untuk masa yang akan datang. Motor ini punya desain roda tiga, dan bertenaga listrik. Konsepnya terlihat sangatlah modern, tak kalah dengan sepeda motor konsep lainnya.

 J Concept, dikatakan menyajikan performa dalam keseimbangan manuver yang superior. Motor tercanggih ini bisa dikendarai dengan aman di sirkuit maupun touring jarak jauh layaknya roadster.

Roda depan berjumlah dua, memungkinkan potensi itu tersaji. Wheelbase yang panjang, turut mengakomodir potensinya untuk berakselerasi dengan singkat. Konsep sepeda motor ini masih dalam wujud digital saja, sob!

Teknologi Sepeda Motor Masa Depan yang Sudah Ada di Indonesia

nmax abs dan non-abs
Suspensi belakang Nmax ABS/Connected bisa diatur tingkat kekerasannya

Menariknya lagi, ada beberapa teknologi yang dianggap hadir di masa depan, namun ternyata mulai diterapkan pada motor saat ini. Fitur modern tersebut mulai dari konektivitas smartphone, hingga, penggunaan baterai sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM).

Ingin tahu apa saja teknologi masa depan yang sudah ada di masa sekarang? Simak bahasan berikut:

1. Teknologi ABS Sudah Tersedia pada Sejumlah Motor di Indonesia

abs freego
Kelebihan Freego sudah memiliki opsi ABS. Inilah pioner keselamatan di kelas motor matik 125cc

Anti-lock Braking System (ABS) kini sudah digunakan pada kendaraan roda dua di Indonesia. Peranti ini pertama kali diperkenalkan oleh General Motors pada 1972.

Produsen sepeda motor pun melihat bahwa fitur ini bisa disematkan pada kendaraan roda dua. BMW menjadi produsen sepeda motor pertama yang merintis ABS untuk motor pada 1988.

Pada 2010, Bosch mengumumkan ABS pertama di dunia yang dirancang khusus untuk sepeda motor. Sistem ABS sebelumnya berbasis pada teknologi mobil penumpang, tetapi sistem Bosch baru untuk sepeda motor ini lebih kecil dan lebih ringan dan dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran sepeda motor.

Ketika komputer mendeteksi penguncian roda–biasanya saat pengereman keras pada permukaan yang kurang ideal–sistem ABS bekerja dengan membatasi gaya pengereman dan menjaga roda tetap berputar. Dengan roda yang tidak mengunci, pengendaranya bisa melakukan manuver untuk menghindari objek.

ABS adalah sistem yang dibutuhkan pengendara sepeda motor. Bahkan di Eropa mewajibkan semua motor bermesin 125cc ke atas yang dijual mulai 2016 harus menerapkan sistem ABS.

Teknologi ini sudah tersedia di sejumlah produk di Indonesia, seperti Yamaha NMax, Freego, Honda PCX 150, dan lain-lain.

2. Ride by Wire

Membandingkan Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250
All New Honda CBR250RR menggunakan teknologi drive by wire

Pada sepeda motor konvensional, kabel throttle secara langsung terhubung ke katup throttle. Kelemahan dari kabel yang terhubung langsung adalah, ketika pengendara memelintir throttle untuk akselerasi keras, tiba-tiba aliran udara besar di ruang bakar bisa menyebabkan motor stall.

Sebaliknya, dengan menggunakan Ride by Wire, tidak melibatkan koneksi fisik antara twistgrip dan katup throttle. Semua prosesnya diatur oleh komputer canggih.

Jadi, ketika pengendaranya memelintir tuas gas secara spontan untuk akselerasi maksimal, komputer akan mengatur bukaan katup throttle untuk mencegah aliran udara besar secara tiba-tiba. Artinya, fitur ini membuat motor memiliki tenaga yang lebih besar sekaligus lebih efisien karena gas mengalir dengan mudah.

Keuntungan lain dari Ride by Wire selain akselerasi halus adalah kemampuan menggabungkan cruise control, kontrol traksi dan push-button power capping.

Fitur ini pertama kali ada di Yamaha YZF-R6 pada 2006. Kini Honda CBR250RR yang dipasarkan di Indonesia pun sudah dilengkapi dengan teknologi ini.

3. Motor Bertenaga Listrik

motor listrik merupakan masa depan dunia
Motor listrik Gesits diperkenalkan di Istana Negara

Mesin electric kini sudah merambah ke sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia. Setidaknya ada 5 produk yang sudah dilengkapi dengan mesin listrik.

Adapun motor listrik yang sudah tersedia di Indonesia antara lain Honda PCX Electric, skuter listrik Gesits, Selis E-Max, New Viar Q1, dan EC-GO.

Seluruh sepeda motor pastinya mendukung kebijakan pemerintah terkait kendaraan ramah lingkungan pastinya.

4. Konektivitas Smartphone

perbedaan nmax abs dan non-abs
Nmax sudah punya fitur yang terhubung dengan smartphone, bernama Y-Connect

Terintegrasi dengan smartphone, bukan hanya berlaku pada kendaraan roda empat saja. Pasalnya sepeda motor di Indonesia pun sudah terintegrasi dengan smartphone.

Salah satunya adalah All New Yamaha NMax Connected/ABS. Produk ini pun menjadi pelopor teknologi sepeda motor yang terkoneksi dengan smartphone.

Melalui apliasi Y-Connect, All New Nmax 155 Connected/ABS dapat terhubung dengan smartphone pengendara. Aplikasi Y-Connect ini dapat diunduh di Google Play Store untuk ponsel android, dan App Store untuk ponsel iOS.

Fitur ini pun menjadi tren baru teknologi sepeda motor di Indonesia. Aplikasi Y-Connect memiliki berbagai macam keunggulan pada teknologi perangkat communication control unit (CCU).

Aplikasi ini dapat menyimpan lokasi parkir motor, atau lokasi terakhir saat motor disconnected dengan smartphone. Y-Connect juga memberikan notifikasi pada layar speedometer jika ada panggilan atau pesan masuk ke smartphone.

Melalui aplikasi ini juga membantu pengguna untuk mengetahui kondisi oli mesin dan volta sebaterai (accu), serta memberikan rekomendasi untuk maintenance. Tak kalah penting, pengguna juga dapat mengetahui analisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.

Jika terjadi masalah pada motor, aplikasi Y-Connect pun akan memberi tahu lewat email. Ada juga revs dashboard yakni menampilkan data seperti sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, dan berkendara yang ekonomis.

Itulah tadi gambar motor masa depan tercanggih dan teknologi-teknologinya. Menurut kamu, akankah motor tersebut benar-benar hadir sebagai tunggangan di kemudian hari?

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *