by

9 Motor Matik Retro yang Mirip Vespa, Lebih murah!

Motor Matik Retro Mirip Vespa – Popularitas Vespa memang tidak bisa dibendung. Motor merek Italia tersebut digemari masyarakat Indonesia sejak dulu, hingga sekarang.

Tampilan retro tentu jadi daya tarik paling kuat dari Vespa. Desainnya sungguh tidak lekang dimakan waktu. Efeknya Motor ini bisa ditunggangi dalam berbagai kesempatan dan di mana saja!

Sayangnya, harga Vespa tidaklah murah. Saat ini banderol Vespa LX 125 i-get atau yang paling terjangkau sudah tembus Rp 38,7 jutaan. Alhasil banyak yang sekadar ingin memiliki, namun belum sanggup membeli motor Vespa.

Para pemilik bujet terbatas, tentu cari solusi untuk masalah ini. Salah satunya dengan membeli motor matik merek lain yang juga menawarkan tampilan retro.

Ternyata di Indonesia khususnya pada tahun 2021, banyak alternatif motor yang mirip Vespa. Lebih penting lagi, harganya juga lebih murah dari Vespa.

Beberapa merupakan produk anyar seperti Honda Scoopy, Benelli Seta, Yamaha Fino, Sym Attila Venus, Kymco Like 150i, Honda Genio, hingga Benelli Panarea. Ada pula motor dalam kondisi bekas seperti Yamaha Grand Filano dan Suzuki Let’s.

Mau tahu lebih detail soal pilihan motor matik retro mirip Vespa yang murah dan dijual di Indonesia? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

1. Kymco Like 150i

motor matik retro mirip vespa
Berkapasitas mesin 150 cc, namun harganya tidak sampai Rp30 jutaan

Opsi motor matik retro mirip Vespa yang pertama adalah Kymco Like 150i. Desain skuter merek Taiwan ini sungguh menawan dengan bodi bahenol. Kemudian ada ban kecil namun lebar berukuran 12 inci menempel di kedua roda.

Soal fitur, Kymco Like 150i tidak bisa diremehkan. Di dalamnya tersemat teknologi noodoe yang mampu mengintegrasikan smartphone dengan panel instrumen. Khusus keselamatan, sudah disematkan anti-lock braking system (ABS).

Baca juga  4 Refrensi Modifikasi Mio, dari Trail hingga Baby Look

Mesinnya pakai kapasitas 150 cc, berpendingin udara. Jantung mekanis tersebut bisa memuntahkan torsi puncak 10,2 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 13,27 hp pada 8.500 rpm.

Performa dan fitur tersebut, lebih dari cukup untuk melibas kondisi jalan perkotaan. Soal harga motor matik retro Kymco Like 150i juga sangat terjangkau, cuma Rp 30 jutaan.

2. Sym Attila Venus

motor matik retro mirip vespa
SYM Attila Venus pakai kapasitas mesin 125 cc

Harga motor matik retro mirip Vespa ini tidak sampai Rp 25 juta. Ciri khasnya pakai tameng depan dengan tampilan V. Kemudian ukuran rodanya sungguh kecil cuma 10 inci.

Kapasitas mesin motor ini cuma 125 cc. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar bakal irit untuk penggunaan dalam kota.

Fitur SYM Attila Venus juga cukup banyak. Ada smart idle stop system yang bisa menghemat bahan bakar dan answer back system. Panel instrumen pun telah kombinasi analog dan digital.

Baca juga:

3. Benelli Seta

motor matik retro mirip vespa
Benelli Seta berkapasitas mesin 125 cc, masih pakai karburator

Benelli memang dikenal sebagai produsen motor retro di Indonesia. Khusus motor matik retro, mereka punya Benelli Seta yang dijual kurang dari Rp 20 jutaan.

Keistimewaan Benelli Seta, pakai mesin 125 cc dengan karburator. Lalu untuk desainnya dibuat agak mengotak. Meski demikian, kesan retro tetap terpancar.

Baca juga  Vespa Sei Giorni II Tampil Beda, Mesin Paling Bertenaga!

4. Benelli Panarea

benelli panarea
Spesifikasi mesin 125 cc yang digendong Benelli Panarea menjadikannya penantang Vespa S125

Satu lagi produk dari Benelli yang punya tampilan mirip Vespa yaitu Panarea. Motor matik retro tersebut meluncur secara resmi di IIMS Hybrid 2021.

Motor Benelli ini dibekali dengan mesin 125 cc dengan berpendingin udara dan sudah injeksi. Di atas kertas mampu mengeluarkan torsi puncak 9 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 8,4 hp pada putaran 7.500 rpm.

Kelelebihan lain, Benelli Panarea memiliki lampu depan LED, hazard, dan engine cut off. Soal harga, banderolnya tidak sampai Rp 25 jutaan.

5. Yamaha Grand Filano

motor matik retro mirip vespa
Grand Filano cuma dijual dalam kondisi bekas di Indonesia

Sebenarnya Yamaha Grand Filano sudah tidak dijual lagi di Indonesia. Hanya saja, kamu bisa membeli motor matik retro ini dalam kondisi bekas.

Harga Grand Filano versi bekas cukup bervarisi, mulai Rp25 jutaan. Memang cukup mahal untuk motor bekas, namun tetap lebih murah dari Vespa baru.

Banderolnya tinggi lantaran tidak banyak yang beredar di Tanah Air. Kuda besi berkapasitas 125 cc tersebut juga diimpor utuh dari Thailand.

6. Honda Scoopy

motor matik retro mirip vespa
Honda Scoopy terbaru memiliki banyak fitur modern

Tidak diragukan lagi, All New Honda Scoopy memang jadi pilihan menarik pengganti Vespa. Harganya cuma Rp 20 jutaan. Kemudian tampilannya beraroma retro dan fiturnya berlimpah.

Keungulan Scoopy terbaru sudah dilengkapi keyless yang terintegrasi immobilizer, dengan demikian lebih sulit dibobol maling. Ada pula fitur lampu depan proyektor LED, USB Charger, hingga alarm.

Honda Scoopy juga punya mesin irit berkapasitas 110 cc. Lalu untuk versi anyarnya telah dilengkapi rangka eSAF yang ringan dan asik diajak bermanuver. Skuter ini memang sangat pas untuk orang Indonesia.

Baca juga  2nd Anniversary RVI Chapter Jakarta, Seru-Seruan Bareng GMA dan Diton

7. Yamaha Fino

1 52
Yamaha Fino merupakan rival Honda Scoopy, namun punya kapasitas mesin lebih besar

Pabrikan garputala pun punya motor mirip Vespa yang masih dijual sampai sekarang yaitu Fino. Skuter berkapasitas 125 cc tersebut merupakan rival dari Honda Scoopy.

Beda Yamaha Fino, punya mesin lebih besar yaitu 125 cc. Alhasil performanya lebih mantap. Jadi buat yang suka ngebut, motor matik retro daari pabrikan garpu tala ini merupakan pilihan tepat.

Walau demikian dari sisi fitur, Fino tidak sehebat Scoopy. Kunci kontak masih pakai konvensional dengan anak kunci. Harga Yamaha Fino 125 mulai Rp 18 jutaan.

8. Suzuki Lets

Suzuki Lets
Suzuki lets berbasis Suzuki nex, namun tampilannya retro

Motor matik retro terakhir yang mirip Vespa adalah Suzuki Lets. Hanya saja motor ini sudah tidak lagi dipasarkan dalam kondisi baru.

Pada masanya, Suzuki Lets merupakan kompetitor dari Honda Scoopy. Merek berlogo S mempersenjatainya dengan mesin 110 cc. Jika kamu tertarik, harga Suzuki Lets bekas mulai Rp 6 jutaan.

9. Honda Genio

konsumsi bbm honda genio
Honda Genio punya basis mesin dan rangka yang serupa dengan Honda Scoopy

Pilihan motor murah yang berpenampilan retro tapi mirip Vespa selanjutnya adalah Honda Genio. Skuter berlogo sayap ini punya basis yang serupa dengan Scoopy.

Honda Genio pakai mesin 110 cc, dengan rangka eSAF. Hanya saja bodinya sedikit lebih ramping dibanding Scoopy.

Kelebihan lain dari Honda Genio ada di fitur modern yang melekat. Salah satunya kemunculan panel instrumen full digital. Tertarik punya? Harga Genio saat ini sekitar Rp 17 jutaan.

Itulah tadi rekomendasi motor matik retro yang mirip Vespa. Dari kesembilan skuter yang kami tawarkan, mana yang paling kamu suka dan tertarik ingin beli?

Terbaru