by

Motor Retro Honda CB190 SS, Cocok Lawan XSR 155

Spesifikasi Honda CB190 SS – Bukan, ini berbeda dari Honda CB150R Exmotion yang dijual di Thailand. Desainnya memang mirip. Hanya saja kalau melihat secara detail sungguh lain.

Honda CB190 SS punya kapasitas mesin lebih besar. Kemudian fitur-fiturnya juga tidak dapat disepelekan. Satu lagi yang terpenting, aura retro terpancar kuat di kuda besi tersebut.

Ingin tahu lebih detail terkait spesifikasi Honda CB190 SS? Apakah motor ini siap dijual di Indonesia? Simak bahasan berikut:

Spesifikasi Mesin Honda CB190 SS

spesifikasi honda cb190 ss
Di tengah pandemi virus korona, Wuyang Honda sedang membuka gelaran modifikasi virtual untuk CB190 SS

Di atas kertas, motor retro tersebut dilengkapi mesin 190 cc. Konfigurasinya satu silinder, SOHC, dan berpendingin udara. Meski spesifikasinya tidak terlalu istimewa, tapi soal performa jangan diremehkan.

Terlebih untuk torsinya, sangat besar. Mesin Honda CB190 SS bisa melontarkan torsi puncak 15 Nm pada 7.000 rpm. Sementara tenaga maksimalnya 15,68 hp pada 8.000 rpm.

Kalau kita bandingkan dengan motor retro di bawah 200 cc yang dijual di Indonesia, torsi Honda CB190 SS paling juara. Tidak percaya? Sebut saja Yamaha XSR 155, torsinya cuma 14,7 Nm. lalu Kawasaki W175 hanya punya torsi 13,2 Nm.

Baca juga  Komparasi Vespa S Vs LX 125 i-Get, Pilih yang Mana?

Hal istimewa lain dari spesifikasi mesin Honda CB190 SS adalah tangki besar. Total bensin yang dibisa disimpan mencapai 15,3 liter. Hal tersebut tentu sangat cocok untuk para penyuka touring agar tidak terlalu sering ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Terkait konsumsi bahan bakar, klaim Honda mencapai 34,4 Kpl.

Baca juga:

Fitur Modern Hadir

spesifikasi honda cb190 ss
Berbagai aksesori beraura klasik bisa dipasangkan ke motor retro ini

Kalau melihat spesifikasi fitur Honda CB190 SS, kamu bakal kagum. Meski tampilannya retro, namun pabrikan berlambang sayap memberi fitur-fitur modern. Tidak percaya?

Lihat saja penggunaan lampu LED di seluruh sistem pencahayaan. LED mampu menghemat daya kelistrikan motor, sekaligus memberi visibilitas berkendara yang tidak kalah baik.

Ada pula panel instrumen kombinasi analog dan digital dengan informasi lengkap. Kemudian di panel tersebut tersedia USB charger untuk mengisi daya baterai smartphone atau peranti navigasi.

Baca juga  Moge Retro, Moto Guzzi V7 III Siap Meluncur di Indonesia

Khusus pengereman, sudah tersemat cakram di setiap roda. Tidak ketinggalan fitur anti-lock braking system (ABS) hadir. Fungsi ABS mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

Apakah Honda CB190 SS Masuk Indonesia?

inspirasi-modifikasi-yamaha-xsr155-tampilannya-ganteng-maksimal
Kalau masuk indonesia, Honda CB190 SS bakal menantang eksistensi Yamaha XSR 155

Motor ini sesunguhnya merupakan produk Wuyang Honda di China. Lantaran itulah spesifikasinya agak berbeda dengan motor Honda di Indonesia.

Walau cuma di China, namun secara desain dan spesifikasi Honda CB190 SS sesungguhnya sangat pas untuk masuk Indonesia. Dari sisi spesifikasi sudah dijabarkan di atas. Lalu soal desain, tidak perlu dipertanyakan lagi.

Perhatikan saja aura retronya yang sangat kuat. Ada lampu depan bulat dan pelek jari-jari. Kemudian knalpt yang dipakai juga sangat sederhana, sehingga terkesan klasik.

Bukan cuma itu, pola jahitan joknya pun istimewa. Berwarna cokelat dengan gaya wajik. Ban yang dipakai berjenis semi dual purpose seperti Yamaha XSR 155 dan kawasaki W175 TR.

Mungkinkah Honda CB190 SS masuk Indonesia? Sebenarnya sangat kecil peluangnya. Paling pas sebenarnya, PT Astra Honda Motor (AHM) meniru desain dan fitur Honda CB190 SS.

Baca juga  7 Aksesori Yamaha XSR 155 Cafe Racer & Tracker

Selanjutnya tinggal diaplikasikan ke Honda CB150R Streetfire. Kapan itu terjadi? Mari kita tunggu saja sama-sama keberanian dari AHM untuk menantang Yamaha XSR 155 dan Kawasaki W175 TR.

Terbaru