by

Motor Retro Yamaha XSR250 Siap Meluncur?

Motor Retro Yamaha XSR250 – Setelah meluncurkan Yamaha XSR155 di Thailand dan Indonesia, pabrikan garputala dikabarkan bakal menambah koleksi motor retronya. Kuda besi tersebut digadang-gadang sebagai XSR250.

Kabar kehadiran Yamaha XSR250, berhembus kuat dari berbagai media di Thailand. Hanya saja di negeri gajah putih, kemungkinan kapasitas mesinnya bakal pakai 300 cc menjadi XSR300. Perbedaan ini mengikuti tren yang berkembang di sana. Sementara Indonesia, masih menganut kelas seperempat liter atau 250 cc.

Urgensi munculnya motor retro Yamaha XSR250 didukung eksistensi kompetitor, Honda CB300R. Dari sisi tampilan, rival dari pabrikan berlambang sayap beraura kombinasi klasik dan modern.

Sosok klasik hadir lewat penggunaan lampu depan bulat. Kemudian modernitas tampak di fitur-fitur, seperti pencahayaan LED, panel instrumen digital, suspensi depan upside down, dan anti-lock braking system (ABS).

Baca juga:

Baca juga  4 Kekurangan Yamaha Vixion, Ketahui Sebelum Beli

Bagaimana Spesifikasi Motor Retro Yamaha XSR250?

motor retro yamaha xsr250
Yamaha XSR250 sepertinya bakal menggunakan basis Yamaha MT-25

Kemungkinan tampilannya tidak bakal berbeda banyak dari Honda CB300R dan Yamaha XSR155. Lampu depannya pakai bentuk bulat. Kemudian ada suspensi depan upside down, jok pendek, dan knalpot agak menukik ke atas.

Bagaimana spesifikasi mesinnya? “Dengan adanya R3 dan MT-03, XSR300 sepertinya akan pakai basis mesin yang sama,” seperti dikutip dari laman Greatbiker.

Artinya kalau masuk Indonesia, Yamaha XSR250 berbagi mesin yang sama dengan R25 dan MT-25. Spesifikasinya tidak jauh dari konfigurasi dua silinder DOHC, pendingin cairan, dan empat katup. Jantung mekanis tersebut mampu memuntahkan torsi puncak 23,6 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga maksimal 36,02 PS pada 12.000 rpm.

Padanan mesin tersebut, sistem transmisi 6-percepatan. Sementara dari sisi fitur, agaknya tidak jauh dari R25 dan MT-25. Pencahayaan depan pakai lampu LED dan panel instrumen digital.

Kapan motor retro Yamaha XSR250 hadir? Ini yang masih jadi tanda tanya. Sepertinya Thailand akan mendapat motor beraura klasik ini lebih dulu, belajar dari pengalaman Yamaha XSR155.

Baca juga  Resmi Dijual, Harga Yamaha XSR155 Rp36 Jutaan

Menurut Gratbiker, Yamaha XSR300 siap muncul di negeri gajah putih pada 2020 alias tahun depan. Kemungkinan Indonesia bakal muncul setelahnya. Mari kita nantikan saja sama-sama.

Jika Yamaha XSR250 diluncurkan, maka akan menambah pilihan konsumen Indonesia akan motor retro dengan kapasitas mesin 250 cc ke bawah. Sebelumnya, di Tanah Air sudah ada Kawasaki W Series, Benelli Motobi, Benelli Patagonian Eagle, dan Viar Vintech.

Buat kamu yang tertarik membeli motor retro terbaru dengan DP ringan dan promo-promo menarik lain, klik di sini!

Comment

Leave a Reply

Terbaru