oleh

Pasca Mudik Menggunakan Motor, Komponen Ini Wajib di Cek Sob!

Moladin – Musim mudik telah usai, kini saatnya kembali ke rutinitas. Nah, buat Moladiners yang mudik menggunakan motor, pastinya sepulang berkendara jarak jauh membuat motor performanya menurun. Hal ini sangat lumrah ya, pasalnya komponen pada motor bergasing lebih lama dari biasanya. Besar kemungkinan sebagian komponen mengalami gangguan. Jika dibiarkan, risiko paling parah tunggangan ngambek ketika akan dipakai melanjutkan aktivitas harian.

mudikSaat mudik komponen motor bergasing lebih lama dari biasanya | Foto: Contributor Moladin

Buat menghindarinya, gampang kok. Motor kesayangan cukup di servis aja, kerjaan ini bisa dilakukan sendiri lhoooo, seperti periksa busi, cek karburator (jika motor masih pakai), pelumas mesin dan girboks pada motor matic, rantai reduksi hingga soal kelistrikan lampu.

Cek Busi Serta Kualitas Filter Udara

Pertama yang perlu Moladiners lakukan adalah cek busi dengan cara melihat hasil bunga api. Cara memastikannya dengan menempelkan kepala busi di blok mesin lalu diselah berkali-kali. Sekalian juga ukur kerenggangan busi sesuai petunjuk buku panduan perawatan pada masing-masing tipe motor.

Baca juga  Tips Penting Memilih Aki Motor yang Berkualitas dan Awet

cek kondisi busiCek busi dengan cara melihat hasil bunga api | Foto: Contributor Moladin

Buat motor yang sudah pakai komponen pengkabut sistem injeksi nggak perlu khawatir, karena sistem pada ECU akan membaca kerusakan jika ada kendala. Tapi buat yang masih adopsi karburator, bersihkan komponen ini jika terasa putaran langsam dan rpm atasnya mulai terganggu.

“Mungkin lubang-lubang spuyer pada karbu tersumbat kotoran, debu atau air. Untuk mengusirnya coba cuci bodi karbu, sekalian tiup spuyer berikut lubang alirannya pakai angin hingga bersih,” ujar Budiyanto alias Yanto mekanik Pandawa Motor di Jalan Bangka VIII, No. 12A, Pela Mampang, Jakarta Selatan.

Namun sebelum dirakit, sekalian bersihkan kotoran busa di kotak filter, saringan bensin berikut keran bensin di tangki. Maksudnya, supaya aliran masuk udara dan bensin ke karburator benar-benar lancar.

[product product=”Kawasaki Z 250 SL” images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_Z_250_SL_9302_67441_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-z-250-sl-2014-naked-4-langkah-dohc-250cc” price=”Rp. 1.770.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Cek Kondisi Aki dan Volume Pelumas

Langkah berikut, periksa volume serta kekentalan pelumas di bak mesin. Gampang kok, pakai aja tangkai alias stick di tutup oli. Tapi kalau jarak tempuh sudah lewat 6.000 km, dan warna oli sudah hitam pekat apalagi sampai volumenya berkurang, wajib diganti oli baru ya sob! “Soale, kalau komponen yang bergerak atau berputar kurang pendinginan. Mesin pastinya jadi rawan macet,” lanjutnya.

Baca juga  Valentino Rossi: Tikungan 10 Sirkuit Catalunya Layaknya Parkir Mal?

Eit, enggak cuma oli mesin lhooo. Oli girboks di motor Matic juga perlu dicek meskipun oli ini lama masa pakainya. Paling tidak saat penggantian oli mesin ke-3, oli girboks sebaiknya diganti. Begitupun juga dengan rantai roda, bisa lelah lantaran kerap menarik beban roda hasil putaran gir. Yang ini biasanya cuma kendur, tapi bahayanya bisa nyelip di antara sproket dan teromol. Alhasil, putaran roda bakal berhenti mendadak. Makanya setel ulang rantai biar tidak bunyi dan cepat terkikis.

cek komdisi filter udaraPada motor matic cek kondisi filter udara dan oli girboks | Foto: Contributor Moladin

Terakhir, periksa lampu indikator yang umum terpasang di motor, diawali dengan melihat kualitas setrum aki. Baru deh cek sakelar penghubung arus apakah bohlam lampu utama, sein dan rem ada yang putus. Nah, jika perawatan ini sudah dilaksanakan dijamin motor bakal sip sebelum lakukan aktivitas.

Semoga bermanfaat ya Moladiners!! Penting banget buat selalu cek kondisi motor usai dipakai berkendara jarak jauh, karena motor pastinya juga jadi kurang nyaman sehabis dipakai mudik, jangan sampai gak dirawat karena motor juga punya perasaan lhooo. Hehehe….

Baca juga  Tipe Motor yang Umum Dikendarai, Sudah Tahu?

[product product=”Honda CRF 150L” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_CRF_150L_11018_88464_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-crf-150l” price=”Rp. 1.487.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca juga;

Terbaru