by

Pemesanan Renault Kiger Dibuka, Rocky-Raize Waspada

Akhirnya Renault Kiger sudah bisa dipesan di Indonesia. Pemesanan Renault Kiger, diumumkan oleh salah satu tenaga penjual merek mobil asal Perancis tersebut.

“Yang sempat menanyakan kapan Renault Kiger akan rilis di Indonesia. Inilah saatnya melakukan indent,” seperti dikutip dari akun Instagram @ilham.renaultmaxindobintaro.

Biasanya setelah para sales membuka keran pemesanan Renault Kiger, maka peluncuran mobil akan berlangsung tidak lama lagi. Bukan tidak mungkin, mobil SUV kembaran Nissan Magnite ini bakal hadir pada Agustus 2021. Terlebih pada bulan yang sama, pameran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 bakal terlaksana.

Kehadiran Renault Kiger di Tanah Air cukup menarik pasar otomotif. Pasalnya mobil ini punya segudang keunggulan, mulai dari mesin 1.0 liter turbo hingga banderol yang terjangkau.

Walau belum ada pengumuman harga resmi, namun di negara asalnya yaitu India, Kiger bermesin turbo dijual mulai Rp 150 jutaan.

Ketika masuk Indonesia, tentu banderolnya tidak bisa semurah itu. Gambarannya ada di kisaran Rp 200 – 250 jutaan. Prediksi kami bukan tanpa alasan, tapi melihat dari harga jual Nissan Magnite di Indonesia yang mulai Rp 214,8 juta dan yang termahal Rp 244,8 juta.

Baca juga  Daihatsu Rocky Hybrid, Angin Segar Untuk Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan, Kiger dan Magnite merupakan mobil kembar. Keduanya punya mesin 1.0 liter turbo, bergaya SUV ringkas, dan muat 5-orang.

Persamaan Kiger dan Magnite tidak cuma itu, kedua mobil tersebut diproduksi di India. Jadi soal harga, harusnya mirip-mirip.

Renault Kiger Bakal Menantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

pemesanan renault kiger
Mesin 1.0 turbo yang digunakan Renault Kiger persis dengan kepunyaan Nissan Magnite

Dengan dibukanya pemesanan Renault Kiger, tentu ini jadi salah satu tanda kehadirannya ke Indonesia tidak lama lagi. Bila datang, maka para kompetitor seperti Nissan Magnite, Toyota Raize, dan Daihtasu Rocky wajib waspada.

Pasalnya dari sisi spesifikasi, semua mobil tersebut begitu mirip. Kelebihan Kiger ada di performa mesin, persis dengan punya Magnite.

Di atas kertas, mesin Kiger mampu melontarkan torsi puncak 160 Nm pada 2.800-3.600 rpm dan tenaga maksimal 100 PS pada 5.600 rpm. Performa itu mengalahkan kompetensi jantung mekanis Rocky dan Raize.

Kemudian yang juga menarik dari mobil merek Eropa ini, Kiger memiliki opsi mesin 1.0 liter tanpa turbo. Model ini sepertinya bakal pula masuk Indonesia, bila melihat bocoran dari Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Baca juga  Toyota Land Cruiser Terbaru Mulai Menampakan Diri

Dari lampiran peraturan tersebut, tampak empat varian yaitu: Kiger 1.0L RXT 4X2 A/T, Kiger 1.0L RXT 4X2 M/T, Kiger 1.0L Turbo RXZ 4X2 A/T, dan Kiger 1.0L Turbo RXZ 4X2 M/T. Jika versi tanpa turbo meluncur, tentu banderolnya bisa lebih murah lagi.

Bukan tidak mungkin Kiger 1.0 liter tanpa turbo tidak sampai Rp 200 jutaan. Prediksi ini mengacu pada harga Renault Triber di Indonesia yang pakai mesin sama.

Lewat berbagai keunggulan tersebut, bukan tidak mungkin Renault Kiger bakal jadi lawan kuat untuk Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Terlebih mobil ini sangat menarik buat konsumen yang tidak terlalu suka mobil pasaran.

Setelah tahu pemesanan Renault Kiger sudah dibuka, apakah kamu tertarik meminangnya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru