by

Berbagai Penyebab Lampu Sein Nyala Semua Secara Bersamaan

Penyebab Lampu Sein Nyala Semua –  Lampu sein adalah salah satu komponen wajib dari kendaraan bermotor. Lampu ini memiliki fungsi utama sebagai indikator ketika kendaraan akan berbelok, baik ke kiri maupun ke kanan. Dengan adanya indikator ini, pengendara lain bisa menjadi waspada dan bersiap mengantisipasi perubahan arah. Lampu sein akan menyala berkedip – kedip ketika pengendara menyalakannya.

Secara default, kebanyakan pabrikan memilih warna kuning untuk lampu sein, baik di mobil maupun di motor. Alasannya cukup sederhana, warna kuning bisa terlihat dari jauh baik pada siang hari maupun malam hari. Selain itu, warna kuning juga tetap terlihat jelas dalam kondisi hujan sekalipun.

Funsi Lampu Sein

Fungsi lampu sein

Adapun fungsi lampu sein secara keseluruhan antara lain:

  • Ketika kamu Tengah berkendara dan berada di pertigaan, perempatan, atau tikungan, kamu wajib memberikan tanda kemana kamu akan menuju. Ini penting untuk memberitahu  pengendara yang lain di semua posisi agar tidak menyalip dari arah tertentu.
  • Jika kamu merasa kendaraan di depannya terlalu lambat, kamu bisa menyalipnya dengan memberikan peringatan berupa lampu sein yang dinyalakan, sesuai dengan sisi mana yang akan kamu gunakan untuk menyalip.
  • Ketika kamu tengah menyalip kendaraan di depanmu dengan menggunakan lajur jalan dari arah berlawanan dan ternyata ada kendaraan dari arah berlawanan, kamu bisa minta jalan dengan menyalakan lampu sein. Harus dicatat bahwa kalau ini terjadi, tapi kamu sudah salah perhitungan dan tindakanmu membahayakan pengguna jalan lain.
  • Ketika kamu berkendara di jalan yang memiliki beberapa jalur, kamu harus memberikan peringatan ketika ingin pindah kejalurlainnya. Ini penting untuk memberitahukan kendaraan di belakangmu agar tidak menyalip terlebih dahulu.
Baca juga  Sistem Penerangan Sepeda Motor, Bikers Wajib Tahu

Mengingat pentingnya peran lampu sein bagi keselamatan, sangat penting untuk menjaga kondisinya agar selalu berfungsi. Masalah yang paling umum terjadi adalah bohlam mati. Solusinya cukup diganti saja. Tapi ada beberapa masalah yang lebih rumit, seperti ketika kedua lampu sein menyala bersamaan.

Baca Juga :

 

Beberapa Penyebab Lampu Sein Nyala Semua

Sein Nyala Semua

 

Ada beberapa penyebab lampu sein nyala semua, mulai dari modifikasi yang keliru sampai pergantian dari bohlam kelampu LED. Berikut adalah 7 penyebab lampu sein nyala semua:

  1. Flasher yang rusak. Flasher adalah komponen yang bertugas membuat lampu sein bisa berkedip. Secara teknis, flasher memberikan sinyal positif dengan frekuensi tertentu. Setiap kali flasher memberikan sinyal positif, maka lampu sein akan menyala. Jika flasher rusak, maka lampu akan menyala terus atau malah tidak bisa menyala sama sekali.
  2. Dudukan flasher dan konektor yang rusak. Salah satu penyebab lampu sein nyala semua bisa jadi adalah dudukan flasher dan cop (konektor) yang rusak. Kerusakan pada bagian ini akan membuat lampu sein gagal berfungsi sebagaimana mestinya. Selain bisa mengakibatkan lampu menyala terus, hal ini juga bisa mengakibatkan lampu tak bisa menyala sama sekali.
  3. Kabel yang rusak. Kabel berfungsi mengalirkan listrik dari pusat daya menuju lampu. Kalau terjadi masalah dengan kabelnya, sudah pasti lampu sein juga tak akan bisa menyala dengan baik, atau malah menyala semua. Rakitan yang kurang rapi atau salah sambung bisa menyebabkan kabel korslet atau malfungsi.
  4. Flasher Kadang flasher memang tidak kompatibel atau tidak cocok dengan lampu yang dipakai. Ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi jika flasher dan lampu tidak kompatibel, lampu tidak mau menyala, lampu menyala terus, dan lampu mati dengan saklar yang terbakar.
  5. Daya dan beban kelistrikan yang tidak sesuai. Aliran daya listrik yang sesuai juga dibutuhkan lampu untuk berfungsi secara normal. Jika daya listrik terlalu kecil sementara beban kelistrikannya kelewat besar, sudah pasti akan terjadi masalah. Demikian juga sebaliknya. Jika daya yang disuplai kelewat besar, lampu akan dipaksa menyala dengan beban yang lebih dari seharusnya. Selain membuat lampu cepat mati dan menyala terus, ketidak sesuaian daya listrik juga berpotensi membuat kerusakan di bagian motor lainnya. Aki menjadi boros, sementara bagian kelistrikan motor lainnya tidak mendapatkan daya yang seharusnya. Salah satu contohnya adalah ketika suara klakson jadi lemah.
  6. Modifikasi dari bohlam ke LED. Pergantian lampu dari bohlam ke LED juga sering menjadi penyebab lampu sein nyala semua. Hal ini sudah sering dialami para modifikator. Kesalahan yang dilakukan adalah tidak mengganti flasher dari bimetal menjadi elektronik. Pemasangannya pun harus benar sehingga fungsinya.
Baca juga  Sistem Penerangan Sepeda Motor, Bikers Wajib Tahu

Perawatan yang kurang. Yang terakhir, penyebab lampu sein nyala semua bisa jadi adalah karena kurangnya perawatan dari lampu sein itu sendiri. Pemeriksaan dan pembersihan secara berkala wajib dilakukan, setidaknya di bagian yang mudah terlihat. Perlakukan tuas sein dengan baik dan jangan kasar agar awet. Saklar di dalamnya juga bisa bertahan lama dengan perawatan yang baik dan penggunaan yang lembut.

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Terbaru