by

Perawatan Filter Udara Mobil Tidak Sulit, Lakukan Sendiri!

Selain mesin, perawatan filter udara mobil juga perlu diperhatikan oleh pemiliknya. Pasalnya, komponen ini memiliki peranan penting dalam memberikan performa yang mumpuni untuk mobil kesayangan kamu.

Melansir dari Auto2000, fungsi filter udara ini memiliki tugas utama yakni untuk menyaring udara yang masuk ke bagian mesin. Dalam kinerjanya, udara yang tercampur dengan debu dan kotoran akan disaring oleh komponen ini.

Dengan begitu, maka udara yang masuk akan menjadi lebih bersih dan tidak memberikan dampak yang negatif untuk kinerja mesin. Jika dibiarkan, maka udara yang sudah tercampur dengan beberapa polutan tadi akan menyumbat dan menyebabkan kinerja mobil menjadi tidak maksimal.

Bukan hanya itu, fungsi lain dari filter udara sendiri adalah ditujukan untuk menjaga kebersihan ruang pembakaran. Ketika ada kotoran yang menumpuk pada ruang mesin tanpa difilter akan menyebabkan masalah baru nantinya.

Dengan beberapa fungsi yang sudah kami berikan, sudah pasti kamu harus melakukan perawatan filter udara mobil secara berkala. Hal ini ditujukan untuk memberikan performa terbaik oleh mesin mobil kamu.

Sementara itu, mengenai jenisnya untuk filter udara mobil biasanya ada tiga macam yang sering digunakan. Pertama adalah yang menggunakan bahan baku dari kertas khusus yang dibuat kuat serta tidak mudah sobek.

Baca juga  10 Cara Reset Alarm Mobil, Pemilik Wajib Tahu!

Sedangkan untuk bahan yang keduanya, menggunakan wet foam di mana untuk bentuknya masih sama dengan filter kertas. Namun, pada filter jenis ini menggunakan desain yang berbeda dalam mengalirkan udaranya sehingga hasilnya lebih maksimal.

Pada filter jenis ini juga permukaannya dilapisi dengan oli yang berfungsi sebagai penangkap dari debu dan kotoran dari udara.

Bahan filter udara yang terakhir adalah yang menggunakan stainless steel di mana terbuat dari rajutan benang berbahan stainless. Dalam penggunaannya, filter jenis ini biasanya lebih mahal dari segi harga namun memiliki kualitas yang lebih maksimal.

Efek Tidak Melakukan Perawatan Filter Udara Mobil

perawatan filter udara mobil
filter udara mobil harus tetap bersih

Meski bukan menjadi komponen yang begitu vital dalam kendaraan, namun keberadaan filter udara tidak boleh diabaikan. Pasalnya, seperti yang sudah dijelaskan di atas jika filter udara tidak bekerja secara maksimal maka performa mesin terasa lebih lambat.

Salah satu masalah yang akan dihadapi oleh kamu jika tidak melakukan perawatan adalah mesin menjadi cepat panas. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan yang terjadi lantara kinerja filter udara tidak masksimal.

Selain itu, dampak yang akan sangat ‘menyiksa’ kamu ketika tidak melakukan perawatan filter udara mobil adalah efisiensi bahan bakar. Berdasarkan beberapa informasi, dalam hal ini perawatan filter yang tidak dilakukan secara berkala akan menimbulkan boros dalam penggunaan bahan bakar.

Baca juga  Jenis Air Wiper Untuk Mobil dan Rekomendasi Produk Terbaiknya!

Hal ini dikarenakan jika filter kotor maka putaran mesin rpm akan menjadi lebih lama dari keadaan normalnya. Sehingga, penggunaan bahan bakar juga menjadi lebih banyak.

Cara Melakukan Perawatan Filter Udara Mobil Sendiri di Rumah

perawatan filter udara mobil
cara perawatan filter udara mobil

Sejatinya untuk perawatan filter udara mobil bisa dilakukan seorang diri. Ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan dalam mengerjakannya. Namun yang harus diingat adalah rentang waktu dalam melakukan perawatan.

“Kalau hanya sebatas filter udara, ini bisa dikerjakan sendiri tanpa harus datang ke bengkel untuk membersihkannya,” buka Richard, pemilik bengkel A2 Speed Jakarta.

Kamu disarankan untuk melakukan pembersihan filter udara secara berkala tiap 10 ribu kilometer atau kurang. Biasanya, ini tergantung dari seberapa sering kamu memakai mobil dalam aktivitas sehari-hari. Semakin sering, maka perawatan berkalanya harus lebih aktif lagi untuk memberikan kinerja yang maksimal.

Perawatan filter udara mobil berbahan kertas bisa dibersihkan dengan cara menyemprotkan aliran udara bertekanan. Biasanya, untuk membersihkannya menggunakan kompresor di mana angin dari mesin tersebut ampuh membersihkan debu dan kotoran.

Namun jika filter udara yang kamu gunakan menggunakan bahan stainless steel tadi, untuk membersihkanya harus dicuci menggunakan air bersih. Bilas semua permukaan sampai ke sela-sela stainless steel sampai bersih.

Baca juga  Kenali Gejala Steering Rack Avanza Bermasalah

Namun harus diingat dalam membersihkan menggunakan air jangan terlalu lama merendam filter udara tersebut. Hal ini akan merusak lapisan baik itu benang yang menjadi penyaring atau bahan lainnya sehingga kamu bisa melakukan dengan cara cepat, singkat dan padat.

“Untuk melakukan pembersihan, sebisa mungkin menggunakan air yang bersih dan hati-hati kalau ada minyak yang masuk ke dalam air. Takutnya ini akan menjadi masalah dalam mencuci filter udara,” tambah Richard.

Jika kamu menggunakan filter udara mobil yang biasa, maka biasanya untuk jarak pemakaiannya bertahan sampai 40 ribu kilometer. Namun, jika menggunakan filter udara berbahan stainless stell, ini biasanya penggunaannya dapat lebih lama karena memang dirancang lebih kuat.

Namun kalau memang kamu tidak memiliki waktu luang untuk melakukan perawatan filter udara mobil, kamu bisa manfaatkan dalam perawatan mobil secara berkala untuk sekaligus mengecek komponen ini. Dan yang penting untuk diingat adalah selalu menggunakan filter udara mobil yang berkualitas, jangan yang abal-abal ya!

Untuk informasi otomotif terkini, simak terus moladin.com

Terbaru