Perawatan Gear dan Rantai Motor ala Moladin, Usia Komponen Bisa Makin Awet!

Halo, sobat Moladin! Bagaimana kabar kalian, mudah-mudahan sehat selalu ya. Iya, dong pastinya harus selalu sehat, supaya bisa rutin ngurusin motor kesayangan. Jangan sampai absen dalam merawat motor keren kalian ya, sob. Soalnya nih, keawetan motor kalian bergantung pada perawatan yang kalian lakukan.

Komponen Yang Memerlukan Perhatian Lebih

Kondisi Terlihat Sangat Kotor Akibat Jarang Dibersihkan

Contohnya gear dan rantai motor, harus sering kalian cek dan rawat supaya awet dan tidak sampai putus di tengah jalan. Baiknya perawatan gear dan rantai motor itu dilakukan seminggu sekali ya, sob. Atau buat kalian yang jarang-jarang pergi jauh pakai motor, baiknya perawatan dilakukan setiap 1.000 km.

Kalian perlu membersihan gear dan rantai dari debu-debu yang menempel kemudian melumasinya. Gimana gak banyak debu kalau sudah dipakai sampai 1.000 km kan, sob.

 

Set Gir & Rantai Yamaha RX-King

 

Gunakan Pembersih Yang Direkomendasikan

Cairan Pembersih Rantai Cukup Ampuh Mengusir Debu Dan Oli Yang Melekat

Nah, untuk membersihannya gampang saja kok. Kalian bisa memakai cairan pembersih rantai atau chain cleaner, serta kuas atau sikat yang lembut. Setelah gear dan rantai tersebut selesai kalian bersihkan, kemudian keringkan dengan baik. Setelah itu sebagai finishing, semprot dengan chain lube atau pelumas rantai sampai seluruh komponen gear dan rantai terlumasi seluruhnya.

Pantangan dalam merawat gear dan rantai adalah menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai yang sudah dibersihkan. Oli bekas itu kan mengandung banyak kotoran hasil pembakaran mesin, masa iya rantai yang sudah bersih mau kalian polesin dengan oli yang kotor. Menggunakan oli bekas malah akan mengundang kotoran dan debu untuk melekat lebih erat di gear dan rantai motor kesayangan. Bukannya awet, rantai kalian malah akan cepat rusak.

 

Pelumas Rantai Yamalube

 

Rilis Di Thailand, Yamaha All New MT-15 Terlihat Makin Impresif!

 

Perhatikan Tegangan Rantai Motor

Setelan Rantai Motor
Cek Secara Rutin Setelan Rantai Motor Agar Tegangan Rantai Dapat Sesuai

Satu lagi, sob. Karena rantai berfungsi sebagai penggerak roda, maka rantai motor kalian akan cukup rentan sama pergeseran. Kalau dibiarkan rantai kalian bisa kendor dan lepas dari gear. Untuk menghindarinya kalian perlu menyetel lagi baut pada bagian belakang arm ya, sob.

Itu dia cara merawat gear dan rantai motor dari Jinny. Gampang, kan! Oiya, kalian bisa mendapatkan cairan pembersih dan pelumas rantai ini di fitur perawatan Moladin. Tinggal klik beli, dan cairan pembersih dan pelumas kamu akan diantar sampai ke rumah. Mudah dan cepat! Moladin memang paling tahu yang kalian mau.

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *