Perbedaan Mesin Yamaha Nmax 2020 Vs Nmax Lama, Lebih Bertenaga!

Perbedaan Mesin Yamaha Nmax 2020 – Walau kapasitasnya sama, jangan anggap mesin Nmax baru serupa dengan yang lama. Ternyata pabrikan garputala memberi banyak revisi supaya performa skutik bongsor rival Honda PCX ini semakin istimewa.

Apakah mesin Nmax baru pakai punya Aerox? Bukan. Yamaha mengklaim ini sebagai pengembangan anyar yang lebih canggih dengan fitur berlimpah. Ingin tahu perbedaan mesin Yamaha Nmax 2020 Vs Nmax Lama? Simak bahasan berikut:

Lebih Bertenaga 

perbedaan mesin yamaha nmax 2020
Tenaga maksimal Nmax baru mencapai 15,15 hp pada 8.000 rpm, sebelumnya 14,8 hp pada 8.000 rpm.

Di atas kertas, kapasitas mesinnya memang tidak berubah. Mesin Nmax baru masih mengandalkan kapasitas 155 cc, satu silinder, SOHC, dan berpendingin cairan. Teknologi katup variabel (VVA) juga terbenam untuk memberikan performa terbaik di berbagai rentang putaran mesin.

Lalu apa perbedaan mesin Yamaha Nmax 2020? Di bagian air cleaner box ternyata dirancang lebih besar. Kemudian kepala silinder punya desain baru dengan katup intake besar. Tidak ketinggalan ruang bakar (combustion chamber) dibuat kompak. Plus penggunaan piston YZF-R15.

Berbagai revisi tersebut membuat jantung mekanis Nmax terbaru lebih bertenaga. Sebelumnya, tenaga maksimal cuma 14,8 hp pada 8.000 rpm. Kini tenaganya menjadi 15,15 hp pada 8.000 rpm.

Hanya saja untuk torsi ternyata dibuat lebih kecil. Tadinya 14,4 Nm pada 6.00 rpm, kini 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Entah apa alasannya, walau demikian performa itu tetap lebih baik dibandingkan kompetitor, Honda PCX.

Baca juga:

 

Perbedaan Mesin Yamaha Nmax 2020, Lebih Halus Saat Distarter

SMG menjadikan suara mesin lebih halu saat distarter

Perbedaan mesin Nmax 2020 selanjutnya adalah kehadiran smart motor generator (SMG). Layaknya Maxi Yamaha lain: Lexi, Aerox, dan Xmax, Nmax terbaru juga dapat SMG. Apa fungsi fitur tersebut?

SMG berperan supaya suara motor lebih halus saat tombol starter di tekan. Dengan SMG, diharapkan bunyi-bunyi yang mengganggu bisa hilang.

Ada Fitur Penghemat Bahan Bakar

perbedaan mesin yamaha nmax 2020
SSS juga bisa dinonaktifkan jika dianggap menggangu

Perbedaan mesin Nmax 2020 berikutnya, kehadiran stop & start system (SSS). Fitur ini dihadirkan untuk menghemat konsumsi bahan bakar Nmax terbaru. Cara kerjanya, SSS menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti. Mesin aktif kembali saat selongsong gas diputar.

Fitur SSS sebelumnya juga sudah dimiliki Maxi Yamaha lain. Bahkan SSS dimiliki oleh skutik entry level pabrikan garputala seperti Yamaha Mio, Soul GT, Fino, dan lain-lain.

Perbedaan Mesin Yamaha Nmax 2020, Punya Kendali Traksi

Kendali traksi mencegah roda belakang spin saat berakselerasi

Kendali traksi atau traction control system (TCS) terbenam di Yamaha Nmax baru. Fitur ini istimewa lantaran untuk kelas 150 cc, skutik bongsor pabrikan garputala jadi pionernya di Indonesia. Apa guna TCS?

Kendali traksi berfungsi mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan saat motor berakselerasi. Cara kerja TCS dengan memotong aliran tenaga ke roda belakang, sehingga sesuai kebutuhan.

Di Maxi Yamaha, TCS sendiri bukan fitur baru. Xmax dan Tmax sudah lebih dulu memakainya. Kehadiran fitur ini di Nmax, artinya tidak menutup kemungkinan Aerox bakal mengaplikasikannya dalam waktu dekat.

Lewat pembahasaan di atas, sudah paham kan perbedaan mesin Yamaha Nmax 2020 vs Nmax lama? Bagaimana menurut kamu dengan revisi ini? Jangan lupa tulis pendapat di kolom komentar ya!

Buat kamu yang tertarik membeli motor Yamaha terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *