by

5 Perbedaan MG ZS dan MG HS, Beli yang Mana?

Pasti banyak dari kalian yang belum mengenal mobil MG ZS dan MG HS. Hal ini wajar, lantaran merek MG baru seumur jagung di Indonesia. Pertama kali meluncur pada Maret 2020, bertepatan dengan kedatangan pandemic Virus Korona.

Buat kamu yang belum tahu MG, mereka adalah merek mobil Inggris. Hanya saja kini kepemilikannya dipegang oleh SGMW asal Cina. Alhasil MG jadi saudara dekat dari Wuling.

Meski usianya belum menginjak satu tahun di Indonesia, namun mereka telah memiliki dua produk yang bernama MG ZS dan MG HS. Keduanya juga punya banyak kemiripan. Sebut saja sama-sama berada di kelas SUV, pakai mesin 1.500 cc, dan Cuma mampu menampung kapasitas 5-orang di dalam kabin.

Lalu apa perbedaan dua mobil SUV MG tersebut? Supaya kamu tidak salah pilih, berikut kami beberkan perbandingan MG ZS dan MG HS secara komprehensif:

1. MG HS Punya Dimensi Lebih Bongsor Dibanding MG ZS

MG ZS dan MG HS
Tampilan MG HS memang sekilas sangat mirip MG ZS

Jika kamu melihat secara sepintas, MG ZS dan MG HS sungguhlah mirip. MG memberinya grille depan besar yang menampilkan kesan gagah. Kemudian grille tersebut tampak terintegrasi dengan lampu utama. Desain seperti ini agak mirip dengan mobil-mobil Mazda.

Ciri khas lain dari kedua mobil MG ini, tersedia roof rail untuk meletakkan barang bawaan yang tidak muat di dalam kabin. Meski punya banyak kesamaan, tapi kalau dilihat secara detail, bedanya banyak.

Kalau dilihat dari spesifikasi MG ZS, tampak lebih mungil dengan dimensi panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.625 mm. Ukuran peleknya cuma 17 inci untuk varian tertinggi. Di Indonesia, rivalnya adalah Honda HR-V dan Mazda CX-3. Dengan spesifikasi tersebut mobil ini lebih cocok untuk dipakai di dalam kota, selap-selip kepadatan jalan.

Berbeda dengan MG HS yang punya dimensi bodi lebih bongsor, efeknya mobil tersebut lebih nyaman ketika diajak keluar kota sekalipun. Di atas kertas panjangnya mencapai 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm. Ukuran peleknya 18 inci khusus varian tertinggi.

Baca juga  Wuling Almaz RS Resmi Diperkenalkan, Canggih!

Tabel Spesifikasi Dimensi MG ZS dan MG HS

 

MG ZS

MG HS

Panjang (mm)

4.314 mm

4.574 mm

Lebar (mm)

1.809 mm

1.876 mm

Tinggi (mm)

1.624 mm

1.664 mm

Jarak Sumbu Roda (mm)

2.585 mm

2.720 mm

Berat (Kg)

1.258 Kg

1510~1570 Kg

Kapasitas Tangki Bahan Bakar (Liter)

48 Liter

55 Liter

Ukuran Ban

215/50 R17

235/50 R18

2. Fitur Kenyamanan MG ZS Vs MG HS

interior mg zs
MG ZS merupakan salah satu mobil yang dilengkapi power steering dan bisa diubah bobot kemudinya sesuai kebutuhan pengendara.

Baik MG ZS dan MG HS memang memiliki fitur kenyamanan yang cukup oke. Di varian tertinggi sama-sama telah ada panoramic sunroof, head unit layar sentuh, push start engine button, cruise control, hingga power window.

Hanya saja di MG HS jauh lebih berlimpah fitur kenyamanannya dibanding ZS. Sebut saja tambahan seperti jok kulit dengan baris pertama pakai gaya semi bucket seat. Ukuran head unit yang lebih besar, mencapai 10 inci, hingga sistem 3D sound system.

Tidak ketinggalan di MG HS memiliki ambient light dengan 64 pilihan warna. Fitur ini tentu membuat kabin terasa semakin nyaman, terutama pada malam hari. Ditambah lagi MG memberi air filter PM 2.5 untuk menjagai kesegaran kabin. Rival MG HS di Indonesia adalah Mazda CX-5 dan Honda CR-V.

3. Fitur Keselamatan Berlimpah di MG HS

Interior MG HS
Interior MG HS terlihat lebih sporty dan elegan

Tidak hanya unggul dari sisi kenyamanan, fitur keselamatan MG ZS dan MG HS juga cukup baik. Sama-sama telah dilengkapi anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), electronic brake assist (EBA), stability control system (SCS), curve brake control (CBC), traction control system (TCS), hill start assist system (HAS), emergency stop signal (ESS), dan 6 airbags.

Baca juga  Babak Baru Kasus DFSK Glory 580 Tak Kuat Nanjak

Meski demikian, lagi-lagi MG HS yang berada satu kelas di atas mendapat banyak tambahan. Sebut saja auto vehicle hold (AVH), door open warning (DOW), electronic differential system (XDS), hill descent control system (HDC), motor control slide retainer (MSR), anti rolling program (ARP), serta masih banyak lagi.

Dengan fitur keselamatan lebih mumpuni, tentu berkendara dengan MG HS lebih percaya diri.

4. Mesin MG ZS dan MG HS Sama-Sama 1.500 cc

MG ZS dan MG HS
MG ZS belum pakai mesin turbo

Walau sama pakai mesin kapasitas 1.500 cc, namun perbedaan keduanya nyata. MG ZS belum pakai turbo. Sementara MG HS sudah memilikinya.

Dengan demikian, performa MG ZS dan MG HS berbeda jauh. SUV yang bodinya lebih bongsor alias HS mampu melontarkan torsi puncak hingga 250 Nm pada 1.700 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 162 PS pada 5.600 rpm. Mobil turbo ini juga mendapat padanan transmisi Twin Clutch Sportronic 7-percepatan (otomatis).

Lebih menariknya lagi, ada tambahan driving mode dengan super sport button. Fitur ini mampu memungkinkan kamu berkendara menggunakan performa terbaik yang dipunya MG HS. Hadir pula paddle shift control system untuk merasakan sensasi perpindahan gigi manual jika dibutuhkan.

Sementara MG ZS yang tidak pakai turbo, cuma mampu melontarkan torsi 150 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga 114 PS pada 6.000 rpm. Transmisi yang digunakan adalah 4-percepatan otomatis. Mobil mungil tersebut memiliki fitur adjustable electric steering untuk mengatur bobot kemudi sesuai kebutuhan.

Tabel Performa Mesin MG ZS dan MG HS

 

MG ZS

MG HS

Tipe Mesin

15S4c DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi – Tech

DOHC 4 Cylinder 16 Valve Turbo TGI

Sistem Injeksi

Multi – Point Fuel Injection

GDI – Gasoline Direct Injection

Kapasitas Mesin (cc)

1.498 cc

1.490 cc

Bore X Stroke (mm)

75 x 84.8

74 x 86,6

Rasio Kompresi

11.5 : 1

10 : 1

Tenaga Maksimal

114 PS / 6000 rpm

162 PS / 5.600 rpm

Torsi Puncak

150 Nm /4500 rpm

250 Nm / 1700-4.400 rpm

Baca juga  Beda 3 Varian Kia Seltos, Mana yang Sebaiknya Dibeli?

5. Harga MG ZS dan MG HS

Harga MZ ZS lebih murah
Mobil MG sampai saat ini masih didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap dari MG ZS dan MG HS di atas, tentu kamu sudah bisa tahu perbedaannya. MG ZS memang dirancang satu kelas di bawah MG HS. Ciri khasnya punya dimensi lebih mungil, performa mesin lebih lemah, serta fitur yang tidak terlalu banyak.

Meski demikian, bukan berarti MG ZS tidak punya keunggulan. Dengan bodi mungil, tentu mobil ini lebih menyenangkan untuk dipakai selap-selip melibas kepadatan jalan. Selain itu, harga MG ZS lebih murah. Mulai Rp 261,8 juta (OTR Jakarta) untuk varian Excite dan Rp 295,8 juta (OTR Jakarta) khusus varian Ignite.

Bandingkan dengan MG HS yang dijual mulai Rp 375,8 juta (OTR Jakarta) untuk varian Excite dan Rp 435,8 juta (OTR Jakarta) khusus varian Ignite. Soal kelebihan MG HS, sudah tidak perlu diragukan lagi. Kendaraan ini bukan cuma andal di dalam kota, tapi juga sangat nyaman untuk menembus berbagai medan jalan di luar kota.

 

MG ZS

MG HS

Varian Excite

Rp 261,8 juta (OTR Jakart)

Rp 375,8 juta (OTR Jakarta)

Varian Ignite

Rp 295,8 juta (OTR Jakarta)

Rp 435,8 juta (OTR Jakarta)

Baik MG ZS dan MG HS, jika konsumen melakukan pembelian maka otomatis mendapat layanan MG Care alias garansi 5 tahun dan gratis ganti oli dan suku cadang hingga 50 Km. Menarik bukan?

Usai mengetahui perbedaan MG ZS dan MG HS, kira-kira mobil apa yang lebih tertarik untuk kamu punya? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Terbaru