5 Perbedaan Yamaha Fino Vs Fascino 125, Skutik Retro Beda Negara!

Yamaha Fino Vs Fascino 125 – Demam motor retro bukan cuma ada di Tanah Air. Contohnya di India, pabrikan meluncurkan motor matik retro terbaru bernama Fascino 125.

Bila melihat segmentasi, Yamaha Fascino 125 agaknya mirip dengan Yamaha Fino 125 di Indonesia yang ada di kelas skutik retro. Kemudian keduanya berbagi basis mesin serupa, kapasitas 125cc, satu silinder, berpendingin cairan, dan berteknologi Blue Core.

Walau mirip, tapi ternyata Yamaha Fascino dan Fino 125 banyak beda. Ingin tahu detailnya? Simak perbedaan Yamaha Fino Vs Fascino 125 berikut ini:

1. Desain Yamaha Fascino Lebih Retro

yamaha fino vs fascino 001
Yamaha Fascino 125 masih pakai teknologi bohlam untuk lampu depan


Aura retro lebih tampak di Yamaha Fascino. Sisi ini tampak lewat lampu depan yang masih menempel di batok, bukan di tameng seperti Fino. Kemudian bodi motor matik India juga lebih membulat dan minim sudut.

Kemudian, sisanya hampir mirip. Panel instrumen keduanya masih analog. Lalu desain lampu depan juga tidak bulat sempurna. Yamaha Fino dan Fascino 125 punya lampu berbentuk agak seperti berlian atau Yamaha Indonesia menyebutnya diamond cut lens, sementara Yamaha India mengatakan ini sebagai concave lens.

Baca juga:

2. Yamaha Fino Vs Fascino 125, Motor Matik India Pakai Ban Lebih Kecil

yamaha fino vs fascino
Roda depan Yamaha Fascino 125 pakai ukuran 12 inci dan belakang 10 inci


Perbedaan lain dari kedua skutik retro tersebut, ada di ukuran ban. Yamaha Fino 125 menggunakan roda 14 inci. Di bagian depan ukurannya 80/80 dan belakang 100/70.

Yamaha Fascino 125 beda lagi, motor India ini pakai ukuran roda 90/90-12 inci di depan. Jika dilihat sekilas, ban tersebut mirip Honda Scoopy. Hanya saja di bagian belakang beda, Fascino mengandalkan ukuran yang lebih kecil lagi, 110/90-10 inci.

3. Ada Fitur UBS yang Mirip CBS, di Yamaha Fascino 125

yamaha fascino 125 india
UBS mengintegrasikan rem depan dan belakang dalam satu tuas


Soal pengereman, Yamaha Fascino 125 tampak tidak jauh beda dari Yamaha Fino 125. Kedua skutik tersebut dilengkapi rem cakram depan dan teromol di belakang.

Hanya saja, ada keistimewaan di Fascino. Yamaha India memberi fitur UBS. Di atas kertas, cara kerjanya mirip combi brake system (CBS) yang dipunya Honda. Fitur CBS berguna mengintegrasikan rem depan dan belakang dalam satu tuas. UBS diklaim mampu mengurangi jarak pengereman.

Kalau soal sistem pencahayaan, Fascino 125 belum ada LED. Fitur yang sama dengan Fino adalah stop & start system (SSS), berguna menghemat konsumsi bahan bakar.

4. Bagasi Yamaha Fino Vs Fascino 125, Motor Matik India Kompartemen Bawah Joknya Sangat Luas

Bagasi Yamaha Fascino mampu memuat helm full face


Keistimewaan lain dari Yamaha Fascino, punya bagasi luas. Kapasitas tempat penyimpanan di bawah joknya mencapai 21 liter, mampu menyimpan helm full face.

Bandingkan dengan bagasi Yamaha Fino 125 yang bagasinya cukup sempit yaitu 8,7 liter. Di dalamnya tidak bisa meletakkan helm, cuma jas hujan dan berbagai peralatan kecil untuk berkendara.

5. Harga Motor Matik Retro Mana yang Lebih Murah?

alasan beli yamaha fino
Yamaha Fino Sporty (kiri) dan Yamaha Fino Premium (kanan)


Meski sama-sama retro dan berkapasitas mesin 125cc, namun harga keduanya jauh beda. Yamaha Fascino 125 di India dijual mulai Rs 66,430 atau setara Rp13 jutaan.

Harga tersebut jauh lebih murah dibanding Yamaha Fino. Di Indonesia, motor matik ini dipasarkan mulai Rp18.58 juta (OTR Jakarta). Bahkan untuk versi Fino Grande, harganya lebih mahal lagi mencapai Rp19.74 juta (OTR Jakarta).

Jadi, kalau keduanya masuk Indonesia, motor matik retro apa yang kamu pilih? Tertarik membeli motor-motor matik Yamaha terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo, langsung klik di sini!

Baca Juga :

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *