by

5 Perbedaan Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater, Jangan Keliru!

Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater, keduanya merupakan mobil SUV yang dijual di Indonesia. Meski punya basis serupa, namun masing-masing memiliki keistimewaan.

Bukan cuma berbeda konfigurasi bangku. Di mana versi 7-seater memiliki tiga konfigurasi bangku. Sementara versi 5-seater cuma mengandalkan dua baris bangku.

Selanjutnya Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater juga berbeda di fitur. Seperti kehadiran AC double blower dan Head unit yang lebih besar untuk versi 7-Seater. Walau begitu, Sonet 5-Seater bukan berarti tidak punya keunggulan, karena sunroof cuma ada di model tersebut.

Kemudian harga dua varian mobil SUV ini juga berbeda. Lebih mahal untuk versi 7-seater. Seberapa mahal mobil yang jadi rival Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander tersebut? Buat kamu yang ingin tahu lebih detail soal Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater, berikut daftar 5 perbedaannya:

1. Konfigurasi Bangku

kia sonet 7-seater vs 5-seater
Kia Sonet 7-Seater akan berhadapan dengan kompetitor seperti Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross di Indonesia

Jika dilihat dari sisi dimensi, sesungguhnya Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater tidak berubah. Mobil SUV ini masih ringkas dengan memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.642 mm.

Walau demikian, ketika masuk ke dalam kabin akan kelihatan jelas bedanya. Versi 7-seater memiliki tiga baris bangku dan sanggup menampung 7-orang di dalam kabin. Hanya saja memang di bangku paling belakang, akan lebih nyaman buat penumpang dengan postur tubuh tidak terlalu bongsor.

Baca juga  Toyota Fortuner Hybrid Siap Meluncur, Sebentar Lagi?

“Mobil ini sebenarnya memang tidak tambah panjang. Jadi perubahan yang sangat besar di lantai, dan lantainya diturunkan serta ban serep dipindahkan. Kenapa di rendahkan, memungkinkan bangku baris kedua recline (digeser), dan baris ketiga itu bisa ditaruh kursi dan ada ruang untuk kaki,” kata Marketing and Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo dalam sesi konferensi pers, Kamis (8/4/2021).

Ada pula fitur one touch tumble untuk pelipatan baris kedua dengan satu tombol. Dengan begitu, penumpang paling belakang bisa mudah keluar dan duduk di bangku baris ketiga.

2. AC Double Blower Hadir di Sonet 7-Seater

kia sonet 7-seater vs 5-seater
Kia Sonet 7-Seater memiliki AC Double Blower

Bicara fitur yang dihadirkan, Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater juga berbeda. Ambil contoh untuk memberikan kesejukan optimal hingga ke penumpang baris ketiga, maka kini dihadirkan AC double blower khusus untuk model 7-seater.

Fitur tersebut tidak dipunya oleh Sonet 5-Seater yang cuma punya dua baris bangku. Jadi terlihat bedanya kan?

3. Sunroof Cuma Ada di Sonet 5-Seater

kia sonet 5-seater sunroof
Sunroof hadir sebagai pembeda di Kia Sonet 5-Seater, kemudian warna bodinya juga ada opsi two tone

Kia Sonet 5-Seater juga memiliki keunggulan yang tidak dipunya versi 7-Seater. Sebut saja sunroof, fitur ini berguna untuk membuat kabin terasa lebih lapang. Selanjutnya sunroof juga bisa dimanfaatkan melihat keindahan alam ketika berkendara, tanpa perlu buka kaca.

Baca juga  Toyota Raize Punya Varian GR Sport?

Tidak adanya sunroof di Sonet 7-Seater diklaim lantaran kehadiran AC double blower. Alhasil tidak ada tempat untuk meletakkan fitur tersebut di atap mobil.

Kemudian khusus Sonet 5-Seater tersedia pilihan warna eksterior two tone. Artinya antara bodi dan atap berbeda warna.

4. Ukuran Head Unit Berbeda

head unit kia sonet 7-seater
Sonet 7-Seater pakai head unit besar ukuran 10,25 inci

Perbedaan Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater selanjutnya ada di ukuran head unit. Khusus varian tertinggi atau Premiere, Sonet versi 7-penumpang mendapatkan head unit layar sentuh besar berukuran 10,25 inci.

Head unit tersebut mampu terkoneksi dengan ponsel pintar melalui fitur Android Auto dan Apple CarPlay. Lalu yang tidak kalah menarik, mampu menampilkan kompas dan arah kiblat.

Sementara Sonet 5-Seater di varian tertinggi cuma memiliki head unit dengan ukuran 8 inci. Serta tidak memiliki fitur kompas serta petunjuk arah kiblat layaknya di versi 7-seater.

Lalu untuk fitur-fitur lain di Sonet 7-Seater Vs 5-Seater hampir sama. Varian tertingginya pakai keyless entry dan start stop engine. Ada pula speaker dari Bose. Lalu soal keselamatan, dilengkapi anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), hingga stability control (ESC), serta hill assist control (HAC).

5. Harga Kia Sonet 7-Seater Vs 5-Seater

Kia Sonet 7-Seater vs 5-Seater
Sonet 7-Seater dan 5-Seater total memilik 11 varian dengan rentang harga yang beragam

Bicara harga, Kia Sonet 7-Seater tentu lebih mahal dibanding 5-Seater. SUV keluarga ini dijual mulai Rp 199,5 juta (OTR Jakarta) untuk varian Standard dan yang paling mahal Rp 296 juta (OTR Jakarta) khusus varian Premiere 7 iVT.

Baca juga  Tanpa Diskon PPnBM, Penjualan Pajero Sport Kalahkan Fortuner

Sementara harga Kia Sonet 5-Seater mulai Rp 193 juta (OTR Jakarta) untuk varian Standard MT dan paling tinggi Rp 289 juta (OTR Jakarta) untuk varian Premiere iVT.

Baik Sonet 7 Seater Vs 5-Seater sama-sama dibekali mesin 1.497 cc yang punya performa mantap. Di atas kertas mampu melontarkan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm. Padanannya adalah transmisi iVT, ada pula pilihan 6-percepatan manual.

Usai mengetahui perbedaan keduanya, kamu lebih pilih yang mana? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Varian

Kia Sonet 7-Seater

Kia Sonet 5-Seater

Standard MT

Rp 199,5 juta (OTR Jakarta)

Rp 193 juta (OTR Jakarta)

Active MT

Rp 204,5 juta (OTR Jakarta)

Smart MT

Rp 245,5 juta (OTR Jakarta)

Rp 238,5 juta (OTR Jakarta)

Smart iVT

Rp 258,5 juta (OTR Jakarta)

Rp 251,5 juta (OTR Jakarta)

Dynamic iVT

Rp 272 juta (OTR Jakarta)

Rp 265 juta (OTR Jakarta)

Premiere iVT

Rp 296 juta (OTR Jakarta)

Rp 289 juta (OTR Jakarta)

Terbaru