oleh

Perhatikan Saat Memilih Karpet Mobil, Jangan Salah Beli

Memilih karpet mobil memang tidak susah, namun masih banyak pemilik mobil yang asal-asalan. Karpet mobil merupakan salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan. Meski keberadaanya untuk alas kaki, jenis, dan warna yang dipilih sangat mempengaruhi kenyamanan penumpang dan estetika sebuah mobil.

Saat beli mobil baru memang sudah ada karpet yang disediakan oleh pabrikan atau diler penjual mobilnya. Namun mayoritas karpet bawaan dari pabrikan otomotif berjenis bludru. Alhasil, karpet mobil yang terbuat dari bahan bludru tersebut mudah kotor dan susah dibersihkan.

Dalam hal memilih karpet mobil ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selain jenis materialnya, tekstur dan warna juga menjadi pertimbangan yang wajib diperhatikan.

Jenis bahan karpet mobil

  • Bahan bludru

memilih karpet mobil
Karpe mobil jenis bludru susah dibersihkan.

Karpet mobil dengan jenis material bludru ini umumnya kita temui saat membeli mobil baru. Seperti contohnya mobil Toyota Avanza.

Jenis bahan bludru ini akan sangat mudah terkena kotoran baik itu kotoran jenis debu atau air. Jika sudah terkena kotoran karpet jenis ini harus sesegera mungkin dibersihkan agar kotoran tidak membekas dan merusak bagian atasnya, bahkan bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Namun untuk produk aftermarket, karpet jenis bludru ini dijual dengan harga yang lumayan mahal. Sebab biasanya konsumen yang memilih jenis karpet ini diperuntukkan untuk mobil-mobil premium dan pemilik mobil harus resik.

  • Bahan karet

memilih karpet mobil_
Karpet mobil dengan bahan karet lebih awet dan mudah dibersihkan.

Karpet dengan bahan karet ini banyak diminati oleh pemilik mobil, selain materialnya yang terbuat dari karet yang notabennya mudah dibersihkan saat terkena kotoran, tahan air, serta beragam corak dan warnanya.

Harganya bermacam-macam, tergantung merek dan ketebalan materialnya. Sebab, banyak juga dijual karpet mobil berbahan karet dengan harga murah namun materialnya tipis dan ukurannya tidak sinkron dengan jenis mobilnya.

  • Bahan PVC

memilih karpet mobil__
Karpet mobil jenis PVC mudah dibersihkan dan teksturnya unik.

Karpet mobil dengan bahan jenis PVC banyak diminati pemilik mobil. Bukan tanpa alasan, selain harganya yang tidak terlalu mahal, karpet dengan jenis bahan PVC ini memiliki banyak pilihan warna.

Teksturnya unik dan diklaim lebih higienis dari jenis material karpet mobil lainnya. Selain itu, karena teksturnya yang unik, membuat pijakan kaki lebih nyaman saat menginyaknya. Terasa lebih empuk.

  • Bahan sintetis

memilih karpet mobil
Meski banyak pilihan desain, karpet mobil sintetis umurnya bermaterial tipis.

Karpet mobil dengan bahan sintetis sebenarnya hampir mirip dengan bahan material plastik. Harganya lebih terjangkau dari karpet mobil yang menggunakan bahan jenis plastik atau sintetis.

Namun konsekuensinya karpet dengan bahan sintetis ini umurnya tidak selama atau tidak seawet karpet mobil yang berbahan karet.

“Memilih karpet mobil yang paling utama adalah disesuaikan ukurannya dengan mobil yang digunakan, pilih dengan material yang agak tebal, karena jika tipis maka karpet akan mudah bergeser saat dipijak kaki dan akan mengganggu kenyamanan. Selain itu pilih warna yang senada dengan warna interior mobil supaya enak dilihat,” terang Panji, salah satu pemilik toko aksesoris mobil dibilangan Blok M saat kami hubungi via telefon. (10/8/2021).

Moladiners, itulah ulasan mengenai memilih karpet mobil. untuk informasi seputar otomotif yang menarik simak terus Moladin.com.

Terbaru