by

5 Pilihan Shock Belakang Yamaha NMAX Terbaik

Banyak pengguna Yamaha NMAX yang mengeluhkan kerasnya bantingan shock belakang NMAX. Apalagi motor yang digunakan merupakan generasi pertama. Ditambah lagi saat berkendara melewati jalan bergelombang atau tidak rata.

Sebagai gambaran buat kamu, Nmax lawas belum dilengkapi suspensi belakang jenis tabung. Kemudian karakternya juga cenderung agak keras, karena mengikuti standar global.

“Bantingannya bikin perut dikocok-kocok, keras banget cuy! Reboundnya terlalu cepat makanya jadinya begitu,” curhat Andre, salah satu pengguna Yamaha NMAX.

Nah solusi yang paling tepat mengatasi masalah ini adalah mengganti shock belakang Nmax dengan versi aftermarket yang sudah ada dipasaran. Pilihannya sungguh beragam, baik itu merek dan jenis.

Apa saja sih pilihannya? Biar enggak penasaran mari kita langsung cek shock belakang Nmax terbaik berikut ini:

1. Ohlins

shock belakang nmax ohlins
Ohlins merupakan pilihan tepat untuk shock belakang Yamaha Nmax.

Seakan tak mau ketinggalan, perusahaan yang berasal dari Swedia ini langsung membuatkan shock belakang khusus untuk motor Yamaha NMAX. Kelebihannya memiliki dual fitur compression adjuster dan preload adjuster. Kalau kamu penasaran, tipenya adalah YA 110025. Soal kualitas, tidak perlu dikhawatirkan karena diakui oleh banyak bikers yang menggunakannya.

“Bantinganya bisa diatur sesuka hati lewat fitur tadi, apalagi pernya ini sudah pakai yang 16 newton meter, yang artinya enggak terlalu keras untuk dipakai harian atau turing,” jelas Paruli dari Ohlins Indonesia yang menjualnya dengan harga Rp 6 jutaan.

Baca juga  9 Rekomendasi Motor Paling Irit BBM di Indonesia

2. KTC Extreme

shock belakang nmax terbaik ktc extreme
Harga shock KTC cukup terjangkau, tapi kualitasnya oke.

Produsen aksesoris dan parts racing asal Indonesia juga tak mau ketinggalan, hadir dengan nama KTC Extreme. Shock belakang untuk Yamaha NMAX ini sudah dibekali dengan 3 setingan sekaligus, rebound adjuster, compression adjuster dan terahir preload adjuster.

Shockbreaker buatan KTC ini tak bisa dipandang sebelah mata, karena ketiga fitur tadi memang mampu meningkatkan performa berkendara. Jika sudah pakai, sangat mungkin Nmax 155 kamu dipakai untuk melibas sirkuit. Tertarik memilikinya? Harga KTC Extreme Rp 1,8 jutaan.

3. YSS G-Plus

shockbreaker yss untuk nmax
Pilihan shock belakang Nmax terbaik dari YSS ada beberapa. Kalau mau murah cari G-Plus, tapi untuk performa G-Sport

Siapa yang tak kenal produsen sok asal Taiwan yang satu ini, YSS yang merupakan pioneer dalam membuat sok-sok murah ini membuatkan sok model tabung atas untuk Yamaha NMAX. Dengan tipe YSS G-Plus, sok identic dengan warna merah ini punya tinggi 335 mm, tapi sayang dengan harga Rp1,8 juta sok ini hanya mempunyai setingan preload doang tanpa adanya setingan kompresi ataupun rebound.

Namun pada tipe YSS G Sport, kita sudah bisa menemui setingan rebound pada tipe ini, namun untuk menebus tipe G-Sport ini kita mesti rogoh kocek yang lebih dalam Rp 3,25 juta.

4. KYB ZETO

KYB Zeto tidak pakai tabung
Shock belakang nmax merek KYB Zeto tidak pakai tabung, tapi ayunannya sangat empuk.

Nah untuk yang pingin harga murah meriah namun cukup mumpuni saat dipakai harian atau turing, pilihan sok yamaha nmax dari KYB Zeto bisa jadi pilihan yang cukup masuk akal, karena harganya yang tergolong murah. Untuk sok dengan harga Rp700 ribu, sok ini memiliki rebound yang cukup pelan dan bantingan yang lumayan lembut ketimbang sok standar Yamaha NMAX yang membuat perut dikocok-kocok.

Baca juga  Test Ride Yamaha MT-15: Motor Sombong! (Bag. 2)

5. Racing Boy

racing boy untuk shock nmax
Shock Racing Boy tidak kalah kualitasnya dari merek lain.

Seakan tak mau kehilangan moment, Racing Boy (RCB) yang berasal dari negara Malaysia ini juga membuat pilihan sok yamaha nmax kian beragam. Dengan model tabung. Dengan harga yang cukup terjangkau Rp 2 juta dan dengan beberapa pilihan warna shockbreaker ini lumayan jadi idola bagi para pengguna yang doyan menikung kencang pakai NMAX kesayangan.

“RCB model tabung ini sudah kita bekali dengan 2 setingan, yakni Preload dan rebound adjuster yang bisa menyesuaikan kebutuhan si rider,” ungkap Rio Tan dari PT. Enwan Indonesia yang merupakan APM RCB di Indonesia.

Setelah mengetahui seluruh pembahasan di atas, shock belakang Nmax terbaik apa yang tertarik untuk kamu punya?

Beda Shock Belakang Nmax dari Generasi ke Generasi

yamaha nmax 2018
Nmax facelift 2017 menggunakan suspensi tabung dengan bantingan yang lebih empuk dibanding generasi pertama.

Dari sejak kelahirannya pada 2015, Yamaha Nmax memang sangat diminati oleh konsumen Tanah Air. Meski demikian, motor ini bukanlah kendaraan yang sempurna.

Pada Nmax generasi pertama, masalah yang sering dikeluhkan adalah bantingan suspensi keras. Hal ini sebenarnya wajar karena memang karakter sport dari Maxi Yamaha tersebut. Hanya saja masyarakat Indonesia menginginkan shock belakang Nmax yang lebih empuk.

Baca juga  7 Kelebihan Yamaha XSR 155 yang Tidak Dipunya Kompetitor

Alhasil pada 2017, hadirlah Nmax facelift dengan suspensi baru berjenis tabung. Ukurannya pun dibuat berbeda sedikit, begitu pula karakternya jadi semakin empuk. Kalau Nmax generasi pertama punya panjang shock belakang 33,29 mm. Nmax facelift pakai ukuran 33,39 mm.

Lalu pada 2019 akhir, hadirlah All New Nmax yang menggunakan suspensi yang lebih pendek. Ukuran panjangnya kini cuma 31,08 mm. Hal ini menyebabkan ground clearance Nmax terbaru jadi pendek, sehingga potensi bodi bawah bersinggungan dengan aspal lebih tinggi ketika berkendara berboncengan.

Meski demikian shock belakang Nmax terbaru punya keunggulan, khususnya yang melekat di varian ABS/Connected atau tertinggi. Shock itu telah dilengkapi fitur preload adjuster. Alhasil kamu bisa mengatur keras dan empuknya bantingan secara mandiri.

Itulah tadi gambaran soal shock belakang Nmax versi pabrikan. Sebelum melakukan pembelian shock aftermarket untuk modifikasi Nmax, ada baiknya kamu perhatikan dulu ukurannya. Pasalnya masing-masing generasi Nmax punya ukuran shockbrekaer yang berbeda.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, terutama para pengguna Nmax generasi pertama. Untuk informasi terbaru soal dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru