by

Pilihan Warna BMW G310GS Terbaru, Semakin Istimewa

Kini pilihan warna BMW G310GS bertambah banyak. Di samping tersedia racing red, cosmic black, dan pearl white metallic, pabrikan asal Jerman tersebut juga punya strato blue metallic untuk versi 2020.

“Kami berharap dengan hadirnya warna baru ini akan memberikan refreshment kepada konsumen” jelas CEO PT Maxindo Moto, Joe Frans selaku pemegang merek BMW Motorrad di Indonesia dalam siaran pers yang kami terima, Selasa (1/9/2020).

Soal harga, BMW G310GS terbaru dijual Rp 133 juta off the road untuk versi standar. Jika kamu memilih versi adventure, banderolnya Rp 142 juta off the road. Lebih mahal, lantaran ada berbagai tambahan aksesori untuk G310GS Adventure: engine guard, standar tengah, dan crash bar.

Bila kamu ingin tahu detail warna BMW G310GS sekaligus spesifikasinya, simak bahasan berikut:

Warna BMW G310GS

warna bmw g310gs
Tersedia empat pilihan warna untuk BMW G310GS, ini merupakan tema cosmic black

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada empat ragam warna BMW G310GS mulai dari racing red, cosmic black, pearl white metallic, dan yang terbaru strato blue metallic. Mari kita bahas perbedaan masing-masing,

Ciri khas strato blue metallic atau warna teranyar, mengombinasikan biru, abu-abu, dan silver. Cat biru hadir di moncong depan hingga ke tangki bensin bagian tengah. Kemudian kelir abu-abu membalut sisi tangki. Tidak ketinggalan huruf GS yang melekat di bodi mendapat sentuhan kuning kehijauan agar tampak kontras.

Lalu untuk warna BMW G310GS cosmic black cocok buat kamu yang tidak ingin tampil menonjol. Pasalnya bodi motor ini didominasi cat gelap.Tangki samping pakai abu-abu, kemudian moncong dan tangki tenagah pakai cat hitam. Karakter huruf GS di tangki juga dicat hitam.

Baca juga  Honda Africa Twin Terbaru Dapat Banyak Ubahan, Cek Nih!

Kemudian untuk pilihan warna pearl white metallic, memunculkan kombinasi putih, biru, merah di moncong dan tangki bagian tengah. Lalu tulisan GS di tangki dicat putih. Tangki samping pakai kelir abu-abu.

Pilihan warna BMW G310GS yang terakhir adalah racing red. Ciri khasnya ada cat merah di moncong, tangki tengah, dan tulisan GS. Kemudian tangki samping dicat abu-abu.

Sementara untuk bagian pelek dan sepatbor depan, keempat tema warna tersebut menggunakan kelir yang sama. Pelek berbentuk bintang bergelombang dicat hitam, begitu juga dengan sepatbornya.

Spesifikasi BMW G310GS

warna bmw g310gs
Mesin yang digunakan oleh BMW G310GS berkapasitas 313 cc dengan konfigurasi satu silinder

Usai mengetahui pilihan warna BMW G310GS, bagaimanakah spesifikasinya? Keistimewaan yang tidak bisa dihindari dari motor ini adalah nama besar GS. Dengan memilikinya, kamu bisa jadi bagian dari keluarga salah satu motor adventure legendaris di dunia.

Selain itu, G310GS punya mesin dengan performa yang lebih dari cukup untuk bertualang. BMW memberinya kubikasi 313 cc dan konfigurasi satu silinder. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal 34 hp dan torsi puncak 28 Nm. Lalu untuk top speed, klaimnya adalah 143 Kpj.

Jantung mekanis motor adventure ini terbilang unik, karena memiliki kepala silinder yang posisi sudutnya dibalik 180 derajat. Alhasil center of gravity kuda besi jadi lebih rendah dan membuat bobot lebih banyak ke roda depan. Efeknya rasa berkendara terasa lebih menyenangkan terutama ketika bermanuver.

Baca juga  Spesifikasi BMW F900R, Naked Sport Rp 380 Juta

Kelebihan lain, komponen lengan ayun dibuat lebih panjang dibanding saudara kembarnya yaitu BMW G310R. Walau demikian jarak sumbu roda tidak berubah. Hal ini memberikan efek positif, seperti handling lincah, feed-back yang baik dari bagian depan, dan tingkat keseimbangan lebih baik secara keseluruhan.

Selain itu meski memiliki frame yang sama persis dengan model BMW G310R, versi GS mendapat suspensi dengan jarak main lebih luas. Di depan dan belakang mencapai 180 mm. Hal menarik lain, suspensi belakang bisa diatur tingkat kekerasannya sesuai kebutuhan.

BMW G310GS memiliki tinggi jok 835 mm dengan bobot 175,5 Kg. Kombinasi keduanya membuat pengendara pemula cukup mampu beradaptasi dengan baik. Walau memang untuk ukuran orang Indonesia, jok 835 mm cukup tinggi sehingga membuat kaki pemilik postur 168 cm harus jinjit ketika duduk di atas jok.

Soal ukuran roda, BMW G 310 GS dibekali pelek alloy 19 inci. Ada pula ban dual purpose berukuran 110/80 R19 di depan dan 17 inci dengan ban 150/70 R17 di belakang.

Fitur-Fitur BMW G310GS

warna bmw g310gs
Motor ini sudah dilengkapi rem ABS dan panel instrumen digital

Setelah membahas warna BMW G310GS dan spesifikasinya, kini kami bakal lebih detail membeberkan soal fitur. Di atas kertas, kuda besi ini sesungguhnya tidak memiliki banyak fitur modern. Hal tersebut wajar, karena G310GS merupakan model GS varian termurah.

Baca juga  Royal Enfield Himalayan 2020, Apa Ubahannya?

Ambil contoh system pencahayaan belum LED, masih pakai bohlam biasa. Lalu panel instrument juga mengandalkan digital, bukan layar TFT yang warna-warni. Padahal kompetitor seperti KTM 390 Adventure sudah memiliki keduanya.

Fungsi lampu LED adalah hemat daya, sehingga menjadikan kelistrikan motor lebih stabil. Kemudian untuk layar TFT di panel instrumen, mampu memberikan informasi lebih lengkap dan menarik terkait kondisi motor.

Meski minim fitur modern, tapi soal keselamatan BMW G310GS cukup oke. Tersedia rem cakram di kedua roda. Ukuran cakram depan berdiameter 300 mm dan 4 piston radially bolted. Lalu untuk cakram belakang menggunakan diameter 240 mm serta single piston. Hadir pula anti-lock braking system (ABS) yang bisa dimatikan untuk meningkatkan pengalaman berkendara saat berada di medan offroad.

Walau demikian, tetap saja fitur keselamatannya masih kalah dari KTM 390 Adventure. Motor rakitan Indonesia tersebut sudah memiliki tambahan kendali traksi dan cornering ABS. Tidak ketinggaalan, mereka juga menyematkan quickshifter di motor untuk memudahkan perpindahan gigi transmisi naik dan turun tanpa perlu menekan kopling.

Itulah tadi pembahasan lengkap soal pilihan warna BMW G310GS, spesifikasi, serta fitur-fiturnya. Apakah kamu tertarik memilikinya?

Terbaru