by

Mobil Pindad Maung Bakal Dijual Umum, Harga Rp 600 Jutaan

PT Pindad (Persero) akhirnya memastikan akan memasarkan Pindad Maung untuk umum. Kendaraan taktis 4×4 itu dijadwalkan bakal dijual untuk masyarakat luas pada tahun 2021.

Alhasil tentunya kehadiran Pindad Maung jadi angina segar bagi para pecinta mobil tangguh. Mengingat mobil ini di desain untuk dapat melahap segala medan jalan, hingga ekstrem sekalipun.

Dalam keterangan resminya kepada Moladin, Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose memastikan produk ini bakal bisa diminati oleh masyarakat luas.

Pindad berkomitmen untuk masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Maung versi sipil yang diprediksi bakal meluncur pada pertengahan tahun 2021 ini.

“Progress saat ini sedang memasuki tahapan persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut,” ujar Mose dalam keterangan pers yang diterima Moladin.

Pindad Maung Dalam Proses Perizinan

Pindad Maung versi Sipil semakin dekat
Pindad Maung versi Sipil semakin dekat

Sejalan dengan rencana Pindad untuk memasarkan Maung, tentunya bukan perkara mudah. Karena ada sejumlah tahapan yang harus dilalui.

Terbaru, Pindad mengklaim bahwa Maung saat ini sedang dalam proses pengajuan perizinan untuk kendaraan versi sipil yang sedang dijajaki. Pasalnya terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Rocky, Adik Terios yang Canggih

Untuk memasuki proses produksi, Pindad Maung versi sipil bakal turut menggandeng ekosistem industri otomotif di dalam negeri. Selain itu, secara spesifikasi tentu Pindad Maung bakal berbeda dengan versi militer.

Di mana Pindad Maung dipastikan tidak akan dilengkapi dengan kelengkapan militer. Sebagai contoh, untuk Maung versi militer dibekali dengan bracket senjata, roll bar, dan sejumlah perangkat lainnya.

Namun untuk Maung versi sipil dipastikan tidak dibekali dengan sejumlah kelengkapan itu.

“Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin mana yang akan digunakan,” beber Mose.

Menyoal harga, Pindad mengklaim Maung versi sipil akan ditawarkan dengan banderol Rp 600 jutaan. Tergantung tipe dan juga kelengkapan yang nantinya disediakan.

Mose juga mengungkapkan rasa apresiasinya terhadap masyarakat dan media terhadap kendaraan Maung. Sejak awal kemunculannya untuk versi militer hingga proses menuju versi sipil yang akan segera terealisasi.

Pindad Maung versi sipil bakal jadi kendaraan pertama yang diproduksi Pindad untuk pasar komersial. Buat kalian yang tertarik, sistem pemesanan dan skema pembayaran akan disampaikan nanti setelah semua persiapan komersialisasi Maung rampung dilaksanakan.

Baca juga  Hyundai Creta Diuji Jalan, Bakal Masuk Indonesia?

Hal ini dilakukan karena tingginya minat masyarakat, tidak menutup kemungkinan akan dibuka sistem Pre-Order. Untuk diketahui, Pindad hingga saat ini masih dalam tahap pemenuhan Kendaraan Taktis Ringan Maung versi militer yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan.

Sekadar informasi, Pindad mencatat bahwa sebanyak 40 unit Maung telah dikirim dan diserahterimakan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa di Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan pada Rabu, 13 Januari 2021 lalu.

40 unit Maung tersebut merupakan tahap pertama dari 500 unit Maung yang dipesan Kemhan. Wah.. Tertarik punya Pindad Maung sebagai tunggangan kalian?

Baca juga:

Terbaru