by

Inilah Posisi Berkendara di Honda PCX 160 yang Benar

Bagaimana sebaiknya posisi berkendara di Honda PCX 160? Tentunya kalau ingin mendapatkan kenyamanan yang paripurna, kamu tidak boleh asal menungganginya.

Ada berberapa cara yang bisa dilakukan, supaya berkendara dengan motor matik bongsor pabrikan berlogo sayap ini jadi menyenangkan dan safety. Teknik tersebut dibeberkan langsung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) melalui keterangan resminya.

“Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #cari_aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” kata Manager Safety Riding AHM, Johanes Lucky.

Posisi berkendara di Honda PCX 160 yang benar ada dua: ride on position dan leasure position. Ingin tahu perbedaan keduanya? Simak bahasan di bawah ini:

Ride on Position, Cocok Buat yang Ingin Tetap Sigap di Jalan

posisi berkendara di honda pcx 160
Posisi ini memberikan kesigapan lebih di berbagai kondisi jalan

Salah satu posisi berkendara di Honda PCX 160 yang bisa diterapkan adalah ride on position. Gaya ini layaknya orang duduk di bangku. Ciri khasnya posisi punggung tegak, kemudian posisi lutut relatif rata dengan pinggul.

Baca juga  Honda New CB125R 2021 Mulai Dijual Bulan Depan

Kelebihan dari punggung tegak, membuat bagian bahu, punggung, dan leher lebih rileks. Lalu posisi lutut rata pinggul mengakibatkan stres pada paha berkurang.

Selanjutnya posisi berkendara di Honda PCX 160 ini juga ditunjang dengan desain motor yang memang ditujukan untuk santai. Ambil contoh posisi setang sedikit lebih tingi dari jok, membuat tangan rileks sekaligus memberikan pengendalian lebih mudah.

Ride on position merupakan posisi yang paling pas diterapkan dalam keseharian berkendara. Teknik tersebut memudahkan kaki untuk menapak ke aspal ketika dibutuhkan, sehingga memberi kestabilan yang baik dalam berbagai kondisi.

Leasure Position, Posisi Berkendara di Honda PCX 160 untuk Relaksasi

leasure position
Posisi rileks saat berkendara dengan PCX 160

Sementara leasure position benar-benar bertujuan untuk relaksasi berkendara. Ketika kaki sudah mulai pegal akibat perjalanan jauh, maka posisi berkendara di Honda PCX 160 yang satu ini bisa diterapkan.

Tidak beda jauh dengan ride on position, leasure position juga membutuhkan posisi punggung yang tegak. Bedanya di bagian kaki dipindahkan agak ke depan.

Dengan leasure position, bisa menurunkan ketegangan di bagian kaki bawah atau betis. Hanya saja posisi berkendara ini jangan terlalu lama digunakan, karena bisa mengurangi kesigapan di jalan.

Baca juga  Ingin Beli Honda Scoopy Sporty? Pertimbangkan Hal Berikut Ini

“Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kamu bisa kembali pada posisi Ride On Position,” beber rilis resmi AHM.

Itulah tadi posisi berkendara di Honda PCX 160 yang benar. Apapun yang kamu pilih, tetaplah berkendara dengan fokus dan selalu cari aman.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru