by

Rantau Mahardika, Orang Indonesia yang Desain Honda ADV 150

Desain Honda ADV 150 – Tahukah kamu? Honda ADV 150 lebih dari sekadar diproduksi di Tanah Air. Motor matik adventure tersebut juga dirancang oleh orang Indonesia, bernama Rantau Mahardika!

Tentu dia tidak sendirian, ada beberapa desainer dari negara lain yang juga terlibat. Informasi ini terungkap setelah Honda Jepang membuat artikel khusus tentang desain Honda ADV 150.

Bagaimana kisah Rantau Mahardika dalam merancang ADV 150? Untuk jawaban lengkapnya, simak bahasan berikut:

Desain Honda ADV 150 Dibuat Berdasar Survei dari Bikers Indonesia

desain honda adv
Lampu depannya sengaja dibuat kembar dan pipih untuk menampilkan kesan agresif

“Pertama, kami melakukan survei pengguna di daerah perkotaan di Indonesia dan menemukan bahwa gaya petualangan memiliki potensi,” kata Rantau yang punya hobi sneakers dan mini 4WD tersebut.

Survei tersebut melibatkan berbagai desainer dari negara lain. Mereka yang terlibat dalam desain Honda ADV 150 adalah desainer Thailand dan Italia. Tujuannya supaya bisa menciptakan motor untuk pasar global.

Sebelum desain Honda ADV 150 benar-benar diputuskan, dibuat pula sayembara. Menurut laman Honda.co.jp, negara-negara di seluruh dunia ikut ambil bagian. Pesertanya antara lain berasal dari Indonesia, Jepang, Thailand, dan negara di Eropa.

Baca juga  KTM 390 Adventure Rilis di Indonesia, Harga Rp 119 Juta

“Hasilnya (sayembara tersebut) agak sedih (karena bukan Indonesia yang menang), tetapi saya menyadari bahwa sketsa Thailand adalah yang paling baru dan memiliki perspektif global,” beber Rantau.

Desain dari Thailand itu memang meniru tampilan X-ADV. Sukses jadi pemenang, lantaran dianggap memiliki semangat petualangan yang bisa diterima oleh seluruh dunia.

Daftar Harga Motor Matik 150cc Honda

Produk Kelebihan  Harga
Honda Vario 150 Harga Terjangkau dan Ringkas Cek Harga Promo di Sini!
Honda PCX 150 Posisi Berkendara Nyaman dan Rileks Cek Harga Promo di Sini!
Honda ADV 150 Cocok untuk Adventure Cek Harga Promo di Sini!

Baca juga:

Filosofi Desain Honda ADV 150

Desain Honda ADV 150 005
Panel instrumen LCD dihadirkan supaya aura canggih tetap terasa di Honda ADV 150

“Titik pandangnya tinggi, sehingga Anda bisa mengendarai dan menikmati pemandangan saat berkendara. Selain itu, desain yang tangguh dan agresif jika dilihat dari depan akan membuat Anda bersemangat sehingga Anda tentu ingin pergi ke berbagai tempat,” jelas pria lulusan ITB tersebut.

Baca juga  4 Inspirasi Modifikasi Honda Genio Ini Bisa Anda Tiru, Keren!

Bila melihat pewarnaan, motor ini tampak tidak memiliki banyak grafis. Para desainer Honda cuma memainkan dua warna bodi saja. Hal tersebut bertujuan memberi kesan kuat dan tangguh.

Sementara aura agresif sengaja dimunculkan lewat sektor paras dan buritan. Implementasinya melalui lampu depan kembar berdesain pipih, serta buritan bersiluet huruf X.

Di samping itu, Honda ADV 150 juga ingin terlihat modern dan canggih. Maka hadirlah panel instrumen besar dengan layar LCD negatif. Latar belakang layar LCD tersebut gelap, sementara indikator informasinya terang. Fungsinya supaya pengendara bisa membaca informasi dengan lebih mudah saat siang dan malam hari.

Melalui perjalanan desain yang panjang tersebut, akhirnya Honda ADV 150 lahir ke dunia. Peluncuran pertamanya di Tanah Air pada 18 Juli, bertepatan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Saat ini Honda ADV 150 bukan hanya motor yang dipasarkan di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara lain termasuk Jepang. Khusus pasar dalam negeri, kuda besi ini dijual dalam dua varian: CBS dan ABS.

Baca juga  5 Estimasi Biaya Motor Terendam Banjir, Ini Besarannya

Harga Honda ADV 150 CBS Rp 34,742 juta (OTR Jakarta). Sementara varian ABS dijual Rp37,805 juta (OTR Jakarta). Jika kamu tertarik untuk memilikinya, langsung klik di sini.

Terbaru