Recall KTM Duke 390, Ternyata Inilah Penyebabnya!

Haloo Moladiners. Hot News nih, sob. KTM “terdeteksi radar” melakukan recall KTM Duke 390 model 2017 dan 2018 yang termasuk salah satu jajaran motor andalannya. Rupanya nih sob, cukup banyak part yang mengalami masalah dan harus diganti dari kedua model Duke 390 ini. Sesuai dengan informasi yang Jinny dapat dari Autocar India, salah satu komponen yang bermasalah yaitu bracket ECU nih, sob. Komponen tersebut kurang “kebal” lingkungan, KTM bakal mengganti bracket ECU baru yang dilengkapi penutup yang akan melindungi unit dari air dan elemen lainnya.

Recall KTM Duke 390
Kabar Recall KTM Duke 390 Model Tahun 2017 dan 2018

Nggak cuma itu sob, komponen damping bushes jok belakang KTM Duke 390 ini juga bakal diganti. Jujur, secara pribadi Jinny belum mengetahui persisnya kenapa komponen ini diganti karena belum ada penjelasan detail mengenai hal ini. KTM pun menyatakan bakal  turun tangan melakukan perbaikan untuk masalah getaran pada headlamp Duke 390 yang banyak dialami pelanggan.

 

Recall KTM Duke 390, Permasalahan Elektronik

ECU KTM Duke 390
Bracket ECU Yang Bakal Diganti, Permasalahan Software pun Menjadi Kendala

Nampaknya KTM juga perlu melakukan flashing alias setting ulang software pada ECU yang bermasalah. Tidak sedikit konsumen merasa sangat terganggu dengan lampu depan Duke 390 ini sering tiba-tiba mati, brosis. Ada yang menarik nih sob, pada Januari lalu Duke 390 asal India ini mengalami beberapa pembaharuan teknis untuk model 2018. Bagian dari perubahan teknis termasuk perangkat lunak yang di-update salah satunya yakni ubahan pada RPM idle. Kitiran mesin ketika stasioner diubah menjadi 1.200-1.800 RPM dari awalnnya 1.200-1.600 RPM.

 

Baca juga : New KTM RC200 Warna Hitam, Back In Black Bikin Tampilannya Makin Sporty! klik disini

 

Ilustrasi : Panel Indikator Mengalami Error

Kemudian ada juga konsumen yang melapor terkait masalah panel indikator, sein, indikator bensin yang tiba-tiba kacau dengan menyala secara random. Bahkan ada juga konsumen yang melapor soal arus listrik yang tiba-tiba hilang dari KTM Duke 390 ini. Langkah recall ini dilakukan oleh KTM global termasuk di India. Untuk KTM Indonesia masih bungkam perihal recall Duke 390 ini. Semoga hal seperti ini tidak terjadi pada varian RC 390.

 

Baca juga artikel lainnya :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *