oleh

7 Rekomendasi Ban Mobil MPV Terbaik, Pilih yang Mana?

Berikut kami sampaikan, rekomendasi ban mobil MPV terbaik untuk kamu. Sebagai informasi, MPV adalah multi purpose vehicle atau mini bus. Contoh mobil MPV antara lain Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Daihatsu Sigra, hingga Hyundai Staria.

Nah kira-kira ban merek apa yang bagus untuk MPV. Sesungguhnya kamu bisa melakukan seleksi kualitas dari harga yang ditawarkan.

“Yang penting jangan tergiur dengan harga ban murah. Pastikan kualitas dan teknologinya mampu memberikan kenyamanan dan keamanan pada pengguna,” kata Ahmad Sobirin, pedagang ban di bilangan Matraman Jakarta Timur.

Umumnya semakin mahal harga ban, maka kualitasnya semakin baik. Keunggulannya bisa dari cengkeraman yang lebih kuat ke aspal, kesenyapan, hingga daya tahun.

Jadi Jika mobil MPV kamu telah memenuhi syarat ganti ban, sebaiknya carilah ban yang benar-benar berkualitas. Berikut akan kami sampaikan 7 rekomendasi ban mobil MPV terbaik untuk kamu dengan harga terjangkau:

1. GT Radial Champiro GTX Pro

GT Radial Champiro BXT Plus

Rekomendasi ban mobil MPV yang pertama adalah GT Radial Champiro GTX Pro. pabrikan mengklaim ban ini sangat stabil dalam menikung dan efektif membantu menepis air ke arah samping.

Rib pada bagian tengah menjaga kestabilan pengendalian di jalan lurus.

Empat Alur Utama Champiro GTX Pro yang lebar menjamin evakuasi air dengan cepat dan efektif, menjadikan performa ban maksimum di segala cuaca.

Kedalaman tapak ban GT Radial Champiro GTX Pro yang bervariasi memastikan performa tinggi sepanjang tahun dengan tambahan alur terbuka di bagian bahu.

“Ini salah satu ban sejuta umuat. Di pasaran, ban GT Radial Champiro GTX dibanderol pada kisaran harga Rp 500 – 700 ribuan. Dengan ukuran bervariasi mulai dari ring 14 – 17,” tambah Ahmad.

Baca juga  Biaya Ganti Ban Mobil, Semahal Apa?

2. GT Radial Champiro ECO 

rekomendasi ban mobil MPV

Rekomendasi ban mobil MPV berikutnya adalah GT Radial Champiro ECO. Ban eco layaknya ban pada umumnya, memiliki kandungan karet, kompon, hingga silika.

Namun khusus ban jenis ini komposisi silikanya lebih banyak. Silika digunakan untuk mengikat senyawa karet. Teknologi Nano Silica ini bekerja dengan mengurangi hambatan gulir pada ban.

Dengan hambatan gulir yang rendah, otomatis ban mobil lebih mudah bergulir dan jika diaplikasikan ke dalam kendaraan, otomatis kendaraan jadi lebih mudah digerakan.

Ban ini sangat cocok untuk dipakai harian karena dapat menghemat bahan bakar kendaraan kamu. Selain itu harganya yang cukup murah dan durabilitas yang luar biasa menjadikan ban ini banyak dipilih oleh brand-brand mobil terkenal.

Terkait harga lebih murah sedikit dibanding Champiro GTX. harganya berkisar Rp 400 – 500 ribuan. Sedangkan ukuran yang tersedia dari ring 14 – 15.

Ban ini rekomendasi sangat cocok untuk Avanza, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga.

3. Bridgestone Potenza RE-71R

rekomendasi ban mobil MPV

Jika kamu penggemar profil tipis, rekomendasi ban mobil MPV berikutnya adalah Bridgestone Potenza RE-71R. Mobil ini terkenal dengan kemampuan handling yang mumpuni, responsif dan udah dikontrol.

Kelebihannya dalam traksi dan cengkeraman tidak perlu dipertanyakan lagi, sehingga membuat kamu lebih percaya diri di jlan.

Dari segi stabilitas saat berkecepatan tinggi juga luar biasa. Berkat alur melingkar yang lebar dengan evakuasi hidroplaning di dinding bagian dalam dan alur lateral multi-angle “berbentuk 7” mampu meningkatkan pengereman dan traksi di permukaan basah.

Bridgestone Potenza RE-71R tersedia dalam dua ukuran ring 16 dan 17. Dipasarkan dengan harga sekitar Rp 1,1 – 1,4 jutaan.

Baca juga  7 Rekomendasi Ban Mobil MT Terbaik, Banyak yang Murah!

4. Dunlop SP Sport LM 705

rekomendasi ban mobil MPV
Dunlop SP Sport LM 705

Rekomendasi ban mobil MPV berikutnya adalah Dunlop SP Sport LM705. Ban mobil jenis ini diklaim pabrikan mampu lebih tahan lama 10% lebih baik dibanding seri terdahulu Dunlop SP Sport LM704.

Ketahanan ban yang cukup baik ini dikarenakan pada Dunlop SP Sport LM705 mempergunakan bahan karet khusus pada permukaan tapak ban.

Ban ini juga dijanjika dapat bertahan hingga 100.000 kilometer setelah dilakukan pengetesan pada jalan yang beraspal. Sangat cocok untuk digunakan pada mobil sedan, hatchback, dan crossover yang mementingkan performa dan keawetan maksimal dengan harga yang minimal.

Ban Dunlop SP Sport LM 705 tersedia dengan ukuran yang lumayan komplit dari ring 15 hingga ring 17. Dibanderol dengan harga Rp 700 ribu –  Rp 1,1 jutaan.

5. Bridgestone Techno Tecaz dan Sport

rekomendasi ban mobil MPV
Bridgestone Techno Tecaz

Sebuah ban mobil yang terjangkau harganya namun tetap mengedepankan standar kualitas Bridgestone yang telah mendunia dalam hal keamanan dan kenyamanan berkendara. Dilengkapi dengan fitur Optimised Sipe Angle and Lug yang efektif mencegah deformasi ban meningkatkan penyaluran air untuk menahan hydroplaning demi keselamatan kamu di jalan basah.

Selain itu terdapat pula teknologi Chamfered Edge TECHNO memaksimalkan pengereman kondisi jalan basah untuk berhenti lebih dari 2 meter lebih pendek dari ban konvensional tanpa Chamfered Edge Techno.

Dibandingkan dengan rata-rata kinerja jarak pengereman pada kondisi jalan basah dengan kecepatan 80km/jam, diukur oleh Bridgestone Technical Centre di Jepang.

Bridgestone Techno Tecaz dan Sport dibanderol mulai harga Rp 700 ribu – 1,1 jutaan dengan ukuran untuk MPV mulai dari ring 14 – 15 untuk Tecaz dan ring 16 – 17 untuk Sport.

Baca juga  Beda Spooring dan Balancing, Kapan Harus Dilakukan?

6. Kumho Ecsta PS31

rekomendasi ban mobil MPV

Kumho Ecsta PS31 hadir untuk memenuhi selera modifikasi. Yanv gemar dengan karakter ban tipis, model ini cocok untuk dipinang. Dengan mobil MPV yang ground clearencenya dibuat rendah tentunya akan manis dengan penggunaan ban ini.

Ecsta PS31 adalah salah satu ban berkategori Ultra-High Performance Summer terbaik di titik harganya. Model ini juga menawarkan High Grip Resin dengan cengkeraman dan traksi yang mengesankan serta sidewall kaku yang responsif dan kemampuan kendali yang luar biasa.

Resistensi hydroplaning dan traksi pada permukaan basah maupun kering dinilai mumpuni, hampir setara dengan ban premium terbaik pada kategori ini. Kualitas tunggangan juga cukup baik dan tidak terlalu bising di jalan raya.

Soal harga Kumho Ecsta PS31 ada dikisaran Rp 475 – 500 ribuan.

7. Michelin Pilot Sport 4S

Michelin Pilot Sport 4S

Sebagai pilihan ban premium ada Michelin Pilot Sport 4S. Meskipun harganya terbilang lebih tinggi di kelasnya, ban berkategori Max-Performance ini disukai oleh para penggemar di seluruh dunia.

Ban ini konon telah teruji baik di balapan ketahanan Le Mans.  Dalam penggunaan harian, Pilot Sport 4S juga memberikan drivability yang sangat baik  traksi basah, cengkeraman dan pengereman adalah yang terbaik di kelasnya.

Sementara soal kenyamanan, tunggangannnya cukup empuk, pula tingkat kebisingan mampu diredam dengan baik oleh pabrikan Michelin. Secara keseluruhan, ban Pilot Sport 4S memiliki performa maksimal yang luar biasa tetapi relatif mahal.

Michelin Pilot Sport 4S dibanderol mulai harga Rp 5 jutaan dan tersedia dalam beberapa ukuran.

Demikian ulasan terkait rekomendasi ban mobil MPV. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru