oleh

6 Rekomendasi Mobil 3 Silinder Murah di Indonesia

Rekomendasi mobil 3 silinder di bawah ini pastinya berguna. Terutama kalau kamu sedang mengincar mobil murah yang punya konsumsi BBM irit.

Di Indonesia sendiri varian mobil 3 silinder terbilang lengkap, mulai dari SUV, MPV, hingga city car. Dengan merek yang beragam, baik itu dari pabrikan Jepang hingga Eropa.

Lantaran konsumsi BBM yang irit, umumnya mobil tiga silinder digunakan di dalam kota. Walau demikian, bukan tidak mungkin produk tersebut juga diajak ke luar kota.

Lantas, apa saja mobil 3 silinder murah dan terbaik yang beredar di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Suzuki Karimun Wagon R (Bekas)

Rekomendasi mobil 3 silinder
Eksterior Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition

Suzuki Karimun Wagon R saat ini sudah tidak dijual lagi dalam versi baru. Pasalnya pabrikan berlogo S tidak lagi memproduksinya di Tanah Air sejak akhir 2021.

Karimun Wagon R dijejali mesin tiga silinder K10B berkapasitas 998cc. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual atau AGS hingga memuntahkan 68 tenaga kuda dengan torsi 90 NM pada 3.500 RPM.

Meski kecil, mobil ini diklaim aman lantaran telah menggunakan rangka monokok dengan tambahan struktur baja pelindung. Namun, pengereman masih memakai rem cakram berventilasi (roda depan) dan rem belakang tromol, leading & trailing.

Untuk fitur keselamatan lainnya sudah tersedia airbag, Child Proof Door Lock, hingga 3 Poin ELR Safety Belt sebagai standar. Memang, jauh dari kata lengkap bila dibandingkan dengan mobil diatasnya, namun sudah cukup untuk perlindungan minimum.

Bicara harga, Karimun Wagon R bekas dijual cukup terjangkau. Banyak yang di bawah Rp 100 jutaan, khususnya untuk tahun produksi di bawah 2019. Oleh karena murah itulah, kami masukkan ke dalam daftar rekomendasi mobil 3 silinder.

2. Toyota Agya dan Daihatsu Alya

Rekomendasi mobil 3 silinder

Nah pada trim Low Cost Green Car (LCGC) kedua model mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc 3 silinder.  Meskipun kecil, namun mesin 1.000 cc ini juga tetap menawarkan beberapa keistimewaan.

Dengan kapasitas kecil justru ada beberapa keunggulan yang bisa didapat oleh Agya varian 1.000 cc ini. Tentu keutamaan efisiensi bahan bakar jadi keunggulan paling besar dari mobil ini.

Untuk performa, mobil ini cukup untuk diandalkan karena memiliki tenaga hingga 67 PS pada putaran 6.000 Rpm. Sedangkan torsi yang bisa dicapai oleh Agya bermesin kecil ini bisa menyentuh 9.1 kg.m pada putaran 4.400 Rpm.

Sebagai mobil yang dirancang untuk mendukung kehematan atau efisiensi bahan bakar, Agya 1.000 cc juga dibekali sejumlah teknologi untuk menunjangnya. Mesin 1.000 cc Agya sudah berteknologi DOHC pada kepala silindernya dan didukung dengan teknologi VVT-i

Dengan demikian mobil Agya 1.000 cc tak bisa dipandang sebelah mata untuk berada di kelas 3 silinder. Walau mesinnya berkubikasi kecil dan hanya tiga silinder namun sudah mengusung teknologi terkini yang siap memberikan performa terbaiknya.

Kelebihan lain Agya dan Ayla 1.000 cc adalah bobotnya lebih ringkas dibanding tipe 1.200 cc. Artinya bobot keseluruhan mobil ini juga lebih rendah. Maka beban mesin untuk menggerakkan mobil pun jadi lebih optimal.

Harga mobil Daihatsu Ayla 1.0 Liter tahun 2022 mulai Rp 106,7 jutaan untuk varian paling rendah. Sementara Toyota Agya 1.2 Liter mulai Rp 153 jutaan untuk varian paling murah.

3. Raize dan Rocky

Rekomendasi mobil 3 silinder
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky termasuk mobil yang kena efek perpanjangan PPnBM 0 persen dari pemerintah

Rekomendasi mobil 3 silinder lainnya adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Mereka bisa dikatakan cikal bakal mesin 3 silinder modern yang dibekali turbo untuk menunjang performanya.

Baik Rocky dan Raize dibekali dengan mesin berkapasitas 1 L 1KR-VET 3 silinder yang dilengkapi dengan teknologi turbocharged. Mesin 1.000 cc turbo tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 dk dan torsi puncak 147 Nm. Tersedia pula opsi mesin 1.200 cc yang juga pakai tiga silinder.

Rocky dibekali dengan fitur keselamatan ASA atau Advanced Safety Assist, yang di dalamnya terdapat berbagai fitur seperti Pre Collision Warning, Pre Collision Braking dan Pedal Misoperation Control.

Fitur ASA tersebut dipadukan dengan sejumlah fitur keselamatan macam SRS airbag di bagian pengemudi dan penumpang, rem Anti-lock Braking System (ABS) + Electric Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Selain fitur keselamatan, Rocky 1.0 juga memiliki keunggulan di bagian interior, misalnya touchscreen audio 9 inci, phone & audio steering switch dan tilt steering.

Daihtasu Rocky dibanderol mulai Rp 190 jutaan. Sementara Toyota Raize mulai Rp 214 jutaan. Itu merupakan harga tahun 2022 untuk pilihan mesin 1.2 Liter.

4. Nissan Magnite

Rekomendasi mobil 3 silinder
Magnite di Indonesia hadir untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan March

Selain Raize dan Rocky, rekomendasi mobil 3 silinder lainnya yang patut dipertimbangkan adalah Nissan Magnite. Di sektor mesin Nissan Magnite memiliki spek yang sama dengan raize dsan Rocky.

Nissan Magnite trim Premium mengadopsi mesin 1.0L Turbo CVT 3 silinder dengan kapasitas murni 999 cc, yang mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 99 dk @ 5.000 rpm, dan torsi puncak sebesar 160 Nm @ 2.800-3.600 rpm.

Fitur intuitif tersemat pada interior seperti panel instrumen TFT berukuran 7 inci dengan Drive Assist Display. Pada stir juga tersedia tombol multifungsi dengan cruise control dan layar sentuh layar infotainment 8 inci yang terhubung ke smart phone.

Nissan Magnite juga sudah menggunakan smart keyless key yang dipadukan dengan tombol Start-Stop untuk pengoprasian mesin. Harga on the road Nissan Magnite di Jakarta mulai Rp 248 juta untuk tahun 2022.

5. Renault Kiger

Rekomendasi mobil 3 silinder
Kelebihan Renault Kiger RXZ CVT punya mode berkendara

Renault Kiger menggendong mesin 1.000 cc 3 silinder turbo yang bisa mengeluarkan tenaga 100 PS di 5.000 rpm, dan torsi 152 Nm di 2.200—4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi X-Tronic CVT.

Sebagaimana mobil yang lahir di masa pandemi, Renault Kiger juga dilengkapi dengan PM2.5 air filter di sistem air cooling (AC). mampu untuk menyaring partikel sekecil 2.5 mikron.

Untuk sisi interior, Kiger memiliki head unit berukuran 8 inci, serta penyematan Smart Access Card untuk kemudahan akses dan keamanan, Wireless Apple car dan Android auto connectivity, 7-inch TFT Smart instrument cluster, dan 3 sensor parking belakang.

Saat ini Reanault Kiger untuk tahun 2022 dibanderol Rp 279 jutaan.

6. Renault Triber

Rekomendasi mobil 3 silinder
Triber merupakan mobil eropa termurah yang dijual di Indonesia.

Satu lagi rekomendasi mobil 3 silinder peranakan Perancis – India, Renault Triber. Pesaing Calya – Sigra ini mengandalkan mesin BR10 3-silinder segaris 999 cc dengan tenaga 72 dk pada 6.250 rpm dan torsi 96 nm pada 3.500 rpm. Mekanis penggerak ini sama dengan yang digunakan oleh Renault Kwid, dan Clio.

Pada varian terbaru, perangkat kenyamanan dan keselamatan tidak berubah. Mobil ini dibekali head unit dengan support Android Auto.

AC double blower sampai baris ketiga, sensor kunci tanpa sentuh, jok yang bisa dilepas dengan mudah, smart key card, cooler box di konsol tengah dan laci depan, tombol start stop, speedometer digital, empat airbags, ABS, EBD, sensor parkir belakang dan kamera mundur.

Renault Triber dibandrol dengan harga on the road Jakarta mulai Rp 175 jutaan untuk tahun 2022.

Demikian ulasan rekomendasi mobil 3 silinder. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru