by

5 Rekomendasi Motor Terkencang di Kelas 150cc

Banyak alasan membeli motor terkencang di kelas 150cc. Selain bisa menikmati rasa berkendara yang menyenangkan, banderolnya juga relatif murah. Oleh karena itu, banyak orang bisa memilikinya.

Ya, motor sport 150cc memang pilihan tepat buat masyarkat Indonesia kebanyakan. Pasalnya kalau mau kuda besi yang punya top speed terbaik, sudah pasti kubikasinya besar dan mahal.

Sebut saja Kawasaki Ninja H2R, mampu tembus 400 Km/jam. Kapasitas mesinnya mencapai 998cc dengan supercharger. Terkait harga, jangan ditanya lagi. Banderolnya mencapai Rp 1 miliaran. Itu pun, tidak pernah masuk Indonesia.

Tentu hanya segelintir orang yang bisa punya. Maka pilihan motor sport kubikasi kecil lebih pas untuk konsumen Tanah Air. Pertanyaannya kemudian, produk apa yang jadi motor terkencang di kelas 150cc? Untuk menjawabnya, kami sudah siapkan daftar lengkap di bawah ini:

1. Yamaha R15 – 149 km/jam

motor terkencang di kelas 150cc
Di kelasnya, R15 memiliki top speed terbaik

Motor terkencang di kelas 150cc yang pertama adalah Yamaha R15. Kecepatan maksimal yang bisa dicapainya 149 Km/jam. Paling hebat dibanding rival sekelasnya.

Hal ini wajar, karena kapasitas mesin baby R1 paling besar. Pabrikan garputala membenamkan jantung mekanis 155cc. Sedangkan kompetitor cuma 150 cc.

Di atas kertas, mesin R15 dengan teknologi katup variabel (VVA) bisa melontarkan performa superior. Torsi puncaknya 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 6-percepatan.

Kelebihan lain motor sport Yamaha ini sudah membekali diri dengan suspensi upside down. Disebut kelebihan, lantaran para rival seperti Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR150R masih menggunakan teleskopik biasa. Selain mampu memberikan kesan gagah, upside down juga bisa memberikan kestabilan lebih saat bermanuver pada kecepatant tinggi.

Baca juga  5 Warna Yamaha Fino Terbaru, Lebih Manis dengan Merah Muda!

Yamaha R15 pun mempunyai fitur modern, seperti assist & slipper clutch. Lalu lampu depan dan belakang LED. Ada pula panel instrumen digital dengan gear shift timing light.

Jika tertarik, harga Yamaha R15 Rp 36,08 juta (OTR Jakarta). Kekurangannya, belum tersedia dengan opsi fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS). Padahal kompetitor sudah mengaplikasikannya.

2. Suzuki GSX-R150 – 148 Km/jam

motor terkencang di kelas 150cc
GSX-R150 punya bodi ramping, bobot ringan, dan performa mesin mantap

Rekomendasi motor terkencang di kelas 150cc selanjutnya adalah Suzuki GSX-R150. Kuda besi pabrikan berlogo S ini mampu meraih top speed 148 Km/jam.

Performa tersebut terbilang sangat istimewa, terlebih kapasitas mesinnya paling kecil dibanding kompetitor. Suzuki cuma memberi kubikasi 147,3cc.

Meski kubikasinya kecil, tapi performanya tidak perlu diragukan. Terutama saat di putaran mesin atas, Suzuki GSX-R150 begitu mengagumkan. Di atas kertas torsi puncaknya mencapai 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 19,17 PS pada 10.500 rpm.

Di samping itu, bobot motor juga sangat ringan cuma 131 Kg. Tentunya hal terseut jadi kombinasi yang pas untuk meraih top speed terbaik.

Kelebihan lain dari motor Suzuki, ada fitur keyless. Di kelas motor sport 150cc, GSX-R150 satu-satunya yang punya. Keyless yang sudah terintegrasi immobilizer memberi rasa aman bagi pemilik, lantaran produk ini jadi sulit untuk dibobol maling.

Lalu yang juga menarik, harga Suzuki GSX-R150 begitu terjangkau. Banderolnya cuma Rp 30,6 juta (OTR Jakarta). Paling murah di kelas motor sport 150cc. Tersedia pula opsi fitur ABS.

3. Honda CBR150R – 143 Km/jam

motor terkencang di kelas 150cc
CBR150R unggul di akselerasi cepat dan tarikan awal

Di antara motor sport full fairing asal Jepang, sesungguhnya Honda CBR150R punya top speed yang paling lambat. Catatan kami dari berbagai sumber, kuda besi ini cuma bisa melaju hingga 143 Km/jam.

Baca juga  Honda Monkey 2021 Pakai Mesin Baru

Hal tersebut dikarenakan jantung mekanisnya lebih superior di putaran mesin lebih rendah. Terlihat dari performa di atas kertas yang bisa melontarkan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm dan teanga maksimal 17,1 PS pada 9.000 rpm.

Sebenarnya strategi mantap di akselerasi awal itu tidaklah aneh. Terlebih untuk penggunaan harian, memangnya mau berakselerasi secepat apa? Ditambah lagi, jalanan di Tanah Air banyak yang tidak mulus. Jadi memang tidak begitu banyak tempat untuk bisa mencapai top speed.

Bicara kelebihan dari Honda CBR150R, varian tertingginya selain punya ABS, juga emergency stop signal (ESS). Lalu suspensi depan dan belakang bisa diatur tingkat kekerasannya. Tidak ketinggalan sistem pencahayaan full LED serta panel instrumen digital.

Kalau kamu tertarik, harga Honda CBR150R selaku motor terkencang di kelas 150cc ini mulai Rp 35,3 juta (OTR Jakarta).

4. Yamaha Vixion R – 137 Km/jam

yamaha vixion r
Vixion R menggunakan mesin yang sama dengan R15

Di samping gaya sport full fairing, naked sport juga menyimpan potensi sebagai motor terkencang di kelas 150cc. Salah satu yang mampu menghasilkan top speed terbaik adalah Yamaha Vixion R dengan 137 Km/jam.

Catatan ini dicapai bukan tanpa alasan, motor pabrikan garputala ini menggendong mesin yang serupa dengan R15. Jantung mekanisnya berkubikasi 155cc dengan teknologi VVA.

Di atas kertas, performanya juga tidak beda. Torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm. Transmisi yang dipakai juga 6-percepatan manual.

Baca juga  Bocoran Yamaha Lexi Y-Connect, Akan Hadir di Indonesia?

Hanya saja dengan gaya motor naked sport, aerodinamika Vixion R tidak sebaik R15. Dengan begitu lajunya tidak bakal semulus kembarannya yang pakai fairing.

Walau begitu, kelebihan Yamaha Vixion R ada di posisi berkendara lebih rileks untuk harian. Ditambah lagi penggunaan ban lebih kecil serta bobot ringan, juga memudahkan dalam bermanuver di kemacetan jalan.

Fitur-fiturnya pun tidak beda jauh dari R15. Ada assist & slipper clutch, panel instrumen digital dengan gear shift timing light, dan lampu LED untuk pencahayaan. Bila kamu tertarik, harga Vixion R Rp 31,63 juta (OTR Jakarta).

5. Suzuki GSX-S150 – 135 Km/jam

motor terkencang di kelas 150cc
Di samping punya top speed istimewa, harga GSX-S150 juga sangat terjangkau

Rekomendasi motor terkencang di kelas 150cc yang terakhir adalah Suzuki GSX-S150. Dengan penggunaan jantung mekanis serupa dengan GSX-R150 versi full fairing, wajar jika performanya juga istimewa.

Bicara top speed, motor naked sport pabrikan berlogo S ini bisa mencapai 135 Km/jam. Alasan tidak sehebat saudaranya, lantaran tidak pakai fairing sebagai penunjang aerodinamika.

Kemudian jika melihat kelebihan dari Suzuki GSX-S150 ada di fitur-fiturnya. Sebut saja tersedia fitur keyless dan immobilizer yang bisa mencegah maling, lampu depan LED, serta panel instrumen digital dengan gear shift timing light.

Motor Suzuki juga selalu menarik dengan harga-harga yang terjangkau. GSX-S150 buktinya, kuda besi ini dibanderol mulai Rp 27,4 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi lima rekomendasi motor terkencang di kelas 150cc versi Moladin. Adakah yang membuat kamu tertarik untuk punya? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Bila kamu mencari informasi terlengkap soal dunia otomotif, pantau terus Moladin! (LDR)

Terbaru