by

Renault Kiger Tanpa Turbo Dipastikan Masuk Indonesia

Renault Kiger tanpa turbo, mau pun yang pakai turbo dipastikan akan rilis di Indonesia. Kabar tersebut kami dapatkan langsung dari Chief Operating Officer Maxindo Renault Indonesia (MRI), Davy J. Tuilan.

Davy memastikan Kiger 1.0 turbo bakal hadir pada 12 Agustus 2021, seperti yang ditulis di laman resmi Renault. Sementara versi yang pakai mesin naturally aspirated bakal hadir belakangan, tidak berbarengan dengan peluncuran mobil Kiger turbo.

“(Renault Kiger Tanpa Turbo) Hadir tapi nanti menyusul, kami fokus ke Turbo dulu,” jelas Davy, pada Moladin.com Kamis, (23/7/2021).

Sebelum Davy mengonfirmasi hal tersebut, sesungguhnya tenaga penjual Renault Bintaro sudah gembar-gembor di sosial media terkait peluncuran dua varian Kiger. Bahkan sales yang memiliki akun Instagram @ilham.renaultmaxindobintaro itu juga sudah membocorkan terkait harganya.

Dalam keterangan gambar yang dia unggah, dikatakan harga Renault Kiger 1.0 CVT Turbo Rp 275,9 Juta dan versi Kiger 1.0 AMT Rp 220 juta. Ketika kami konfirmasi ke Davy, dia tidak membenarkan atau menyanggah.

Baca juga  Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Toyota Indonesia

“(Harganya) Di bawah (Toyota) Raize kalau PPnBM normal,” kata Davy.

Renault Kiger tanpa turbo dan versi turbo ketika meluncur di Indonesia nanti, tentu tidak mendapatkan subsidi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah. Maklum, karena unit ini masih diimpor utuh dari pusat perakitan Renault Asia di India.

Berbeda dengan Toyota Raize yang langsung dirakit di Indonesia dan telah memenuhi syarat PPNBM, lantaran sudah mengandung komponen lokal yang cukup tinggi.

Spesifikasi Renault Kiger Tanpa Turbo

Renault Kiger tanpa turbo 2021
Renault Kiger 1.0 mengusung dua pilihan mesin turbo dan non turbo

Bicara soal spesifikasi Renault Kiger tanpa Turbo, tentunya dalam hal performa mesin lebih lemah dibanding versi turbo. Di atas kertas jantung mekanisnya pakai kubikasi 1.000 cc yang serupa dengan punya Renault Triber.

Mesin 1.000 cc tiga silinder itu bisa menghasilkan tenaga 72 PS dan torsi 96 Nm. Padanannya adalah transmisi automatic manual transmission (AMT).

Bandingkan dengan mesin Kiger turbo, walau sama-sama berkubikasi 1.000 cc tapi mampu mengeluarkan tenaga istimewa sebesar 100 PS dan torsi 160 Nm. Kemudian sudah ada transmisi CVT sebagai temannya. Mesin Kiger Turbo ini serupa dengan yang digunakan oleh Nissan Magnite di Indonesia

Baca juga  Harga Almaz RS Naik Rp 5-10 Juta, Tetap Dapat Subsidi!

Bicara spesifikasi dimensi, seluruh varian Renault Kiger memiliki panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.600 mm, serta jarak sumbu roda 2.500 mm. Mengusung dua pilihan mesin, turbo dan non turbo.

Tidak hanya itu, mengacu Kiger yang telah dirilis di India, mobil ini memiliki kapasitas bagasi berlimpah yakni hingga 405 liter yang dapat ditambah hingga 879 liter setelah melipat jok belakang. Belum lagi di tambah laci-laci penyimpanan yang memiliki total kapasitas 29 liter.

Setelah mengetahui informasi soal Renault Kiger Tanpa Turbo dan Turbo akan hadir di Indonesia. Apakah kamu tertarik meminagnya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru