Renault Triber Mesin Turbo, Torsinya Gila!

Renault Triber Mesin Turbo – Banyak calon konsumen ragu dengan performa Renault Triber yang dijual saat ini. Salah satunya karena kapasitas mesin MPV 7-seater tersebut cuma 1.000 cc. Padahal, kompetitor seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dibekali mesin 1.200 cc.

Dengan spesifikasi tersebut, efeknya Renault Triber punya performa kalah jauh dibanding rival. Di atas kertas mesin 1.000 cc Triber cuma mampu menyeburkan torsi 96 Nm dan tenaga 73 hp. Sementara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra bisa memuntahkan torsi hingga 107 Nm dan tenaga maksimal 86,7hp.

Sadar diri, pabrikan asal Perancis kemudian meracik mesin baru untuk digendong mobilnya. Bertempat di India Auto Expo, Renault Triber Mesin Turbo akhirnya diperkenalkan.

Teknologi turbo sukses mendongkrak performa mesinnya jadi di atas rata-rata. Di sisi lain, efisiensi bahan bakar tetap terjaga. Kalau benar Renault Triber Mesin Turbo bakal dijual di Indonesia. Maka ini akan jadi mobil murah bermesin turbo pertama!

Penasaran dengan spesifikasinya? Simak bahasan berikut:

Torsinya Melebihi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Xpander Cross
Renault Triber Bermesin Turbo punya performa setara dengan Xpander Cross

Mesin yang dipakai mobil ini punya kode HR10. Konfigurasinya masih tiga silinder dan pakai kapasitas 1.000 cc. Hanya saja, kini ada tambahan teknologi turbo control efficiency (TCe). Efeknya, performa Renault Triber jadi meningkat tajam.

Di atas kertas, mesin 1.0L TCe tersebut bisa melontarkan torsi hingga 160 Nm dan tenaga 98,6 hp. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra benar-benar dibuat tidak berdaya. Kalau dibandingkan, performa Renault Triber mesin turbo setara dengan MPV 1.500 cc seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander Cross. Bahkan untuk torsi, Triber masih lebih unggul.

Renault sebenarnya bisa saja membuat mesin 1.0L TCe dengan performa yang lebih mantap lagi. Meski demikian, sepertinya bukan untuk Triber. “Versi lain dari 1.0L TCe bisa memprodukti tenaga hingga 115 hp dan torsi 180 Nm,” seperti dikutip dari laman Indianautosblog.

Baca juga:

Berapa Harga Renault Triber Mesin Turbo?

renault triber mesin turbo
Mesin turbo di Renault Triber bisa meningkatkan performanya secara signifikan

Renault Triber dengan mesin turbo belum dijual resmi. Mobil dan mesin ini masih dijadikan pajangan di India Auto Expo 2020. Kalau dijual, kemungkinan harganya bakal di atas Rp150 juta. Kenapa?

Versi yang tanpa turbo saja, banderolnya mulai Rp133 – 168 juta (OTR Jakarta). Sudah seharusnya, versi turbo dipasarkan dengan harga lebih mahal.

“(Mesin turbo) akan terhubung dengan transmisi 5-percepatan manual. Sementara untuk opsi CVT, masih belum ada informasi yang jelas,” seperti dikutip laman Indianautosblog.

Spesifikasi Renault Triber

renault triber mesin turbo
Kapasitas penumpang Renault Triber mencapai 7-orang


Selain pakai mesin turbo, belum ada spesifikasi yang jelas untuk mobil ini. Berkaca dari versi nonturbonya, keunggulan ada di konfigurasi tempat duduk. Jok baris ketiganya bisa dilepas, sehingga menjadi dapat dipakai sebagai bagasi yang luas.

Kemudian ada fitur keyless dengan tombol engine start/stop. Tidak ketinggalan ada head unit layar sentuh 8 inci, panel instrumen digital, dan ventilasi AC di setiap baris bangku. Istimewa bukan?

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *