Rabu, Mei 22, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Review BMW iX 2023, SUV Listrik dengan Harga Termahal!

by Tigor Sihombing
BMW Tunas iXperience

Akhirnya kami review BMW iX 2023. Ini merupakan mobil SUV listrik termahal milik The Bavarian yang masuk Indonesia, harganya tembus Rp 2,398 miliar (OTR Jakarta).

BMW iX xDrive40 Sport mulai dijual di Tanah Air pada Agustus 2022 dan pernah dipakai oleh sebagai kendaraan di KTT ASEAN 2023. Keunggulannya adalah punya desain futuristik yang khas. Tidak ketinggalan, hadir teknologi canggih dengan fitur-fitur terbaru seperti eDrive generasi kelima yang dikalim bisa mengotimalkan penggunaan energi baterai.

Kelebihan lain, BMW iX xDrive40 banyak menggunakan bahan daur ulang, ramah lingkungan dan energi terbarukan. Salah satunya di interior yang menggunakan kayu bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC).

Dengan banderol mahal, apakah mobil listrik BMW ini layak dipinang? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut hasil review BMW iX 2023 yang kami lakukan dengan sejumlah pengujian, baik itu akselerasi, tes menanjak, konsumsi listrik, hingga kenyamanan berkendara.

Mobil Listrik BMW iX Kuat Menanjak?

BMW iX xDrive40 Sport

BMW iX xDrive40 Sport ini diisi lima orang penumpang dengan total berat 450 kg kurang lebih

Review BMW iX 2023 yang pertama adalah menguji kemampuan menanjak. Kami mencobanya dengan jalan yang punya kemiringan ekstrem yaitu 21 derajat. Lalu tidak ketinggalan, mobil diisi penuh lima orang dengan bobot hingga 450 Kg.

Baca juga  BMW Z4 dan 530i Touring 2023, Harganya Cuma Segini!

Bicara performa di atas kertas, BMW iX xDrive40 Sport punya motor elektrik yang bisa menghasilkan torsi 630 Nm dan tenaga 326 hp. Tersedia pula penggerak all wheel drive (AWD) untuk membantu melewati berbagai medan jalan. Apakah mobil listrik ini kuat nanjak?

Selama test drive, kami merasakan sensasi berada di dalam kabin yang begitu istimewa, salah satunya BMW iX mengeluarkan bunyi-bunyian seperti mobil balap Formula e. Utamanya bunyi tersebut keluar saat pedal gas diinjak.

Ketika melahap tanjakan, iX xDrive40 Sport yang tim Moladin uji bisa melaju dengan mudah dan bertenaga. Tidak ada masalah sama sekali dengan jalan menanjak, bahkan ketika kondisi stop and go sekali pun.

Performa Akselerasi BMW iX dalam Drag Race

BMW iX xDrive40 Sport

BMW iX xDrive40 Sport yang kami review memiliki bobot total 2,4 ton

Review BMW iX 2023 selanjutnya adalah pengetresan akselerasi dan drag race. Kami mencoba menginjak habis pedal gasnya di jalanan lurus. Hasilnya dari 0-100 km/jam, mobil listrik dengan bobot 2,4 ton tersebut cuma butuh 5,7 detik. Kemudian dalam uji drag race 0-201 meter, BMW iX xDrive40 Sport berhasil membubuhkan catatan waktu 9 detik.

Baca juga  Ini Cara Hyundai Tingkatkan Kandungan Lokal Mobil Listrik di Indonesia

Performa istimewa tersebut ditunjang pula dengan interior yang sporty. Di dalam kabin mobil, ada aksen biru yang hadir seperti di safety belt. Tentunya ini membuat pengemudi di dalam kabin merasa lebih semangat dalam mengendarainya.

Lama Cas Baterai BMW iX dan Konsumsi Listriknya

Review BMW iX xDrive40 Sport 2023

Jarak tempuh BMW iX 2023 bisa tembus 

Review BMW iX 2023 selanjutnya adalah soal kemampuan baterainya. Di atas kertas, SUV ini pakai baterai lithium-ion dengan kapasitas 76,6 kWh. BMW mengklaim, dalam kondisi baterai penuh bisa membawa mobil melaju hingga 390 Km. Benarkah demikian? 

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, BMW iX xDrive40 Sport ternyata cuma bisa menghemat listrik 4,9 km/kWh di dalam kota atau setara 375 Km. Sementara untuk perjalanan di tol bisa menghemat hingga 6 km/kWh yang serupa dengan 459 Km. Maka dari itu, klaim BMW atas SUV listriknya cukup sesuai dengan hasil pengujian kami.

Kemudian untuk lama pengecasannya, dari kondisi baterai mobil listrik 0%-100% 7,5 jam, serta untuk penggunaan DC 10%-80% 31 menit. Cukup oke untuk sebuah mobil listrik mewah.

Baca juga  Hyundai Reunion Hadirkan N Vision 74, Reinkarnasi Pony Coupe!

Kenyamanan Kabin dan Kapasitas Bagasi

BMW iX xDrive40 Sport 2023

Bagasi bmw iX sangat besar

Bagaimana dengan kenyamanan interior BMW iX 2023? Dari hasil review kami, ternyata mobil ini punya bantingan suspensi yang rasanya cukup kaku. Mungkin hal ini sengaja dihadirkan supaya mobil bisa bermanuver secara stabil, maklum bobotnya cukup berat.

Lalu yang menarik adalah interiornya cerah dengan kombinasi warna biru di safety belt. Joknya juga sudah kulit. Lalu di atap, ada panoramic sunroof besar. Kekurangan dari BMW iX xDrive40 ini adalah belum punya pegangan tangan di langit-langit untuk penumpang baik baris pertama dan kedua. Kemudian ventilated seat juga tidak hadir.

Meski begitu, dari sisi kekedapan kabin cukup mengagumkan. Mobil lsitrik BMW ini cuma membukukan 70,4 db. Adapun pengujian ini kami lakukan di jalan raya yang sepi dengan melewati speed trap yang berada di ruas jalan.

Lalu terkait kapasitas bagasi untuk angkut barang, BMW iX xDrive40 Sport memiliki ruang di belakang yang sangat besar mencapai 531 liter.

Demikian ulasan terkait review BMW iX 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika