Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Chery Omoda 5 Z 2023, SUV Turbo Murah!

by Tigor Sihombing

Kali ini Moladin akan membeberkan hasil review Chery Omoda 5 Z 2023 dari hasil test drive kami beberapa hari. Varian ini berada di bawah Omoda 5 RZ, jadi dari sisi harga lebih murah.

Omoda 5 Z dijual Rp 334,8 juta, sementara Omoda 5 RZ Rp 404,8 juta. Selisih keduanya mencapai Rp 70 juta. Walau lebih terjangkau, bukan berarti varian Z tidak layak dibeli. Bahkan salah satu keunggulannya punya desain yang lebih sederhana, sehingga enak dilihat.

Kemudian mesin 1.500 cc turbo tetap hadir di Chery Omoda 5 Z begitu pula dengan fitur ADAS yang membuat mobil jadi semi otonom dan lebih safety. Mau tahu lebih detail soal review SUV merek Cina ini? Berikut bahasan lengkapnya:

Perbedaan Chery Omoda Z dan RZ

test drive OMODA 5 Z

tampilan belakang OMODA 5 Z selalu mencur perhatian di jalan.

Sebelum mengulas lebih jauh, soal review Chery Omoda 5 Z 2023. Ada baiknya kita bahas spesifikasi dan perbedaannya dengan varian RZ.

Paling mencolok adalah dari eksteriornya yang tidak punya aksen merah. Di varian RZ, warna merah tersebut berada di bumper bawah, spion, pintu bagian bawah, hingga di pelek. Lalu fitur sunroof juga tidak ada di varian Z. 

Chery Omoda 5 Z juga belum memiliki lampu sein belum sequential, serta tidak ada welcome light, dan acoustic glass yang bikin kabin lebih senyap. Jok depan varian termurah ini pun belum electric dan tidak ventilated seat. Kemudian fitur kamera 360 derajat tidak tersedia di head unitnya.

Meski begitu saat kami test drive Chery Omoda 5 Z selama beberapa hari, tetap terasa aman dan nyaman. Pasalnya tersedia fitur ADAS seperti halnya di Omoda 5 RZ. Di dalam ADAS terintegrasi Autonomous Emergency Brake(AEB), Integrated Cruise Assist (ICA), Drive Away Warning (DAW), Traffic Jam Assist (TJA), Front Collision Warning (FCW), Rear Cross Traffic Alert (RTA), Emergency Lane Keeping(ELK), Blind Spot Warning(BSW), Lane Departure Warning(LDW), Lane Departure Prevention(LDP), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist (LKA).

Baca juga  Intip Beda 3 Varian Honda CR-V 2021, Jangan Salah Beli!

Alhasil mobil bisa melaju seperti semi otonom, bahkan bila ada potensi kecelakaan bisa mengerem sendiri dan memberi peringatan ke pengemudi. Mantap bukan?

Akomodasi dan Kenyamanan Interior Chery Omoda 5 Z

test drive OMODA 5 Z

Bagasi dan baris kedua bisa terlipat rata lantai.

Berikutnya kami coba mengendari Omoda 5 Z. Coba mengajak berlibur keluarga dengan rute Jakarta – Bogor – Jakarta. Mobil kami isi full 5 orang penumpang dengan masing – masing membawa barang bawaan. Maklum, kali ini konsep berliburnya adalah piknik. Jadi, seperangkat perlengkapan untuk keperluas selama di Kebun Raya Bogor harus dibawa.

Kami membawa 4 tas orang dewasa yang masing-masing berisi pakaian ganti, makanan, perlengkapan makan, tikar, hingga bola. Semua barang itu muat di bagasi.

Soal akomodasi tentu saja tidak ada kendala, pertama karena kapasitas bagasi Omooda 5 mencapai 346,2 liter, terbilang cukup untuk sebuah SUV ringkas. Begitu juga dengan jok baris kedua yang cukup nyaman untuk orang dewasa. Terlebih di jok tengahnya juga tersedia head rest, sehingga penumpang yang duduk di sana bisa menyandarkan kepalanya dengan nyaman.

Kemudian bicara leg room pun masih aman untuk orang dewasa dengan tinggi 170 cm. Hanya saja untuk head room memang pas, lantaran atap Omoda 5 agak melandai.

Baca juga  Spesifikasi MG ZS Facelift 2021, Ada Varian Magnify

Bicara kenyamanan, joknya juga sudah dilengkapi kulit meski untuk varian Z. Jadi membawa anak-anak bukanlah masalah, bila ada tumpahan minum atau makanan, cukup mudah membersihkannya.

Impresi Berkendara Omoda 5 Z

Review Chery OMODA 5 Z

Test Drive Chery Omoda 5 Z

Review Chery Omoda 5 Z selanjutnya soal rasa berkendara. Jika mobil ini diisi lima orang penumpang yang berbobot total 425 Kg dan penuh barang, apakah tenaganya jadi loyo? Ternyata tidak.

Meski mobil terisi penuh, tetapi mesin tetap terasa bertenaga dan ringan, cukup responsif sejak putaran bawah. Mungkin hal ini karena penggunaa mesin berkapasitas 1.500 cc yang disokong turbo.

Setelah Moladin konfirmasi ke pihak Chery, terkuak fakta jika turbo pada Omoda 5 aktif pada 2.000 RPM. Artinya dalam putaran RPM rendah, turbo pada mobil ini bisa meningkatkan performa. Inilah yang membuat tanaga SUV turbo dari Chery tersebut tetap terasa ringan saat mobil terasa penuh dan dalam kondisi stop and go.

Begitu pun denga putaran atasnya, mobil yang disokong transmisi CVT 9-percepatan juga tidak kehabisan tenaga. Memacu kecepatan di atas 100 Km/jam di jalan tol tidak sulit.

Dengan tenaga yang sedemikan berlimpah seperti yang kami rasakan, maka tidak heran jika konsumsi BBM OMODA 5 Z mencapai 13,5 km/liter untuk perjalanan di tol Jakarta-Bogor. Sedangkan di waktu lain, kami mencoba dalam kota, dengan kondisi lalu lintas kemacetan khas Jakarta, konsumsi BBM Omoda 5 Z turun hingga 9,8 km/liter.

Baca juga  Penjualan Lamborghini Urus Tembus 15 Ribu Unit

Bantingan Suspensi Chery Omoda 5 Z dan Fitur ADAS

Review Chery OMODA 5 Z 2023

Kualitas suspensi Omoda 5 Z mampu menjaga mobil tetap stabil saat berada di kepatan tinggi

Kemudian suspensinya tidak terasa ambles, meski Omoda 5 Z yang kami gunakan tersisi penuh. Kami takjub dengan kestabilannya ketika diba pada kecepatanan 125 km/jam. Dengan kondisi penumpang penuh dan kecepatan tinggi, mobil terasa mantap memijak aspal tanpa melayang.

Lalu soal bantingan suspensinya terbilang cukup nyaman. Tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras saat digunakan penuh barang serta orang. Patut diacungi jempol!

Saat di tol Bogor-Jakarta di tengah malam, kebetulan lalu lintas sepi. Kami pun coba merasakan beberapa fitur keselamatan ADAS yang langsung aktif ketika mobil menyala. Dengan fitur peringatan Line Keeping Assist, kami jadi tidak perlu khawatir mobil akan menabrak garis pembatas jalan tol, lantaran mobil akan secara otomatis mengkoreksi setir. Hal ini menurut kami penting untuk perjalanan jauh, yang memungkinkan sopir mengantuk dan membawa mobil sedikit oleng.

Meski begitu, fitur-fitur ADAS bisa dinonaktifkan jika kamu tidak mau terganggu dengan sederet warning yang dikeluarkan OMODA 5 Z saat berkendara. Dan menariknya, yang membuat berkendara OMODA 5 Z terasa aman adalah fitur ini (ADAS) akan kembali aktif secara otomatis ketika mobil di hidupkan kembali.

Demikianlah review Chery OMODA 5 Z 2023. Mobil ini ternyata tidak kalah asyiknya dengan OMODA 5 RZ, meski beberapa fitur dipangkas. Terlebih dengan warna biru yang terasa sangat fungky, mobil ini tetap menjadi perhatian di jalan. Harganya lebih murah pula! Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika