Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Honda City Hatchback RS, Canggih tapi Mahal!

by Firdaus Ali
Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Berikut akan kami ulas review Honda City Hatchback RS. Di mana mobil ini hadir dengan harga yang paling mahal dibanding para kompetitornya. Varian tertinggi atau CVT with Honda Sensing yang kami test drive, dijual Rp 373,6 juta (OTR Jakarta).

Sebagai informasi, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda City Hatchback sebagai pengganti Honda Jazz pada Oktober 2021 lalu. Kemudian hadir penyegaran dengan tambahan fitur Honda Sensing pada April 2022. Sedan buntung ini berstatus (Completely Knock Down) dengan pilihan 3 varian, Honda City Hatchback RS MT, City Hatchback RS CVT dan City Hatchback RS CVT with Honda Sensing.

Lalu sebagai hatchback 1.500 cc termahal di kelasnya, apakah mobil ini berisi kelebihan semua? Adakah kekurangannya? Nah, mau tahu lebih jauh, berikut review Honda City Hatchback RS.

Desain Eksterior Sporty

review honda city hatchback rs - eksterior

Dimensi bodi Honda City Hatchback paling bongsor dibanding kompetitor

Review Honda City Hatchback RS yang pertama adalah dari sisi desain eksterior. Yup, tampilan mobil ini terlihat sporty, perpaduan lekukan body, headlamp, grill dan bumpernya terlihat apik dan selaras dan kental dengan aura sporty. Untuk menunjang penampilannya, Honda City Hatchback mengadopsi velg alloy berukuran 16 inchi yang dibalut ban berprofil 185/55 R16.

Bicara dimensi bodi, Honda City Hatchback memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.600 mm. Jika dibandingkan dengan rivalnya yaitu Suzuki Baleno Hatchback, Honda City Hatchback lebih bongsor. Sebab dimensi dari mobil berlogo ’S’ tersebut mempunyai dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm , tinggi 1.510 mm, dan jarak sumbu roda 2.520 mm.

Kalau pembandingnya Toyota Yaris, maka hatchback Honda tersebut juga masih lebih bongsor. Pasalnya Yaris cuma memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm.

Baca juga  Sosok Honda City Terbaru Semakin Dekat ke Indonesia

Desain Interior & Fitur Kabin

review honda city hatchback rs - interior

Interior City Hatchback RS

Review Honda City Hatchback RS selanjutnya adalah dari sisi tampilan interior. Dimana mobil ini menawarkan nuansa elegan dan sporty berkat dominasi warna hitam serta sentuhan warna merah pada jahitan joknya.

Joknya sendiri dibalut dengan material yang berkualitas. Pada bagian doortrim, setir dan dashboard juga disematkan material yang terlihat elegan.

Honda City Hatchback mengadopsi headunit touchscreen berukuran 8 inchi yang bisa mengakomodir sistem audio dan fitur-fitur mobil. Untuk menunjang kualitas audio, disematkan speaker 8 titik.

Selanjutnya, di City Hatchback juga sudah pakai panel instrumen TFT berukuran 7 inchi. Kemudian disediakan pula 2 power outlet untuk pengecasan smartphone. Lalu ada juga One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition

Performa Mesin Loyo Tapi Konsumsi BBM Irit

review honda city hatchback rs - akselerasi

Performa mesin City Hatchback loyo tapi konsumsi BBM irit

Review Honda City Hatchback RS berikutnya adalah dari sisi jantung pacunya. Yup, seperti biasanya dalam mereview mobil kita akan melakukan beberapa pengujian seperti drag race, akselerasi dan konsumsi BBM.

Oh ya, dalam review kali ini kami menggunakan City Hatchback tipe tertinggi yaitu varian CVT with Honda Sensing. Nah, dalam pengujian mesin kali ini kami mempertemukannya dengan Baleno Hatchback AT.

Untuk tes akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dimenangkan oleh Suzuki Baleno Hatchback, adapun catatan waktunya 11,7 detik. Sementara untuk Honda City Hatchback raihan angkanya 12,4 detik.

Selanjutnya untuk drag race sejauh 201 meter juga nyatanya dimenangkan oleh Suzuki Baleno Hatchback dengan catatan waktu 11,7 detik dan Honda City hatchback RS 12,0 detik.

Baca juga  Daftar Pemenang Honda Racing Simulator Championship 2

Berbeda halnya dengan konsumsi BBM, kali ini dimenangkan oleh Honda City Hatchback. Metode yang dipakai adalah berkendara eco driving. Adapun catatan konsumsi BBM yaitu 15 km/liter untuk rute dalam kota dan 20,5 km/liter untuk rute jalan tol. 

Sementara itu konsumsi BBM dari Suzuki Baleno Hatchback yaitu 14,7 km/liter untuk rute dalam kota dan 19,7 km/liter untuk rute jalan tol.

Kabin Penumpang Lega, Tapi Bagasi Kecil

review honda city hatchback rs - interior

Kabin penumpang lega

Selain drag race dan akselerasi, kami juga menguji kenyamanan kabin dari sisi kebisingan suara dan getaran mobil. Lagi-lagi kami menguji City Hatchback RS dengan Baleno Hatchback.

Hasilnya saat melewati speedtrap di jalan raya, Honda City Hatchback tercatat maksimal guncangan 0,4 m/s dan maksimal level suara 71,2 db. Sementara untuk Baleno Hatchback 0,6 m/s untuk maksimal guncangan serta 70,2 db untuk maksimal suara.

Dari angka tersebut bisa disimpulkan bahwa untuk maksimal guncangan saat melewati speedtrap, Honda City Hatchback lebih unggul dibanding Baleno Hatchback. Namun untuk maksimal suara, Baleno Hatchback lebih unggul.

Selanjutnya, dari sisi akomodasi kabin dan bagasi. Team kami (2 orang) mecobanya secara langsung. 1 orang dengan tinggi 186 cm duduk di bangku supir dan 178 cm duduk di bangku belakang.

Hasilnya, untuk akomodasi kabin penumpang City Hatchback RS, yang duduk di bangku belakang masih menyisakan 5 jari antara senderan bangku depan dengan dengkul penumpang belakang. Sementara untuk Baleno Hatchback hanya 2 jari.

Untuk kapasitas bagasinya, Baleno Hatchback lebih unggul dengan angka 399 lter. Sementara untuk City hanya 300 liter.

Fitur Honda City Hatchback RS Sudah Dilengkapi Honda Sensing

review honda city hatchback rs - honda sensing

Sudah dilengkapi fitur Honda Sensing

Review Honda City Hatchback RS tidak lengkap tanpa membahas fitur-fiturnya. Mobil ini telah dilengkapi dengan Honda Sensing yang sudah terintegrasi dengan fitur Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), LaneWatch, Adaptive Cruise Control (ACC), serta Auto-High Beam (AHB), serta Walk Away Auto Lock yang berfungsi mengunci mobil dengan sendirinya saat pemilik keluar dari mobil.

Baca juga  Ini Dia Tim Balap Honda Untuk Musim Balap F1 2024

Selain Honda Sensing, City Hatchback juga sudah dilengkapi fitur Remote Engine Start, 6 titik Airbags, hill start assist dan vehicle stability control. Ada pula ABS, EBD, dan BA. Jadi soal keselamatan, mobil ini sangatlah lengkap.

Fitur Honda sensing tersebut jadi kelebihan, karena tidak dipunya oleh kompetitor seperti Toyota Yaris dan Suzuki Baleno.

Harga Honda City Hatchback RS 2023

review honda city hatchback rs - harga 2023

Harga hatchback Honda ini tergolong mahal

Soal harga, Honda City Hatchback RS saat ini dijual dengan harga Rp 343,6 juta untuk varian MT, 353,6 juta untuk varian CVT dan Rp 373,6 juta untuk varian CVT with Honda Sensing.

Harga tersebut memang tergolong mahal jika dibandingkan kompetitor. Tidak percaya? Cek saja Toyota Yaris yang dijual mulai 308,1 juta untuk varian MT GR Sport, Rp 320,3 juta varian CVT GR Sport, dan Rp 325,7 juta varian CVT GR Sport 7 Airbags.

Kalau pembandingnya Suzuki Baleno, maka hatchback Honda ini banderolnya lebih mahal lagi. Pasalnya mobil pabrikan berlogo S cuma dijual mulai Rp 265,5 juta varian MT dan Rp 277,5 untuk varian AT. Sebagai informasi, harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta. Sehingga untuk wilayah lain, kemungkinan ada selisih harga.

Moladiners, itulah ulasan mengenai review Honda City Hatchback RS. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. Kalau kamu tertarik untuk meminangnya, cek promonya di sini!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika