Friday, December 9, 2022
Banner

Review Honda HR-V Gen 2 Bekas, Ringkas Tapi Lega!

by Tigor Sihombing
Review Honda HR-V 2017

Berikut review Honda HR-V Gen 2, dimana model ini sudah diuji oleh Tim YouTube Moladin terkait performa, akomodasi dan fitur. Model yang Tim Youtube Moladin test adalah Honda HR-V E CVT 1.5L 2017. Sebagai informasi, ini merupakan trim di bawah Prestige.

Honda HR-V sendiri merupakan kompak SUV yang diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2014. Mobil yang di Jepang bernama Vezel ini awalnya menggebrak tren baru untuk segmen lSUV, dengan budget yang lebih murah.

Karena untuk harga bekasnya cukup stabil. Untuk model yang kami review Honda HR-V 2017 E CVT di pasarkan dengan harga Rp 224 juta. Sedangkan untuk versi barunya, bukan lagi berasal dari Gen 2, melainkan sudah HR-V Gen 3 yang dijual Rp 364,9 juta.

Jadi, buat kamu yang tertarik meminang HR-V dengan harga terjangkau, bisa cek review Honda HR-V Gen 2 ini. Kami juga coba membandingkanya dengan kompetitor dengan harga bekas serupa yaitu Mitsubishi Outlander Sport PX 2016. Berikut bahasan lengkapnya:

Baca juga  Spesifikasi Honda Mobilio S MT, MPV Terjangkau!

Eksterior Stylish dan Sporty

Review Honda HR-V 2017

Untuk type E ini, Honda HR-V belum dibekali sunroof, untuk kandapatkan fitur ini kalian harus merogoh kocek lebih dalam dengan memilih trim Prestige. 

Review Honda HR-V Gen 2 yang pertama mencakup eksterior. Di zamanya, Honda HR-V lansiran 2017 ini memiliki tampilan luar yang stylish juga sporty. Apalagi ditambah desain handle pintu belakang yang terletak di sisi kaca samping, serta atap belakang yang menukik, membuat desainnya berkesan seperti mobil dua pintu.

Untuk type E ini, Honda HR-V belum dibekali sunroof, untuk kandapatkan fitur ini kalian harus merogoh kocek lebih dalam dengan memilih trim Prestige. Kemudian velg juga belum bergaya two tone, warnanya masih silver.

Interior Didominasi Warna Hitam, Akomodasi Lega

Review Honda HR-V 2017

Bagasi belakang Honda HR-V E 2017 bisa menampung barang hingga 474,2 liter. Sedangkan Outlander hanya 320 liter.

Review Honda HR-V Gen 2 berikutnya mencakup interior. Interiornya terlihat rapih dengan nuansa yang didominasi hitam, baik pada jok, dashboard dan trim pintu. Terkait akomodasinya sangat luas jika dibandingkan dengan Mitsubishi Outlander Sport.

Baca juga  Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022, Mana Lebih Baik?

Meski sama-sama berkapasitas 5 penumpang, dan dari sisi dimensi Outlander lebih bongsor. Hanya saja untuk interiornya, Honda HR-V E 2017 lebih lega dari Mitsubishi Outlander PX 2017.

Dengan tester tinggi badan 178 cm, baris keduanya menyisahkan Ruang kaki 4 jari. Sementara pada Mitsubishi Outlander hanya menyisahkan 2 jari. Sedangkan kekurangannya, pada arm rest belakang tidak ada cup holder, tapi menariknya tempat meletakan minuman ini disebar di trim pintu dan console tengah belakang.

Beranjak ke bagasi belakang, Honda HR-V Gen 2 bisa menampung barang hingga 474,2 liter. Sedangkan Outlander hanya 320 liter.

Kemudian untuk kenyamanan interior utamanya bantingan suspensi jadi kekurangan Honda HR-V Gen 2, karena memang terasa cukup keras. Ditambah lagi kekedapan kabinnya sudah kami uji cuma mendapat angka 64,8 desibel. Bandingkan dengan Mitsubishi Outlander Sport PX 2016 atau versi facelift yang punya suspensi lebih empuk, serta kabin lebih kedap dengan catatan 61,9 desibel. 

Fitur Honda HR-V Gen 2 Varian E Lumayan Lengkap

Review Honda HR-V 2017

Untuk fitur keselamatan, ABS, EBD, HLA, Stability Control Honda HR-V 2017 dan Brake assist. Fitur keamanan seperti keyless entri, key immobilizer, alarm system dan smart entry juga ada pada mobil entry level ini.

Review Honda HR-V Gen 2 selanjutnya adalah soal fitur. Di kelasnya, mobil ini punya teknologi yang lumayan lengkap dan informatif. Contohnya di dalam MID ada penunjuk suhu, konsumsi bbm. Selain itu juga ada sensor parkir, media head unit touch screen, display kamera mundur, auto climate control AC, hingga panel soft touch. Tapi sayang stir belum berlapis kulit.

Adapun fitur-fitur yang diunggulkan Honda HR-V adalah paddle shift dan manual mode, yang membuat pergantian gigi secara manual lebih responsif. Selain itu juga ada sensor parkir, media head unit touch.

Untuk fitur keselamatan, ada ABS, EBD, HLA, Stability Control Dan Brake assist. Fitur keamanan seperti keyless entry, key immobilizer, alarm system dan smart entry juga ada pada mobil entry SUV Honda lansiran 2017 ini.

Performa Honda HR-V E 2017 Mantap, Irit BBM di Kelasnya

Review Honda HR-V 2017

Akselerasi Honda R-V dari 0-100km/jam mencapai 11,5 detik, hasilnya tidak berbeda jauh dengan Outlander Sport yang hanya 11,4 detik.

Selanjutnya Review Honda HR-V Gen 2 adalah soal performa mesin. Menurut data pabrikan, Honda HR-V mengusung mesin 4-silinder SOHC i-VTEC 1.497 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 120 hp/6.600 rpm dan torsi 145 Nm/4.600 rpm. Dikawinkan dengan transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission) dan manual 5-speed.

Agar lebih jelas, kami membuktikannnya dengan cara drag race melawan Mitsubishi Outlander Sport. Hasilnya untuk jarak 201 meter, HR-V menghasilakan catatan waktu 11,7 detik, sedangkan Outlander sport 2017 11,5 detik.

Begitu juga dengan akselerasinya, untuk mencapai 0-100km/jam Honda HR-V 11,5 detik, hasilnya tidak berbeda jauh dengan Outlander Sport yang hanya 11,4 detik. Hasil ini tentunya hanya sebagai gambaran saja, dan tidak bisa mutlak, lantaran kondisi mobil bekas yang berbeda satu sama lain. 

Lalu sebenarnya HR-V kalah itu wajar. Pasalnya dari sisi mesin cuma 1.500 cc, sementara Mitsubishi Outlander Sport menggunakan jantung mekanis 2.000 cc.

Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Honda HR-V 1.5 Liter di dalam kota dengan kondisi stop and go menghasilkan 13,7 km/liter dan di tol 17,6 km/liter. Catatan yang cukup irit untuk mobil SUV ringkas 1.500 cc. Sedangkan Outlander Dengan mesin lebih besar mencapai 2.0 Liter, menghadirkan 10,2 km/liter untuk dalam kota dan tol 13,7 km/liter.

Kesimpulan, Beli Honda HR-V Gen 2 Bekas?

review honda hr-v gen 2 e 2017

HR-V Gen 2 varian E

Setelah mengetahui review Honda HR-V Gen 2 bekas, apakah layak dibeli? Buat kamu yang menginginkan mobil dengan gaya sporty beraura SUV dan dimensinya ringkas, ini cocok. Apalagi dari sisi performa, sesungguhnya HR-V masih sangat relevan untuk di masa kini. Tidak hanya bisa diandalkan di dalam kota dengan konsumsi BBM irit, tapi juga mampu melibas jalanan luar kota dengan mantap.

Kemudian soal kelebihan Honda HR-V E 2017 ini, tampilannya masih sangat stylish. Ditambah lagi, fitur-fiturnya cukup lengkap. Jadi, bekas pun tidak masalah, masih terasa seperti baru. 

Demikian ulasan Review Honda HR-V Gen 2 khususnya varain E lansiran 2017. Simak terus Moladin.com untuk update beret terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika