oleh

Honda HR-V Gen 3 Vs Hyundai Creta, Unggul Mana?

Pembahasan Honda HR-V Gen 3 vs Hyundai Creta selalu menarik untuk diulas. Sebab kedua mobil ini merupakan produk baru dari masing-masing merek serta diproduksi di dalam negeri dengan kandungan komponen lokal lebih dari 80 persen.

Honda HR-V terbaru hadir dengan tampilan yang lebih modern, sporty dan stylish. Hadir dengan pilihan empat varian. Yaitu varian S (entry level), E, SE serta RS Turbo sebagai varian flagshipnya.

Kehadiran varian RS Turbo tentu menjadi hal yang menarik. Sebab performanya di atas kertas sangat buas. Jadi bisa dibilang Honda HR-V terbaru boleh sedikit jumawa untuk teknologi mesinnya tersebut.

Sementara itu, Hyundai Creta hadir dengan segudang fitur yang modern dan mumpuni. Ditambah adanya beberapa suguhan fitur hiburan yang dapat memanjakan pengemudi dan penumpangnya.

Kembali ke pembahasan Honda HR-V Gen 3 vs Hyundai Creta. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Desain HR-V Lebih Ganteng

Honda hr-v gen 3 vs hyundai creta
Ciri khas dari HR-V 1.5 Turbo RS sudah pakai dua knalpot

Kelebihan HR-V dibanding kompetitor adalah desainnya lebih ganteng. Lihat saja parasnya yang futuristik. Kalau mau aura sporty, bisa pilih varian Turbo RS dengan aerokit lengkap.

Lalu HR-V di varian tertinggi juga pakai velg besar, ukurannya hingga 18 inci. Kesannya gagah. Ini jadi kelebihan tersendiri, karena Hyundai Creta selaku kompetitor paling besar pakai velg 17 inci.

Kemudian desain Creta juga relatif main aman. Masih mengandalkan ciri khas SUV dengan atap tinggi. Ini bisa terlihat dari dimensinya yang lebih pendek, namun lebih tinggi dibanding HR-V.

Dimensi Hyundai Creta

  • Panjang 4.315 mm
  • Lebar 1.790 mm
  • Tinggi 1.630 mm
  • Bagasi 478,5 liter

Dimensi Honda HR-V Gen 3

  • Panjang 4.330 mm
  • Lebar 1.790 mm
  • Tinggi 1.590 mm
  • Bagasi 421,2 liter

Performa Mesin Creta Lebih Unggul

Honda hr-v gen 3 vs hyundai creta
Performa mesin HR-V 2022 lebih mumpuni

Pembahasan Honda HR-V Gen 3 vs Hyundai Creta yang pertama adalah dari sisi jantung pacunya. Honda HR-V baru menawarkan dua pilihan mesin. Yaitu mesin 1.5L turbo yang di atas kertas bisa meraih tenaga maksimum 177 PS pada 6.000 rpm. Kemudian untuk torsi puncaknya, mobil dengan segmen SUV ini sanggup meraih angka 240 Nm pada putaran mesin 1.700 – 4.500 rpm.

Baca juga  Bocoran Hyundai Ioniq 6, Daya Jelajahnya Melebihi Ioniq 5?

Sementara untuk pilihan mesin keduanya yaitu 1.5L DOHC mampu meraih tenaga sebesar 121 PS pada 6.600 rpm serta torsinya 145 Nm pada 4.300 rpm.

Bagaimana dengan kompetitor? Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream G1.5 gasoline yang dikombinasikan transmisi 6-speed manual dan otomatis 6-percepatan dengan teknologi IVT (Intelligent Variable Transmission).

Hasilnya, mobil asal Korea Selatan ini di atas kertas mampu meraih tenaga maksimum sebesar 115 PS pada 6.300 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya di angka 143,8 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Di atas kertas, tenaga dan torsi HR-V Gen 3 lebih besar dari Hyundai Creta. Namun begitu setelah team Moladin mencobanya secara langsung akselerasi dari keduanya, Hyundai Creta lebih unggul.

Hasil Pengetesan Performa Mesin, Akselerasi Lebih Mantap Hyundai Creta atau Honda HR-V?

Untuk membuktikan performa dari kedua mobil tersebut, tim dari Moladin melakukan pengetesan drag race dengan jarak 201 meter. Adapun catatan yang diraih oleh Hyundai Creta hasilnya 12,1 detik dan HR-V Gen 3 12,7 detik. Sementara untuk performa akselerasi dari 0 – 100 km/jam catatan waktunya adalah Hyundai Creta 11,2 detik dan HR-V 13,4 detik. 

Hasil kemenangan yang diraih oleh Hyundai Creta tersebut tentunya karena didukung oleh sistem transmisi IVT yang menggunakan rantai. Jadi perpindahan gigi lebih halus dan responsif.

Konsumsi BBM Hyundai Creta lebih irit

Selain menguji performa mesin, tim dari Moladin juga tentunya mengetes konsumsi bahan bakar. Baik untuk dalam kota dan jalan tol.

Hasilnya, untuk konsumsi BBM dalam kota HR-V meraih angka 12,6 km/liter dan Creta 13,2 km/liter. Sementara itu untuk pengetesan di jalan tol angkanya adalah 18,0 km/liter untuk HR-V dan 18/7 km/liter.

Oh ya, dalam pengujian performa mesin, akselerasi serta konsumsi BBM yang dilakukan oleh tim Moladin sudah menggunakan alat race logic. Jadi angka yang muncul lebih akurat.

Baca juga  Honda Sumbang 200 Unit Konsentrator Oksigen

Fitur Hyundai Creta Lebih Lengkap

Honda hr-v gen 3 vs hyundai creta
Creta sudah pakai speaker Bose, wireless charger, hingga air purifier, dan bisa terintegrasi smartphone dengan Bluelink

Kemudian, ulasan Honda HR-V Gen 3 vs Hyundai Creta selanjutnya adalah dari sisi kelengkapan fiturnya. Disini, fitur yang ditawarkan Creta lebih lengkap.

Sebut saja dengan adanya fitur Bluelink. Di mana fitur tersebut memungkinkan mobil dan smartphone terhubung. Jadi lewat smartphone, pemilik mobil bisa melakukan berbagai pengaturan terkait mobil. Seperti mengaktifkan mesin dan menyalakan AC dari luar kendaraan.

Ada pula notifikasi yang dikirimkan ke smartphone pemilik mobil, ketika mobil dicuri atau melewati batas tertentu. Lebih istimewa lagi, Bluelink bisa memberitahukan Hyundai Call Center bila kamu mengalami kecelakaan di jalan.

Ada lagi, untuk memanjakan pengemudi dan penumpangnya, Creta sudah menyediakan speaker audio merek Bose yang dipasang 6 titik. Ada pula charger wireless untuk memudahkan mengisi daya ponsel bagi pengemudi dan penumpang Creta .

Hanya saja, HR-V tidak kalah begitu saja. Pasalanya di varian Turbo RS sudah mengadopsi fitur hands-free open tailgate. Yaitu untuk membuka pintu bagasi hanya dengan mengayunkan kaki di bawah bumper belakang.

Sunroof HR-V tidak bisa dibuka

Kedua mobil SUV ini memang sudah mengusung fitur sunroof. Namun begitu, untuk HR-V sebenarnya fitur yang disediakan hanya panoramic roof. Sebab di HR-V, kaca atapnya tidak bisa dibuka seperti Creta.

Bahkan untuk membuka dan menutup plafon dari dalam di HR-V dibutuhkan ekstra effort. Penumpang harus melepas tutup plafon panoramic roof HR-V tersebut secara manual serta dimensinya yang lumayan besar.

Berbeda dengan Creta, untuk membuka sunroof hanya perlu menekan satu tombol yang berada di dekat kaca spion tengah. Lebih praktis dan simpel.

Teknologi Keselamatan HR-V Kurang Lengkap

Honda hr-v gen 3 vs hyundai creta
HR-V belum memiliki tombol SOS darurat seperti di Hyundai Creta

Memang di HR-V model 2022, seluruh varian sudah dapat Honda Sensing. Itu memang patut diacungi jempol. Lengkap pula teknologinya. Ada Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Auto High Beam, serta Lead Car Departure.

Baca juga  Sejarah Honda Accord, Sedan Premium yang Terus Eksis

Sementara Hyundai Creta, fitur keselamatan serupa atau Hyundai Smartsense hanya ada di varian tertinggi atau lewat My Own Creta. Walau demikian, pabrikan H miring punya banyak teknologi lain untuk keselamatan pengemudi dan penumpang. 

Paling menarik, kehadiran tombol SOS dan Bantuan Jalan di Creta. Jadi cukup tekan tombol tersebut, maka otomatis akan terhubung ke call center Hyundai. Dari sana, kamu akan memperoleh bantuan seperti derek, polisi, ambulance, dan lain-lain bila terjadi persoalan darurat di perjalanan.

Harga Lebih Murah Hyundai Creta

Honda hr-v gen 3 vs hyundai creta
Sama-sama sudah diproduksi di Indonesia, tapi Creta punya banderol lebih terjangkau

Nah, pembahasan Honda HR-V Gen 3 vs Hyundai Creta tidak akan lengkap tanpa mengulas harganya. Soal ini, Hyundai Creta harganya lebih bersahabat dengan segudang fitur yang ditawarkan.

Harga Hyundai Creta mulai dari Rp 281,5 jutaan untuk varian terendah, hingga Rp 401 juta untuk varian tertingginya. Nah, untuk harga Honda HR-V terbaru dimulai dari Rp 362,9 juta untuk varian S (entry level) hingga Rp 513,9 juta untuk varian RS Turbo.

Pilihan Warna Lebih Banyak Creta

Ulasan Honda HR-V Gen 3 vs Hyundai Creta selanjutnya adalah dari pilihan warna. Hyundai Creta lebih variative dengan 7 pilihan. Yaitu ada Titan Grey Metallic, Midnight Black Pearl, Magnetic Silver Metallic, Glowing Silver Metallic, Galaxy Blue Pearl, Dragon Red Pearl, serta Creamy White Pearl.

Sementara untuk Honda HR-V terbaru ditawarkan dengan 6 pilihan warna. Yaitu Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, Meteoroid Grey Metallic, Sand Khaki Pearl, serta Ignite Red Metallic (khusus varian RS Turbo).

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda HR-V Gen 3 vs Hyundai Creta. Dari sisi performa mesin, HR-V unggul. Namun untuk kelengkapan fitur, Creta lebih optimal.

Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru