Monday, October 3, 2022

6 Perbedaan Honda HR-V 1.5L Vs Turbo RS, Signifikan!

by Baghendra Lodra
hr-v 1.5l vs turbo rs - eksterior

Honda HR-V 1.5L Vs Turbo RS, keduanya ternyata punya pembeda yang cukup signifikan. Jadi wajar, kalau pabrikan berlogo H juga memberi gap harga yang mencapai Rp 100 jutaan.

Walau memang, di beberapa sisi sesungguhnya masih berbagi platform. Ambil contoh semua varian tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Honda Sensing. Soal mesin juga sama-sama pakai kubikasi 1.500 cc.

Lalu apa yang menjadi pembeda? Salah satu yang paling jelas adalah tampilan. HR-V Turbo RS punya berbagai tambahan aero kit sehingga semakin sporty. Lalu performa mesin di varian itu pun sudah pakai turbo jadi lebih mantap.

Soal kenyamanan juga HR-V 1.5L Vs Turbo RS berbeda jauh. Misal di versi Turbo RS sudah ada 6 speaker, 6 airbag, hingga panel instrumen TFT 7 inci. Sementara di versi HR-V 1.5 cuma ada 4 speaker, 4 airbag, dan panel instrumen TFT 4,2 inci.

Nah mau tahu perbedaan lain dari kedua varian tersebut? Untuk jawabannya simak bahasan di bawah ini:

1. Mesin Turbo Punya Performa Lebih Mantap

hr-v 1.5l vs turbo rs - mesin turbo

Mesin HR-V 1.5 Turbo RS sama dengan kepunyaan CR-V 1.5 Turbo

HR-V 1.5L Vs Turbo RS yang pertama bisa dicek dari spesifikasi mesin. Walau sama-sama pakai kubikasi 1.500 cc, tapi ada perbedaan teknologi. Versi Turbo RS pakai induksi turbo.

Baca juga  3 Perbedaan Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin, Signifikan!

Mesin HR-V RS Turbo ini bisa melontarkan torsi puncak 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm dan tenaga maksimal 177 PS pada 6.000 rpm. Jantung mekanis tersebut berbagi basis dengan punya Honda CR-V.

Ditambah lagi kehadiran tiga mode berkendara: sport, normal, dan ECON. Masing-masing bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Sementara di HR-V 1.5L tanpa turbo, torsi puncak yang dihasilkan cuma 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm. Jadi memang lebih lemah dibanding Turbo RS.

Namun sesungguhnya mesin HR-V 1.5L terbaru, sudah lebih baik dari model lama. Salah satu penyebabnya pengunaan teknologi DOHC, seperti yang ada di BR-V dan City Hatchback.

2. HR-V Turbo RS Pakai Aero Kit

hr-v 1.5l vs turbo rs - tampak belakang

Ciri khas dari HR-V 1.5 Turbo RS sudah pakai dua knalpot

Jika kamu melihat tampilannya, pasti tampak perbedaan HR-V 1.5L Vs Turbo RS. Di mana varian Turbo RS sudah dilengkapi aero kit. Alhasil tampilannya semakin sporty.

Kemudian di bagian grille juga dibuat lain, ada aksen chrome dengan tampilan seperti titik titik. Ditambah lagi di bagian belakang, HR-V Turbo RS sudah pakai dua knalpot.

Masuk ke Interior, varian ini pun dibuat lebih istimewa. Sebut saja kehadiran jok kulit dengan pola jahitan warna merah. Jadi aura sporty terasa di luar dan di dalam.

Baca juga  Racing Blue Jadi Warna Baru Honda Civic Type R

3. Warna Bodi Ignite Red Metallic Khusus untuk Varian Turbo RS

honda hr-v generasi kedua meluncur 002

Warna merah ini cuma ada di HR-V Turbo rS

Kemudian pembeda lain, di varian HR-V 1.5L itu tidak memiliki warna bodi merah atau dalam bahasa Honda adalah ignite red metallic. Pasalnya, kelir tersebut cuma dikhususkan untuk varian Turbo RS.

Sementara warna lainnya untuk HR-V ada sand khaki pearl two tone. Ini tersedia di varian RS Turbo, SE, dan E. Lalu opsi warna lain yang bisa dipilih untuk HR-V terbaru adalah lunar silver metallic, meteroid gray metallic, crystal black pearl, dan platinum white pearl.

4. Fitur Modern Lebih Lengkap Varian HR-V Turbo RS

hr-v 1.5l vs turbo rs - interior

Interior HR-V Turbo RS pakai jahitan warna merah

Perbedaan Honda HR-V 1.5L Vs Turbo RS selanjutnya adalah fitur-fiturnya. Di varian Turbo RS sudah ada hands-free access power tailgate with walk-away close untuk memudahkan buka dan tutup bagasi.

Bicara sistem audio, HR-V Turbo RS pun lebih mumpuni. Ada 6 unit speaker dengan kombinasi head unit layar sentuh 8 inci (untuk head unit, HR-V 1.5L SE juga punya). Kemudian panel intrumennya juga lebih besar, sudah pakai TFT 7 inci.

Tidak ketinggalan fitur lain yang sudah dipunya oleh seluruh varian HR-V adalah ECO Assist, audio steering switch, hands-free telephone switch, one push ignition system, hingga smart entry system.

Baca juga  Tips Agar Inden Toyota Raize Tidak Lama

5. Airbag Lebih Sedikit di HR-V 1.5L

hr-v generasi kedua - honda sensing

Varian termurah atau Honda HR-V S CVT

Soal fitur keselamatan, memang HR-V 1.5L vs Turbo RS sudah sama-sama dilengkapi Honda Sensing. Hanya saja bukan berarti tidak ada perbedaan di teknologi lainnya.

Misal untuk versi Turbo RS memiliki 6 titik airbag. Sementara 1.5L cuma 4 titik airbag. Entah apa alasan Honda membedakan jumlah kantung udara keselamatan ini di varian HR-V.

Sementara itu untuk fitur keselaman lain, sama-sama sudah punya anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), dan vehicle stability assist (VSA).

Teknologi lain yang ada adalah hill start assist (HSA), hill descent control (HDC), rear seat reminder, dan seatbelt reminder. Istimewa bukan?

6. Harga HR-V 1.5L Lebih Murah

hr-v 1.5l vs turbo rs - tampak samping

Sosok HR-V 1.5L Varian E CVT

Perbedaan HR-V 1.5L Vs Turbo RS yang terakhir adalah harga. Dengan banyak tambahan fitur, wajar ketika varian Turbo RS dijual lebih mahal. Banderolnya mencapai Rp 499,9 juta (OTR Jakarta).

Bandingkan dengan HR-V 1.5L yang mulai dari Rp 355,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian paling rendah atau HR-V S. Lalu HR-V E dijual Rp 379,9 juta (OTR Jakarta) dan HR-V SE dengan banderol Rp 399,9 juta (OTR Jakarta). Artinya ada gap harga lebih dari Rp 100 juta antara HR-V 1.5L Vs Turbo RS.

Itulah tadi bahasan soal perbedaan HR-V 1.5L dan Turbo RS. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika