Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Interior Mitsubishi Xforce, Kabin Lega tapi Suspensi Keras?

by Baghendra Lodra
kenyamanan interior mitsubishi xforce - test drive

Akhirnya kesempatan untuk test drive Mitsubishi Xforce Ultimate datang juga. Kami jajal kenyamanan interior SUV terbaru dari pabrikan tiga berlian ini di area GIIAS 2023.

Fokus review kami untuk Xforce adalah kenyamanan kabin. Begitu masuk ke interior, terasa begitu modern dengan warna dominan hitam. Lalu ada head unit besar ukuran 12,3 inci yang bisa terbagi dalam tiga tampilan. Hadir pula panel instrumen digital 8 inci.

Posisi berkendara juga terasa nyaman dengan jok yang bisa diatur tinggi rendahnya. Setir pun sudah punya fitur tilt and teleskopik.

Dengan bodi Mitsubishi Xforce yang kekar, membuat mobil ini terasa bongsor saat awal diajak berkendara. Walau demikian, ketika sudah terbiasa ternyata rasanya cukup menyenangkan. Kemudinya begitu manut, ditambah lagi seperti bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Bila sedang berkendara pelan, setirnya enteng. Kemudian saat coba bermanuver sedikit cepat, bobotnya jadi lebih berat untuk membuat laju jadi presisi.

Performa mesin SUV Mitsubishi ini pun terasa cukup. Maklum, mesin dan CVT yang digendongnya hasil adaptasi dari Xpander. Hanya saja, ada beberapa revisi yang dilakukan oleh pabrikan tiga berlian sehingga menjadikan jantung mekanisnya sedikit lebih responsif saat pedal gas diinjak. Ditambah lagi dimensinya yang lebih ringkas, tentu berefek.

Baca juga  Mitsubishi Klaim CVT Xpander Bikin Lebih Irit BBM

Di atas kertas tenaga Xforce mencapai 103 hp pada 6.000 rpm serta torsi puncak 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Sementara untuk transmisi cuma ada CVT.

Duduk di Jok Belakang Mitsubishi Xforce, Lega!

kenyamana interior mitsubishi xforce - suspensi keras

Sandaran jok belakang Mitsubishi Xforce bisa dibuat cukup rebah, sehingga duduk terasa rileks

Bagaimana dengan kenyaman interior Mitsubishi Xforce dari sisi penumpang belakang? Hasil review kami membuktikan bahwa kabinnya terasa sangat lega, walau tidak punya sunroof. Buat orang dengan tinggi 168 cm, leg room dan head room sangat aman.

Ditambah lagi sandaran joknya bisa direbahkan hingga 8 tahap. Jadi penumpang belakang bisa lebih rileks saat duduk. Inilah yang menjadi kelebihan Mitsubishi Xforce dibanding para kompetitor.

Bila jok belakang diisi tiga orang, rasanya masih nyaman lantaran tersedia tiga head rest. Lalu bila jok tengahnya kosong, ada headrest portable yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan.

Kenikmatan berada di kabin Mitsubishi Xforce semakin terasa saat mendengar musik. Apalagi di varian Ultimate tersedia 8-speaker dari Yamaha, suara yang dihadirkan terasa begitu berkualitas. Hasil review kami memastikan, rasanya seperti nonton konser di dalam mobil.

Baca juga  9 Mobil Favorit Keluarga Indonesia, dari yang Murah Hingga Termewah!

Hal lain yang juga menarik, ada fitur cool box konsol tengah SUV ini. Efeknya minuman yang diletakkan di sana bisa selalu dingin. Joknya juga sudah dibalut kulit, sehingga mudah dibersihkan bila ketumpahan minuman dan makanan. Mantap bukan?

Bantingan Xforce Terasa Keras Saat Test Drive di GIIAS 2023

test drive mitsubsihi xforce di giias 2023

Test Drive Mitsubishi Xforce bisa dilakukan di GIIAS 2023

Dengan berbagai kelebihan Mitsubishi Xforce tersebut, bukan berarti mobil ini tanpa kekurangan. Salah satu yang kami rasakan, bantingannya keras. Entah ini karena suspensinya atau tekanan angin ban berlebihan di mobil yang kami test drive di GIIAS 2023? Pasalnya dari tyre pressure monitoring system (TPMS) di panel instrumen, tampak angin yang masuk ke bannya lebih dari seharusnya.

Satu yang jelas, ketika test drive Xforce di GIIAS 2023 tersebut dan melewati undakan atau perbedaan ketinggian jalan, terasa kurang nyaman. Padahal suspensi Xforce menggunakan basis kepunyaan Xpander. Jadi seharusnya, SUV rival dari Honda HR-V, Toyota Yaris Cross, dan Hyundai Creta ini punya rasa bantingan yang nyaman. Walau memang dalam hal jarak sumbu roda, Xforce lebih pendek dari Xpander yaitu 2.650 mm. Begitu pula dengan ukuran velg lebih besar pakai 18 inci. Bukan tidak mungkin, itu juga mempengaruhi tingkat kekerasan bantingannya.

Baca juga  Mobil Favorit Ratu Elizabeth II, Land Rover!

Untuk mengetahui lebih lengkap soal bantingan suspensi dari Xforce, tentunya kami harus melakukan review lebih lama lagi. Maklum, kali ini cuma bisa dilakukan di area test drive GIIAS 2023.

Setelah tahu soal kenyamanan interior Mitsubishi Xforce, apakah kamu tertarik beli? Mobil ini dijual dalam dua varian: Exceed CVT Rp 379,9 juta (OTR Jakarta) dan Ultimate CVT Rp 412,9 juta (OTR Jakarta).

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika