by

Review MG ZS Facelift 2021, Lebih Nyaman?

Review MG ZS Facelift 2021 di bawah ini berguna untuk kamu yang akan membeli sebuah SUV compact perkotaan. Apalagi untuk kamu keluarga baru yang mendambakan mobil dengan desain kekinian.

Hadir dengan banyak fitur baru, MG ZS anyar menggebrak pasar mobil SUV ringkas bermesin 1.500 cc yang selama ini dikuasai HR-V. Saat peluncurannya beberapa waktu lalu, saya pun diundang untuk mencicipi MG ZS yang digadang-gadang menjadi best seller di Amrika latin ini.

Langsung saja, Seperti apa sih sensasi berkendara di balik SUV perkotaan ini. Berikut ulasan review MG ZS Facelift 2021:

Eksterior Sporty

Review MG ZS facelift 2021 - eksterior
Mobil yang saya cicip ini mengusung warna unggulan MG ZS, yakni Scarlet Red.

Melihat desain eksterior MG ZS terbaru, rupanya tidak banyak perbedaan dengan versi sebelumnya, namun sukses membuat tampilan semakin sporty. Pada MG ZS facelift 2021 telah telah menggunakan lampu penerang utama berteknologi Projector LED dan daytime running light yang bergaya seperti anak panah.

Desain grillenya juga lebih terlihat exclusive dengan sentuhan warna mewah khas glossy menonjolkan logo oktagonal MG. Masih di sisi eksterior, MG ZS terbaru terlihat telah menggunakan desain pelek terbaru, two tone colours berbahan alloy.

Saat saya coba masuk kabin, ternyata MG ZS ini telah mengadopsi keyless entry yang memudahkan pengoperasian kendaraan. Fitur ini belum ada pada seri sebelumnya.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Rocky, Adik Terios yang Canggih

Interior Modern

Review MG ZS facelift 2021 - interior dan fitur
Interior mewah karya Design Studio MG yang berlokasi di London, Inggris.

Masuk ke dalam interior MG ZS, saya coba atur kursi menyesuaikan kemudi. Ternyata sangat mudah dengan adanya fitur pengaturan kursi full elektrik yang bisa dimaju dan mundurkan, serta dinaik dan turunkan untuk menemukan posisi terbaik saat mengemudi.

Meski jika bicara kenyamanan duduk belum senikmat di balik kemudi kakaknya MG HS i-Smart, dimana pengemudi seperti dipeluk bagaikan di mobil balap yang tersentuh kemewahan.

Setelah beberapa detik merasakan sensasi duduk di balik kemudi, saya baru tersadar ternyata mobil seharga Rp 269 juta ini menggunakan aksen two tone leather pada dashboard dan kursi.

Saya juga disuguhkan dengan layar infotainment sebesar 10 inchi, yang lebih besar dari pendahulunya. Dashboard juga terasa nyaman dengan material soft touch leather.

Tidak hanya itu, melihat ke atap saya disuguhkan dengan panoramic sunroof yang diklaim MG terbesar di kelasnnya (compact SUV).

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan kamera 360 derajat untuk memudahkan manuver di lokasi sulit pandangan. Pengemudi juga dimanjakan dengan layar panel instrumen di balik setir yang berukuran 7 inci yang memudahkan penglihat.

Bicara fitur tambahan lainnya, MG ZS facelift 2021 punya EPB (electronic parking brake), dan EBA (electronic brake assist) yang dengan mudah diaktifkan dengan sentuhan jari.

Baca juga  Kenal VW Taigun, SUV Calon Rival Raize Hingga HR-V!

Perjalanan test drive saya semakin terasa nyaman di masa pandemi Covid-19, ketika instruktur memberi informasi jika mobil ini dibekali dengan PM 2.5 Filter Air Purifying System.

Test Drive MG ZS Facelift 2021

Review MG ZS facelift 2021 - test drive
Tenaga yang berlimpah mulai bisa dirasakan pada putaran atas.

Review MG ZS Facelift 2021 yang saya lakukan ini begitu menantang, karena dilakukan dalam waktu singkat dengan rute mengelilingi mall Kelapa Gading 3 sebanyak 2 lap.

Saat melakukan test drive MG ZS, kondisi mobil diisi oleh 4 orang penumpang. Dengan rute mengitari Mall Kelapa Kelapa Gading yang berjarak kurang lebih 3-4 kilometer.

Lalu lintas juga lancar dengan kondisi jalan sedikit bergelombang. Mobil yang saya gunakan adalah type tertinggi, MG ZS Magnify.

Berada di balik kemudi, posisi pandangan terasa luas dan mudah sekali melihat keadaan di sekitar. Tombol-tombol yang ada di dashboard, setir serta rem tangan mudah terjangkau. 

Ketika pedal gas diinjak, mobil meluncur ringan. Tenaga yang berlimpah mulai bisa dirasakan pada putaran atas.

Sayangnya ketika gas saya coba injak lebih dalam, lokasi jalan kurang mendukung. Maklum jalan yang dilalui rada bergelombang akibat lubang aspal yang terkikis. Padahal saya ingin merasakan sensasi berkendara dengan transmisi CVT 8-speed terbaru, yang katanya memiliki perpindahan gigi lebih halus.

Baca juga  Honda HR-V Hybrid 2021 Meluncur, Berubah Total!

Namun di sisi lain, saya bisa merasakan sensasi dari suspensi MG ZS yang lumayan baik meredam guncangan dibanding versi terdahulunya. Mungkin salah satu penyebabnya, selain setting ulang shockbreaker, ada pula revisi penggunaan ban yang lebih tebal dibanding model terdahulu.

Sebelumnya MG ZS menggunakan ban 205/60 R16, sedangkan MG ZS facelift 2021 mengandalkan ukuran ban mobil 235/60 R16.

Posisi Penumpang

Review MG ZS facelift 2021 - jok belakang
Untuk penumpang yang memiliki tinggi badan sekitar 171 cm, posisi kaki masih lumayan nyaman.

Di putaran berikutnya, saya sempatkan duduk di kursi belakang. Untuk penumpang yang memiliki tinggi badan sekitar 171 cm seperti saya, posisi duduk lumayan nyaman. 

Masih ada ruang kaki, sehingga lutut tidak mentok ke bangku depan. Pun dengan penumpang di sebelah, saya bisa duduk tanpa perlu berdempetan.

Balutan jok kulit di varian magnify juga membuat mobil ini semakin nyaman. Jok kulit penting sekali untuk memudahkan pemilik kendaraan melakukan pembersihan bila ada kotoran, baik itu tumpahan air, makanan, dan lain-lain cukup dilap saja.

Ada pula tiga head rest di bangku belakang, jadi kalau memang butuh diisi tiga orang pastinya masih nyaman.

Demikian ulasan terkait first impression MG ZS facelift 2021. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru