Review Suzuki GSX-R150, Sport Fairing Andalan Suzuki

Halo sobat Jinny, kali ini Jinny mau nge-review Suzuki GSX-R150 terbaru yang merupakan salah satu anggota keluarga Suzuki GSX series. Motor ini telah mengadopsi mesin silinder tunggal dengan dual kem alias DOHC yang memiliki tenaga maksimal 19.17 PS pada 11.000 RPM. Power yang cukup besar bila dibandingkan dengan kelas 150cc standar.

 

suzuki gsx-r150 biru
Suzuki GSX-R150

Desain Suzuki GSX-R150 yang gak neko-neko membuat kebanyakan orang meremehkan performa motor satu ini. Memang. Motor ini jauh dari “embel-embel” racing-nya, teknologi mesin pun terlihat jauh berbeda dengan kompetitor yang mengadopsi Assist & Slipper Clutch, bahkan suspensi Up-side Down-nya. Meskipun begitu tampangnya yang simpel ini justru menggambarkan identitas sportbike Suzuki yang sebenarnya.

 

Performa dan Handling Suzuki GSXR150

Mesin silinder tunggal motor satu ini menghasilkan harmoni suara khas DOHC yang merdu dan nge-bass mengalir melalui pipa knalpot lubang ganda. Mengisyaratkan potensi terpendam sang babby gixxer yang powerfull. Besaran tenaga berdasarkan spesifikasi Suzuki GSX R150 ini memiliki ledakan tenaga yang “bengis”, sangat berisi di setiap putaran RPM bawah hingga atas. Hal ini membuat tenaga yang dimuntahkan si bengis ini mencapai 18,9dk pada 10.500 rpm. Sadis!

 

Tendangan torsinya terbilang smooth, tidak terlalu agresif namun masih cukup cekatan buat stop n go di jalanan perkotaan. Power-nya terasa ngejambak banget di rentang RPM menengah ke atas, karakteristik mesinnya khas overbore. Mengail speed hingga 100km/jam nggak butuh effort yang berlebih, power 18 dk dengan mudah menjangkaunya bahkan cukup dengan betot di gear 3, motor ini bisa meraih kecepatan hingga 100km/jam. Luar biasa. Hanya saja, Jinny belum sempat mencapai top speed, hanya sampai gear 5 dengan kecepatan 136km/jam karena keterbatasan trek lurus dan alasan safety.

 

Baca juga : Review Suzuki GSX S150 Terbaru disini!

 

Rangka GSX-R150
Rangka Suzuki GSX-R150

 

Sementara dari segi handling, Suzuki GSX R150 paling enak diajak rebah di tikungan menurut Jinny. Bobot ringan featuring suspensi mumpuni bikin motor ini nurut banget buat manuver miring kanan miring kiri. Gak perlu “ngotot” buat ngajakin baby gixxer ini bermanuver. Disamping bodinya yang kompak dan ramping, jarak antar kedua roda Suzuki GSX-R150 relatif pendek yang mana hal ini menguntungkan buat nyelip di kemacetan.

 

Sistem pengeremannya gak perlu diragukan lagi, remnya pakem! Gimana enggak, piranti pengereman ini berasal dari pabrikan terkenal yang sering menyuplai piranti pengereman untuk balap. Kaliper rem dari Bybre serta selang rem buatan Brembo nampaknya gausah dibahas lagi kualitas serta kemampuannya.

 

Desain Suzuki GSXR150

Suzuki GSX R150 Cukup Menawan
Suzuki GSX R150 Cukup Eye-Catching

 

Simple but present merupakan kalimat yang cocok buat si baby gixxer 150cc satu ini. Banyak kejutan dari tampang ”polos”nya. Pasalnya konsep Suzuki GSX R150 yang kompak, ramping dan racy mencerminkan sebuah sportbike sebenarnya. Lebih mengedepankan performa daripada hanya sekedar tampang.

 

Tidak banyak yang bisa dibahas dalam hal ini, sebab masing-masing memiliki pandangan dan selera yang berbeda-beda. Bagi Jinny Suzuki GSX-R150 kurang eye-catching diajak jalan-jalan, tidak banyak garis tajam pada sekujur bodi. Namun disinilah kelebihannya, kesan sporty nya muncul ditengah sosoknya yang simpel kayak motor balap sirkuit ala Moto3.

 

Kenyamanan Berkendara dengan Suzuki GSX R150

tang Underyoke Suzuki GSX R150
Stang Suzuki GSX R150 Model Underyoke

 

Sejatinya sebuah sportbike tidak ada yang benar-benar nyaman, jika dibandingkan dengan bebek atau skutik jelas berbeda jauh jika digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tapi menurut Jinny baby gixxer ini masih tergolong ramah untuk sebuah sport fairing. Jarak stang dengan tubuh relatif pendek meskipun mengaplikasikan stang underyoke. Tubuh gak terlalu merebah ke tangki. Butuh adaptasi pada awalnya untuk terbiasa dengan posisi riding yang seperti ini.

 

Jok yang sedikit kurang empuk masih bisa ditoleransi, tetap nyaman namun kurang cocok untuk diduduki dalam jangka waktu yang lama dan kondisi jalan yang agak bumpy. Jok tandem tidak banyak berbeda dengna Sport fairing lain yang lumayan tinggi ini cukup menyusahkan boncengers hendak naik. Pastinya boncengers harus lebih menunduk memeluk rider didepannya. Kurang disarankan untuk membawa penumpang dengan motor ini. Lebih nyaman jika hanya sendiri saja saat mengendarainya.

 

Kelebihan Suzuki GSX R150

  1. Seat Height (785mm) yang cukup ramah untuk mayoritas orang Indonesia
  2. Handlingnya sangat baik ditambah bobot motor yang ringan memudahkan bermanuver
  3. Vibrasi mesin minim
  4. Starter mesin sekali pencet langsung nyala
  5. Harga Suzuki GSX R150 termurah di kelasnya
  6. Desain yang simple
  7. Sistem pengereman yang handal

 

Kekurangan Suzuki GSX R150

  1. Jok yang sedikit kurang empuk
  2. Posisi duduk untuk penumpang di belakang yang sedikit terlalu tinggi

 

Kesimpulan

Finally, Suzuki GSX R150 merupakan sportbike sejati, desainnya simpel tetapi mempunyai performa dan handling yang luar biasa. Kondisi standar pun motor satu ini udah balap-able” banget namun mempunyai kenyamanan layaknya motor sport fairing jalanan. Baby Gixxer ini memiliki nilai ergonomi yang paling bagus (jika dibandingkan dengan motor sport sekelas) menurut Jinny. Pasalnya jarak stang yang tidak terlalu jauh dari posisi badan alhasil bikin badan gak terlalu merunduk.

 

Konsumsi bahan bakar yang terbilang irit. Perbandingannya 1 : 35 dengan kondisi jalan yang relatif padat. Suzuki GSX R150 ditawarkan dengan 2 varian, Shutered Key dan Keyless Ignition System. Which is, masing-masing dibanderol dengan harga yang berbeda. Varian termurah Suzuki GSX R150 dibanderol Rp 29.150.000 (OTR Jakarta).

 

Gimana guys, dengan budget Rp. 29 jutaan untuk versi Suzuki GSX R150 Shuttered Key, dan Rp. 30 jutaan untuk versi Keyless Ignition System-nya, cukup worth bila kalian boyong si “Baby Gixxerini ke rumah. Sportbike dengan OTR termurah saat ini

Ingin beli motor Suzuki GSX R150 dengan DP yang murah banget? Klik aja di sini!

 

Kupas Tuntas Fitur Terbaru Suzuki GSX R150 bersama IWB

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *