Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Kepanjangan SAMSAT serta Layanan, Jam Buka dan Jenisnya

by Baghendra Lodra
samsat adalah samsat outlet

SAMSAT adalah sebuah istilah yang tentu sudah cukup sering didengar bagi masyarakat di Indonesia, terlebih lagi jika kamu akan mengurus pajak kendaraan bermotor atau mengurus hal lain terkait kendaraanmu. Tapi tahukah kamu bahwa SAMSAT sendiri adalah sebuah singkatan? 

Nah, jika kamu ingin mengetahui selengkapnya mengenai apa itu SAMSAT dan apa saja layanan yang tersedia, maka pastikan kamu membaca artikel kali ini hingga selesai. Karena kami akan membahas lengkap seputar SAMSAT hingga hari dan jam kerjanya agar kamu tidak salah waktu saat mengunjunginya. 

Apa itu SAMSAT

samsat adalah

Sistem administrasi manunggal satu atap

Banyak orang yang mengira SAMSAT adalah sebuah nama tanpa arti, tapi ternyata istilah ini merupakan singkatan. Kepanjangan SAMSAT adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Nama ini diambil karena sistem tersebut merupakan gabungan dari Tim Pembina SAMSAT atau tiga lembaga pelaksananya. 

Pelaksana yang dimaksud terdiri dari beberapa instansi beriktu: 

  1. Dispenda atau Dinas Pendapatan Daerah dengan tanggung jawab utama pada lingkup pelunasan PKB atau pajak kendaraan bermotor tahunan atau 5 tahunan dan rincian lainnya. 
  2. PT Jasa Raharja sebagai pengelola atas pembayaran SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas yang kamu bayarkan bersamaan dengan PKB.
  3. Ditlantas Polda atau Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah yang bertanggung jawab pada operasi unit Regident Ranmor atau Unit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Pengertian SAMSAT juga bisa ditemukan dari Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 5 Tahun 2015 mengenai Penyelenggaraan SAMSAT pada Bab 1 Pasal 1. Dijelaskan bahwa SAMSAT adalah serangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident Ranmor), pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLAJ) secara terintegrasi dan terkoordinasi dalam Kantor Bersama SAMSAT. 

Apakah SAMSAT itu polisi

Tidak sedikit yang berpikir bahwa SAMSAT adalah polisi. Tetapi setelah melihat dari penjelasan di atas, pelayanan SAMSAT itu bukan polisi saja melainkan kolaborasi dan kerjasama antara Polisi Republik Indonesia dengan PT Jasa Raharja serta Dispenda atau Dinas Pendapatan suatu daerah. 

Fungsi dan tugas SAMSAT

Fungsi SAMSAT di Indonesia

Salah satu contoh Samsat yang ada di Indonesia

Berdasarkan peraturan presiden yang sama, dijelaskan bahwa SAMSAT memiliki tujuan utama sebagai tempat memberi layanan Regident Ranmor, pembayaran PKB, BBNKB, dan SWDKLLJ. Namun kemudian dijelaskan lagi dengan rincian berikut. 

Lingkup unit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pada SAMSAT:

  • Registrasi kendaraan bermotor baru
  • Perubahan identitas pemilik dan identitas kendaraan bermotor
  • Pendaftaran untuk perpanjangan kendaraan bermotor
  • Pengesahan kendaraan bermotor
  • Pemblokiran dokumen Regident Ranmor yang berhubungan dengan tindak pidana
  • Penghapusan nomor registrasi kendaraan bermotor
  • Penggantian dokumen terkait Regident kendaraan bermotor

Lingkup pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT:

  • PKB atau pajak kendaraan bermotor tahunan (1 tahun) atau 5 tahunan
  • BBNKB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Lingkup untuk pengelolaan PT Jasa Raharja:

  • Pembayaran SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas
  • Pembayaran DWKP atau Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang yang dibayarkan pada Kantor Bersama SAMSAT. 

Berbagai pelayanan SAMSAT

samsat adalah - aplikasi signal

Samsat memiliki aplikasi online bernama Signal

SAMSAT sendiri memiliki beberapa layanan yang disebut sebagai “unit pembantu”. Kamu pasti sudah tidak asing dengan layanan-layanan yang ada. Berikut merupakan layanan SAMSAT yang memudahkan kamu dalam mengurus berbagai hal terkait kendaraan bermotor. 

1. SAMSAT Keliling

Layanan pertama yaitu SAMSAT keliling. SAMSAT Keliling adalah pelayanan untuk melakukan pembayaran PKB dan pengesahan STNK tahunan atau 1 tahunan dan pelayanan SWDKLLJ dengan cara berhenti di lokasi-lokasi tertentu menggunakan kendaraan mobil. Tujuan adanya layanan satu ini tentu untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya. 

2. SAMSAT delivery order

SAMSAT delivery order merupakan layanan yang tersedia di beberapa daerah berupa pengiriman Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran atau TBPKB ke alamat rumah kamu. Untuk menggunakannya, kamu perlu menggunakan aplikasi pendukung yang harus diunduh di handphone. 

3. SAMSAT drive thru

Kemudian ada juga layanan SAMSAT drive thru yang merupakan layanan praktis untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan tanpa harus turun dari kendaraan kamu. Kamu bisa menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu kemudian dikumpulkan pada loket SAMSAT drive thru.

4. SAMSAT corner 

Layanan SAMSAT Corner berupa layanan publik yang disediakan untuk memudahkan masyarakat membayar pajak 1 tahunan secara lebih efektif dengan membangun kantor SAMSAT di daerah strategis di kawasan tersebut. Beberapa contoh kawasan SAMSAT corner yaitu seperti di pertokoan, Mall atau di titik yang mudah dijangkau dan di tengah kota. 

5. SAMSAT pembantu

Samsat pembantu adalah sub dari Kantor Bersama SAMSAT utama pada area tersebut dengan kantor permanen di luar wilayah SAMSAT induk. Pelayanan yang bisa kamu dapatkan di sini yaitu pembayaran PKB, pengesahan STNK 1 tahunan dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas pada umumnya. .

6. E-samsat

Terakhir, layanan SAMSAT yang sudah terintegrasi dengan teknologi yaitu e-samsat. E-samsat adalah jenis layanan SAMSAT yang bisa diakses secara online melalui berbagai platform, seperti website resmi milik pemerintah dan lembaga daerah, aplikasi dan aplikasi pendukung. Kamu bisa melakukan cek tagihan PKB hingga membayar pajak kendaraan bermotor secara online tanpa harus menuju ke kantor SAMSAT. Namun, memang untuk pengesahan masih diperlukan mengunjungi salah satu kantor SAMSAT fisik atau kantor SAMSAT yang harus didatangi.

Setiap daerah memiliki website dan aplikasinya masing-masing, namun ada sebuah aplikasi bernama SIGNAL-SAMSAT Digital Nasional yang bisa digunakan untuk masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengecek bahkan membayar PKB. Sementara ini proses pengurusan yang berlaku hanya ditujukan untuk pajak 1 tahunan, sedangkan untuk pajak 5 tahunan kamu perlu mengunjungi SAMSAT terdekat untuk melakukan proses pembaruan plat nomor. 

Hari dan jam kerja SAMSAT

Perlu kamu ketahui bahwa setiap layanan yang telah disebutkan di atas memiliki hari kerja dan kerja yang bisa jadi berbeda-beda. Pastikan kamu mengetahui informasi terkait hari dan jam kerja tersebut melalui platform yang dimiliki SAMSAT daerah kamu terlebih dahulu sebelum mengunjungi kantor SAMSAT yang dituju.

Namun secara umum untuk kantor bersama SAMSAT atau kantor SAMSAT induk buka pada pukul 08.00-14.30 di hari Senin hingga Jumat, dan pukul 08.00-10.30 di hari Sabtu. Durasi jam kerja SAMSAT tersebut juga sudah termasuk jam istirahat. Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur nasional kantor SAMSAT akan libur. 

Kini kamu sudah mengerti apa itu SAMSAT dan penjelasan lengkapnya/. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika